Close

Siaran Pers

METRODATA Mencapai Laba Bersih Rp 220,7 Miliar

Thursday, 08 June 2017

Jakarta, 8 Juni 2017 - PT. Metrodata Electronics Tbk (“Perseroan”), sebuah perusahaan Distribusi, Solusi, Konsultasi Teknologi Informasi & Komunikasi (“TIK”) dan E-Commerce yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1990 (IDX: MTDL), pada hari ini menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”). Selengkapnya agenda dan hasil RUPST dan RUPSLB adalah sebagai berikut:

A.      Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan:

Dalam rapat ini diagendakan mengenai:

  1. Persetujuan dan pengesahan atas Laporan Direksi mengenai jalannya usaha Perseroan dan tata usaha keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016 serta persetujuan dan pengesahan atas Laporan Keuangan Perseroan termasuk didalamnya Neraca dan Perhitungan Laba/Rugi Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016 yang telah diaudit oleh Akuntan Publik Independen, dan persetujuan atas Laporan Tahunan Perseroan, Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016, serta pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dilakukan dalam tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016.
     
  2. Persetujuan atas rencana penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016.
     
  3. Penunjukan Kantor Akuntan Publik Independen yang akan melakukan audit atas buku-buku Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017 dan pemberian wewenang kepada Direksi Perseroan untuk menetapkan jumlah honorarium Akuntan Publik Independen tersebut serta persyaratan lain penunjukannya.
     
  4. Penetapan gaji dan tunjangan lainnya anggota Direksi Perseroan serta honorarium dan tunjangan lainnya anggota Dewan Komisaris Perseroan.

Sehubungan dengan pelaksanaan rapat, maka hasil RUPST adalah sebagai berikut:

  1. Menyetujui dan mengesahkan Laporan Direksi mengenai jalannya usaha Perseroan dan tata usaha keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016 serta menyetujui dan mengesahkan Laporan Keuangan Perseroan termasuk didalamnya Neraca dan Perhitungan Laba/Rugi Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Satrio Bing Eny & Rekan – Deloitte Touche Tohmatsu Limited, dan menyetujui Laporan Tahunan Perseroan, Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016, serta pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dilakukan dalam tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016.
     
  2. a. Menyetujui dan mengesahkan penggunaan laba bersih Perseroan tahun buku 2016 untuk  digunakan sebagai berikut:
    1. Sejumlah Rp 12.705.933.669 (dua belas miliar tujuh ratus lima juta sembilan ratus tiga puluh tiga ribu enam ratus enam puluh sembilan Rupiah) untuk pembagian Dividen Interim/Tunai tahun buku 2016 yang telah disetujui oleh Dewan Komisaris atas pembayaran pajak atas Dividen Saham tahun buku 2015 dan Dividen Interim/tunai tahun buku 2016, sebagaimana telah dibagikan pada tanggal 22 Juli 2016.
       
    2. Sebanyak-banyaknya Rp 49.107.574.300 (empat puluh sembilan miliar seratus tujuh juta lima ratus tujuh puluh empat ribu tiga ratus Rupiah), dari laba bersih Perseroan untuk tahun buku 2016, akan dibagikan dalam bentuk Dividen Saham dengan rasio 30 : 1 yaitu 30 saham lama akan memperoleh 1 saham baru. Sehingga jumlah Dividen Saham yang akan dibagikan adalah sebanyak-banyaknya 79.205.765 (tujuh puluh sembilan juta dua ratus lima ribu tujuh ratus enam puluh lima) saham baru;
       
    3. Sisanya dialokasikan sebagai laba ditahan Perseroan.

b. Memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan untuk melakukan setiap dan semua tindakan yang diperlukan sehubungan dengan keputusan tersebut diatas termasuk tetapi tidak terbatas untuk mengatur lebih lanjut mengenai tata cara pembagian Dividen Saham.

3. Memberikan wewenang dan kuasa kepada Direksi Perseroan untuk menunjuk Akuntan Publik Bing Harianto dari Kantor Akuntan Publik Satrio Bing Eny & Rekan  – Deloitte Touche Tohmatsu Limited atau Akuntan Publik lainnya yang terdaftar di OJK untuk mengaudit pembukuan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017 serta menentukan honorarium Akuntan Publik dan persyaratan lainnya dengan persetujuan dari Dewan Komisaris.

