Close

Siaran Pers

Laporan Keuangan Tahunan MTDL 2016 MTDL Capai Laba Bersih Rp 220,7 Miliar

Friday, 31 March 2017

Jakarta, 31 Maret 2017 —PT. Metrodata Electronics Tbk (IDX: MTDL), sebuah perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terkemuka di Indonesia yang memiliki unit bisnis Distribusi, Solusi dan Konsultan Teknologi Informasi dan Komunikasi (“TIK”) mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan, yaitu meningkat Rp 88 miliar dibandingkan dengan tahun 2015, dan mencapai penjualan sebesar Rp 10 triliun di tahun 2016.

Seperti kita ketahui bahwa tahun 2016 merupakan tahun yang penuh tantangan. Penurunan harga minyak dan berbagai komoditas, melemahnya ekonomi dunia menyebabkan stagnasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dalam situasi yang penuh tantangan tersebut, di tahun 2016, Unit Bisnis Distribusi Perseroan terus melakukan diversifikasi terhadap jenis produk yang dijual, di antaranya adalah solusi keamanan CCTV, komponen-komponen peralatan TIK (External Hard Disk, USB), dan beberapa perangkat Networking.

Dan sejalan dengan perkembangan dunia E-Commerce dan Cloud, Perseroan terus berinovasi dan telah memiliki aplikasi channel penjualan melalui platform B2B (Business to Business), dimana aplikasi ini akan memungkinkan para Dealer/Reseller membeli secara on line baik untuk produk hardware maupun software.

Di samping itu, platform B2B ini juga memampukan Perseroan untuk menjual Cloud dalam bentuk kapasitas penyimpanan dan pemrosesan data (Infrastructure as a Service), di mana pelanggan tidak perlu memiliki Server dan dapat menggunakan sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Teknologi ini merupakan perkembangan baru bagi Industri Distributor TIK dan akan efektif digunakan pada Semester II tahun 2017 mendatang.

Perseroan juga memiliki platform B2C (Business to Customer) sebagai bagian dari business E-Commerce melalui website www.metrodataonline.com. Melalui platform B2C ini, pelanggan dapat membeli berbagai perangkat TIK dan home appliances dengan nyaman dan aman.

Inovasi juga terus dilakukan oleh Unit Bisnis Solusi Perseroan yaitu dengan menyediakan Solusi Teknologi Informasi spesifik yang terkait dengan Human Capital Management (HCM) dan Customer Relationship Management (CRM). Selain itu, Perseroan juga menjangkau industri yang lebih luas dengan menyediakan Transportation Management Solutions untuk perusahaan pengangkutan dan distribusi serta memasuki industri pendidikan dengan menyediakan Campus Solutions. Perseroan juga terus mengembangkan kemampuan di dalam implementasi solusi-solusi teknologi Enterprise Resources Planning (ERP) yang telah ditawarkan oleh Perseroan sebelumnya.

Di tengah lalu lintas data yang semakin masif, maka sistem informasi menjadi semakin rentan terhadap peretasan (hacking). Untuk itulah, Perseroan menyediakan Information System Security Solution yang dilengkapi dengan konsultasi dan uji coba terhadap kehandalan sistem keamanan teknologi informasi yang dimiliki pelanggan.

Upaya diversifikasi dan peningkatan kompetensi di bidang yang baru tersebut sejalan dengan era Digital Transformation yang telah ditetapkan sebagai landasan strategi bisnis Perseroan di tahun 2016.

Terhadap upaya-upaya yang dilakukan oleh Perseroan, MTDL berhasil membukukan laba bersih (bagian pemilik entitas induk) di tahun 2016 sebesar Rp 220,7 miliar, sedikit menurun (2,64%) dibandingkan tahun 2015.

Memasuki tahun 2017, Perseroan menetapkan target yang cukup optimis, yaitu penjualan diharapkan mencapai Rp 11,1 triliun atau bertumbuh sebesar 10,2% dibandingkan tahun 2016.

 

Tentang PT Metrodata Electronics, Tbk
PT. Metrodata Electronics Tbk (“Perseroan”) perusahaan publik yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1990 (IDX: MTDL) dan merupakan salah satu perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terkemuka di Indonesia yang bermitra dengan perusahaan-perusahaan TI kelas dunia. Perseroan pada saat ini memiliki empat unit bisnis utama yaitu Bisnis Distribusi yang menangani bidang usaha distribusi kepada dealer, garansinya, dan layanan pemeliharaan pasca garansi; Bisnis Solusi yang menyediakan solusi lengkap TI dan komunikasi dari mulai perancangan, implementasi, IT managed services, konsultasi dan pelatihan; Bisnis Konsultasi yang menawarkan solusi bisnis inovatif mulai dari konseptual, pelaksanaan dan implementasinya, dan dukungan untuk transformasi bisnis; dan Bisnis E-Commerce dibidang usaha modern IT retail meliputi e-commerce.

Perseroan adalah satu-satunya perusahaan TIK nasional yang tercatat dalam Indonesia Fortune 100, dan menerima penghargaan bergengsi The Best 50 Companies – majalah Forbes Indonesia, Indonesia Best Issuer 2017, Indonesia Most Innovative Business Award 2017, The Most Powerful & Valuable Company 2014 – majalah Warta Ekonomi, Top Issuer – majalah Investor, and Asia’ Best Companies 2015 (Best Small-Cap category) – majalah FinanceAsia.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Randy Kartadinata, SE
Sekretaris Perusahaan
PT Metrodata Electronics, Tbk.
Telp: (62-21) 29345888
Email: Investor.Relation@metrodata.co.id
www.metrodata.co.id



 

Melani D. Rohi
Public Relations Officer
PT Metrodata Electronics, Tbk.
Telp: (62-21) 29345888 ext. 2008
Email: Melani.Nastiti@metrodata.co.id,
info.metrodata@metrodata.co.id
www.metrodata.co.id