Close

Siaran Pers

Laporan Keuangan MTDL Kwartal III - 2017 MTDL Capai Laba Bersih Rp 155,4 Miliar, Bertumbuh 36,2%

Monday, 30 October 2017

Jakarta, 30 Oktober 2017—PT. Metrodata Electronics Tbk (IDX: MTDL), sebuah perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terkemuka di Indonesia yang memiliki unit bisnis Distribusi, Solusi dan Konsultan Teknologi Informasi dan Komunikasi (“TIK”) membukukan penjualan sampai dengan Kwartal ke III tahun 2017 sebesar Rp 7,2 triliun, meningkat Rp 195 miliar dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama tahun 2016.

Ditengah perlambatan ekonomi tahun ini, pasar TIK juga ikut tergerus, namun MTDL mampu menunjukkan pertumbuhan kinerja, dengan terus melakukan diversifikasi jenis produk yang dijual. Perluasan penjualan produk, di antaranya adalah Notebook Gaming yang menjadi trending di kalangan anak muda, penjualan komponen-komponen peralatan TIK (External Hard Disk, USB, Memory Card), penjualan CCTV, dan penjualan merek baru pada beberapa perangkat keras dan lunak lainnya.

MTDL mampu menjaga pertumbuhannya dengan melakukan strategi yang konsisten, dengan terus menambah segmen produk maupun merek baru. Hal ini dilakukan MTDL untuk menghindari ketergantungan penjualan kepada merek-merek atau produk TIK tertentu. Sangat dipahami bahwa perkembangan TIK sangat dinamis, akibatnya kinerja setiap produk TIK selalu berfluktuasi tergantung pada dinamika pasar dan perkembangan teknologi yang ada. Untuk itulah MTDL terus menambah varian produk yang dijual. Saat ini, MTDL telah menyalurkan lebih dari 60 merek produk TIK dan Smart Phone melalui unit bisnis distribusinya.

Sejalan dengan perkembangan dunia E-Commerce dan Cloud, Perseroan melalui unit bisnis distribusinya juga telah membangun aplikasi channel penjualan melalui platform B2B(Business to Business), dimana aplikasi ini akan memungkinkan para Dealer/Reseller membeli secara on line. Perseroan juga telah membangun aplikasi Electronic Software Distribution yang memungkinkan pembeli untuk membeli Software secara on line dan mengaktivasinya melalui aplikasi tersebut. Pengembangan aplikasi ini menunjukkan keseriusan Perseroan di dalam menjawab perubahan model bisnis akibat perubahan teknologi yang ada.

Sementara itu, unit bisnis Solusi Perseroan yang menjual dan memberikan jasa TIK kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia, telah bertransformasi, dari sebelumnya menjual berdasarkan jenis produk (product centric), namun sekarang memfokuskan pada penjualan berdasarkan solusi (solution centric). Hal ini ditujukan untuk memberikan nilai tambah kepada para konsumen perusahaan dalam hal menyediakan Solusi yang lebih terintegrasi ketimbang hanya menjual produk.

Selain itu, Perseroan juga serius mengikuti perkembangan teknologi Cloud, Security, Mobility, Big Data dan Business Intelligence bermitra dengan para pemain teknologi tersebut. Perseroan menginvestasikan keahlian para tenaga konsultan-nya untuk menjawab tantangan perkembangan teknologi yang ada. Solusi Teknologi Informasi spesifik yang terkait dengan Human Capital Management (HCM), Customer Relationship Management (CRM), Transportation Management Solutions dan Campus Solutions juga disediakan oleh Perseroan.

Efisiensi di dalam pengelolaan logistik juga dilakukan Perseroan dengan melakukan seleksi lebih ketat di dalam pengadaan persediaan barang. Hal ini mampu menekan biaya bunga sebesar Rp 25 milyar selama 3 kwartal tahun 2017.

Selain itu, untuk menghindari ketergantungan atas sarana logistik yang disewa dari pihak lain, saat ini Perseroan sedang membangun gudang 4 lantai di atas lahan seluas 20.000 m2 di MM2100 Industrial Estate, Cibitung dengan luas bangunan 22.000 m2. Biaya pembangunan gudang adalah Rp 113,9 milyar (di luar dari pembelian tanah pada tahun sebelumnya sebesar Rp 61 milyar). Gudang ini diharapkan dapat beroperasi di kwartal ke III tahun 2018.

Terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan, Perseroan berhasil membukukan laba bersih (bagian pemilik entitas induk) di kwartal III - 2017 sebesar Rp 155,4 miliar, bertumbuh 36,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2016.

Berkat kerja keras atas pencapaian kinerja dan berbagai prestasi yang diraih, Perseroan mendapatkan penghargaan sebagai “Most Powerful Company 2017, Category Computer and Services” yang diberikan oleh Warta Ekonomi. Hal ini menjadi kebanggaan bagi kami yang telah berupaya dalam memaksimalkan kinerja selama tahun 2017.

 

Tentang PT Metrodata Electronics, Tbk
PT. Metrodata Electronics Tbk (“Perseroan”) perusahaan publik yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1990 (IDX: MTDL) dan merupakan salah satu perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terkemuka di Indonesia yang bermitra dengan perusahaan-perusahaan TI kelas dunia. Perseroan pada saat ini memiliki empat unit bisnis utama yaitu Bisnis Distribusi yang menangani bidang usaha distribusi kepada dealer, garansinya, dan layanan pemeliharaan pasca garansi; Bisnis Solusi yang menyediakan solusi lengkap TIK dari mulai perancangan, implementasi, IT Managed Services, konsultasi dan pelatihan; Bisnis Konsultasi yang menawarkan solusi bisnis inovatif mulai dari konseptual, pelaksanaan dan implementasinya, dan dukungan untuk transformasi bisnis; dan Bisnis E-Commerce dibidang usaha modern IT retail meliputi e-commerce.

Perseroan adalah satu-satunya perusahaan TIK nasional yang tercatat dalam Indonesia Fortune 100, dan menerima penghargaan bergengsi Most Powerful Company 2017, Category Computer and Services – majalah Warta Ekonomi, The Best 50 Companies – majalah Forbes Indonesia, Indonesia Best Issuer 2017, Indonesia Most Innovative Business Award 2017, The Most Powerful & Valuable Company 2014 – majalah Warta Ekonomi, Top Issuer – majalah Investor, and Asia’ Best Companies 2015 (Best Small-Cap category) – majalah FinanceAsia.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Randy Kartadinata, SE
Sekretaris Perusahaan
PT Metrodata Electronics, Tbk.
Telp: (62-21) 29345888
Email: Investor.Relation@metrodata.co.id
www.metrodata.co.id



 

Melani Dwi Nastiti
Public Relations Officer
PT Metrodata Electronics, Tbk.
Telp: (62-21) 29345888 ext. 2008
Email: Melani.Nastiti@metrodata.co.id,
info.metrodata@metrodata.co.id
www.metrodata.co.id