4. a.   Menetapkan dan menyetujui  honorarium serta tunjangan lainnya  dari para anggota Dewan Komisaris Perseroan sebesar Rp 2.348.125.000 (dua miliar tiga ratus empat puluh delapan juta seratus dua puluh lima ribu rupiah) per tahun bruto untuk seluruh anggota Dewan Komisaris Perseroan;

b. Memberikan wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan selaku Komite Nominasi dan Remunerasi untuk menentukan gaji dan tunjangan anggota Direksi Perseroan beserta fasilitas-fasilitas lainnya.

B.      Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa

Dalam rapat ini diagendakan mengenai:

Persetujuan perubahan Pasal 4 ayat 2 Anggaran Dasar Perseroan sehubungan dengan peningkatan Modal Ditempatkan dan Disetor dalam rangka pembagian Dividen Saham.

Sehubungan dengan pelaksanaan rapat, maka hasil RUPSLB adalah sebagai berikut:

  1. Menyetujui perubahan pasal 4 ayat 2 Anggaran Dasar Perseroan sehubungan dengan peningkatan Modal Ditempatkan dan Disetor penuh dalam rangka pembagian Dividen Saham yang telah diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan;
     
  2. Memberikan kuasa dengan hak substitusi kepada Direksi Perseroan  untuk melakukan segala dan setiap tindakan yang diperlukan sehubungan dengan keputusan tersebut, termasuk tetapi tidak terbatas untuk menyatakan/menuangkan keputusan tersebut dalam akta-akta yang dibuat dihadapan Notaris, untuk menetapkan kepastian jumlah saham baru yang dikeluarkan dan peningkatan Modal Ditempatkan dan Disetor Perseroan dalam rangka pembagian Dividen Saham tersebut termasuk untuk mengubah, menyusun dan menegaskan kembali ketentuan Pasal 4 ayat 2 Anggaran Dasar Perseroan dan susunan pemegang saham dalam akta-akta tersebut (bilamana diperlukan) sebagaimana yang disyaratkan oleh ketentuan perundang-undangan yang berlaku,  untuk mengajukan permohonan persetujuan dan/atau menyampaikan pemberitahuan atas keputusan Rapat ini dan/atau perubahan Anggaran Dasar Perseroan kepada instansi yang berwenang, serta melakukan semua dan setiap tindakan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebagai informasi tambahan, selain hasil RUPST dan RUPSLB, Perseroan juga menyampaikan LAPORAN KINERJA KEUANGAN sebagai berikut:

Belum pulihnya harga komoditas yang disertai dengan gejolak kurs mata uang asing sebagai dampak pelemahan ekonomi sebagian besar negara-negara di dunia, telah menghadirkan berbagai tantangan bagi Perseroan untuk terus meningkatkan kinerjanya yang telah dibuktikan selama 5 tahun terakhir ini. Akibat dari kondisi ekonomi yang ada, para konsumen dan pengusaha lebih berhati-hati dalam berinvestasi, termasuk dalam hal belanja peralatan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK).

Di tengah tantangan tersebut, Perseroan terus berupaya untuk memberikan nilai tambah dan menyediakan solusi TIK yang lebih baik bagi para pelanggannya, di antaranya adalah dengan memperbanyak jenis produk yang didistribusikan dan menyediakan solusi-solusi TIK terbaru yang dapat membantu transformasi bisnis bagi para pelanggannya.

Perseroan sebagai salah satu pelopor perusahaan TIK yang telah berumur lebih dari 42 tahun telah memiliki cakupan bisnis yang lengkap di bidang TIK, yang meliputi unit bisnis Distribusi, Solusi, Konsultasi maupun E-Commerce. Ke empat Unit Bisnis inilah yang merupakan penggerak bagi pertumbuhan Perseroan.

