Close

Pengembangan SDM

Mengingat Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kunci keberhasilan dalam bisnis Perseroan, pengembangan kebijakan ketenagakerjaan dan sistem informasi untuk mendukung pengelolaan SDM merupakan dua hal yang menjadi perhatian Perseroan dalam rangka mendorong karyawan Perseroan untuk memberikan kinerja yang terbaik bagi pertumbuhan bersama. Keberadaan karyawan yang profesional dan total dalam berkarya juga penting dalam menyukseskan strategi pertumbuhan bisnis Perseroan.

 

Rekrutmen & Pengembangan Karir

Pada tahun 2015, Perseroan telah secara penuh mengimplementasikan modul Oracle Human Capital Management (HCM), yang merupakan bagian dari Integrated Human Resources Information System (IHRIS) sebagai sistem informasi untuk pengelolaan SDM. Implementasi sistem ini memungkinkan pengelolaan SDM secara lebih terintegrasi dan sistematis. Dengan adanya IHRIS, proses rekrutmen dapat dilakukan dengan menggunakan sistem e-recruitment Taleo sebagai cara pemenuhan kebutuhan SDM di masing-masing unit bisnis Perseroan secara tersentralisasi.

Untuk mengisi jabatan-jabatan eksekutif, Perseroan memberikan prioritas kepada karyawan internal salah satunya dengan program Fast Track yang dilaksanakan dengan bantuan beragam perangkat Talent Management. Dengan program Fast Track, karyawan yang berprestasi akan mendapatkan pendampingan dan juga pelatihan sebagai bagian dari persiapan untuk mengisi posisi eksekutif. Sedangkan untuk kebutuhan fresh grade, Perseroan berkerja sama dengan berbagai Universitas untuk mendapatkan kandidat-kandidat terbaik yang kemudian di rekrut dalam program Metrodata Trainee Program.

 

Pelatihan & Pengembangan SDM

Perseroan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas setiap karyawannya, dengan melaksanakan berbagai program pelatihan yang sistematis dan terfokus. Perseroan mewajibkan semua karyawan, baik di level staf maupun manajemen, untuk mengikuti pelatihan seperti Staff Development Program (SDP) yang materinya mencakup keahlian berkomunikasi dan bernegosiasi, keahlian presentasi, kerjasama tim, dan layanan unggul. Perseroan juga terus menyelenggarakan Management Development Program (MDP) untuk mengasah talenta-talenta di bidang manajemen bisnis, pelatihan soft skills, dan knowledge sharing bagi  karyawannya.

 

Remunerasi & Tunjangan

Untuk dapat bersaing di industri, Perseroan menerapkan sistem remunerasi yang atraktif dan menyesuaikan besarannya dari waktu ke waktu dengan berpartisipasi dalam survei upah (benchmarking) di perusahaan-perusahaan lain dalam industri sejenis. Survei ini dilakukan oleh lembaga in dependen dan bereputasi baik. Survei upah ini bertujuan semakin memotivasi karyawan dalam bekerja, dan mempertahankan karyawan yang kompeten.

Perseroan mengikutsertakan karyawannya ke dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan Kesehatan sesuai dengan Peraturan Pemerintah. Di samping itu, untuk karyawan permanent  juga diikutsertakan dalam program asuransi kesehatan swasta yang setiap tahun batas atas biaya perawatan kesehatannya disesuaikan, mengikuti tren kenaikan biaya perawatan kesehatan pada umumnya.  

Perseroan sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan khususnya dibidang kesehatan. Setiap tahun Perseroan menyelenggarakan program medical check up bekerjasama dengan klinik-klinik yang telah ditunjuk Perseroan. Program medical check up ditujukan bagi karyawan yang telah bekerja selama 1 tahun atau lebih dan berusia 30 tahun atau lebih dan merupakan karyawan tetap.

 

Penghargaan bagi Karyawan Berprestasi

Perseroan memberikan penghargaan bagi para karyawan yang berprestasi, dalam bentuk Innovation Award, KPI Rally Award, Informal Award, dan Top Achiever Award.Dan untuk hadiahnya bisa berupa perjalanan wisata dalam dan luar negeri ataupun berupa logam mulia, gadget terkini atau voucher sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Perseroan.