Close

Berita

PT Metrodata Electronics Tbk Raih Indonesia Sharia Finance Award 2017

Monday, 19 June 2017

Jakarta, 14 Juni 2017—Dalam malam penganugerahan penghargaan Indonesia Sharia Finance Award 2017 yang diselenggarakan oleh Majalah Warta Ekonomi, PT Metrodata Electronics, Tbk menerima penghargaan untuk Kategori Trade Sharia Issuer.

Susanto Djaja, Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk menerima penghargaan yang disampaikan oleh Fadel Muhamad, Founder dan Muhamad Ihsan, Pemimpin Redaksi majalah Warta Ekonomi yang berlangsung di Ballroom Sasono Mulyo, Hotel Le Meridien, Jakarta.

Dengan berkembangnya industri keuangan syariah secara lebih cepat dan menjadi lebih besar, memberikan kontribusi positif dalam mendukung inklusi keuangan khususnya bagi masyarakat yang menginginkan layanan keuangan yang memenuhi prinsip syariah pada berbagai level mulai dari usaha korporasi hingga masyarakat kecil yang belum terjangkau layanan keuangan formal. Keberadaan industri keuangan syariah dapat memberikan pilihan instrument dan bentuk layanan keuangan yang lebih beragam dengan berbagai keunggulan, termasuk interaksi antar lembaga keuangan syariah yang mendorong terciptanya pendalaman pasar keuangan dan stabilitas sistem keuangan.

Indonesia Sharia Finance Award (ISFA) 2017 bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap perusahaan keuangan syariah yang telah berhasil menjalankan praktik bisnis syariah dengan baik, bisnis syariah terbaik pilihan konsumen, memberikan inspirasi dan motivasi kepada pelaku industri keuangan syariah agar meningkatkan kinerja dan mendorong perkembangan bisnis syariah nasional. Penganugerahan ini akan dirangkaikan dengan seminar “Menuju Industri Keuangan Syariah yang Berkelanjutan di Era Digital”

Warta Ekonomi Intelligence Unit (WEIU) menggunakan metode desk research dan quantitative research untuk mendapatkan data sekunder dan data primer yang digunakan dalam riset ISFA 2017. Desk research dilakukan untuk mengumpulkan data sekunder berupa Laporan Keuangan Kuartal III-2016 dan data lainnya yang menggambarkan kinerja perusahaan syariah di indonesia sepanjang tahun 2016. Desk research kemudian menghasilkan nominasi perusahaan-perusahaan terpilih yang akan dinilai oleh para responden pada quantitative research.

Kriteria-kriteria yang digali dalam desk research adalah Perjalanan sejarah perusahaan, Kinerja operasional perusahaan, Inovasi perusahaan, Reputasi produk dan layanan perusahaan, dan Strategi perusahaan.

Khusus perusahaan terbuka dalam indeks syariah, kriteria-kriteria yang digali adalah Kinerja fundamental emiten, Good corporate governance, dan Perkembangan emiten di bursa (aktivitas perdagangan saham, harga saham, dan likuiditas)

Pemilihan kandidat pada survey ISFA 2017 dilakukan dengan menilai perusahaan keuangan syariah yang menjadi pilihan responden. Dasar kriteria penilaian ISFA 2017 adalah sebagai berikut:

CONSUMER CHOICE: Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan pilihan konsumen, menurut responden perusahaan keuangan syariah mana yang menjadi pilihan konsumen.

BEST REPUTATION: Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan tingkat reputasi perusahaan, menurut responden perusahaan keuangan syariah mana yang memiliki reputasi yang baik.

BEST DIGITAL: Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan teknologi digital yang digunakan oleh perusahaan, menurut responden perusahaan keuangan syariah mana yang memiliki teknologi digital yang baik.

BEST SERVICE: Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan pelayanan yang diberikan, menurut responden seberapa baik pelayanan yang diberikan oleh perusahaan keuangan syariah.

MOST RELIABLE: Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan tingkat kepercayaan nasabah terhadap perusahaan, menurut responden perusahaan keuangan syariah mana yang paling dapat dipercaya.

MOST EFFICIENT: Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan tingkat efisiensi perusahaan keuangan syariah dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, indikator ini tidak dapat ditanyakan kepada responden sehingga pemenang dihasilkan berdasarkan observasi Tim Riset Warta Ekonomi.

BEST PERFORMANCE: Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan kinerja perusahaan keuangan syariah dalam setahun terakhir, indikator ini tidak dapat ditanyakan kepada responden sehingga pemenang dihasilkan berdasarkan observasi Tim Riset Warta Ekonomi.

(Sumber: Warta Ekonomi)