Unit Bisnis Distribusi Perseroan, yaitu PT Synnex Metrodata Indonesia adalah merupakan Unit Bisnis terbesar dari Perseroan yang telah mendistribusikan jumlah produk dan merek TIK terbanyak dibandingkan dengan Perusahaan TIK lainnya. Produk yang dipasarkan lebih dari 45 merek TIK, mulai dari perangkat inti TIK seperti Notebook, PC, Printer, Server dan beragam piranti lunak, namun juga telah merambah kepada distribusi produk fitur phone dan smart phone sejak tahun 2014 yang lalu. Unit Bisnis Distribusi ini terus melakukan perluasan terhadap jenis produk yang dijual, di antaranya adalah solusi keamanan CCTV, komponen-komponen peralatan TIK (External Hard Disk, USB), dan beberapa perangkat Networking. Inovasi juga terus dilakukan dengan mengaplikasikan channel penjualan melalui platform B2B (Business to Business), dimana aplikasi ini memungkinkan para dealer/reseller membeli secara online baik untuk produk piranti keras maupun piranti lunak.

Sebagai bukti keseriusan Perseroan untuk mengembangkan Unit Bisnis Distribusinya, Perseroan sedang menindaklanjuti proses untuk membangun gudang sendiri. Perseroan telah membeli lahan seluas 20.000 m2 di area Cikarang, dengan nilai Rp 61 miliar di tahun 2016. Adapun pembangunan fasilitas gudang di atas lahan tersebut akan dilakukan pada semester kedua tahun 2017 dan diharapkan dapat diselesaikan di tahun 2018. Dengan memiliki gudang sendiri, Perseroan dapat meningkatkan kompetensi karyawannya dalam pengelolaan logistik, menghindari ketergantungan kepada pihak laindan tentunya diharapkan biaya pengelolaan gudang menjadi lebih efisien.

Selanjutnya, Unit Bisnis Solusi melalui entitas anak PT Mitra Integrasi Informatika menyediakan beragam Solusi TIK bagi perusahaan-perusahaan skala kecil maupun skala nasional. Lingkup pelanggan Perseroan juga mencakup berbagai perusahaan-perusahaan besar dan ternama di Indonesia. Unit Bisnis ini terus berinovasi dengan menyediakan solusi TI spesifik yaitu Human Capital Management (HCM), Customer Relationship Management (CRM), Transportation Management Solutions untuk perusahaan pengangkutan & distribusi, Campus Solutions serta terus mengembangkan kemampuan di dalam implementasi solusi-solusi teknologi Enterprise Resources Planning (ERP) yang telah ditawarkan oleh Perseroan sebelumnya.

Unit Bisnis Solusi juga terus meningkatkan eksistensinya dengan menyediakan solusi untuk menjembatani solusi TIK inti (Core IT Solution) pada perbankan dengan Solusi keuangan digital yang merupakan perkembangan terkini industri perbankan. Selain itu, Unit Bisnis Solusi juga memiliki para ahli yang menyediakan solusi pengamanan sistem TI dari potensi peretasan.

Unit Bisnis Konsultasi melalui entitas anak PT Soltius Indonesia memiliki kemampuan di bidang konsultasi dan penerapan Sistem Enteprise Resource Planning (ERP) ternama yang berpengalaman di industri manufacturing, distribution, transportation, pharmaceutical dan plantation. Sejak tahun lalu, Unit Bisnis Konsultasi mulai memfokuskan diri untuk memasuki sektor yang tergolong baru, yaitu ritel yang dipandang cukup menjanjikan karena tingginya kebutuhan akan berbagai layanan, selain sistem Enterprise Resource Planning (ERP).

Selanjutnya, sebagai unit bisnis yang paling muda dan pengembangannya masih tergolong baru, Unit Bisnis E-Commerce melalui entitas anak PT My Icon Technology juga turut melakukan inovasidengan mengubah konsep situs web metrodataonline.com, menjadi situs market place. Perubahan ini dimaksudkan agar lebih banyak mitra dealer yang dapat berjualan di situs web Perseroan, sehingga memperluas cakupan penjualan Perseroan.

Berkat langkah-langkah yang dilakukan, Perseroan mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan, yaitu meningkat sebesar Rp 88,1 miliar atau naik 0,9% dibandingkan dengan tahun 2015, dan mencapai penjualan sebesar Rp 10,06 triliun di tahun 2016. Adapun penjualan Perseroan terutama dikontribusikan oleh Unit Bisnis Distribusi sebesar 77,6% dan sekitar 20,1% dari Unit Bisnis Solusi, serta sisanya berasal dari Unit Bisnis Konsultasi dan E-Commerce.

Kenaikan penjualan juga mendorong peningkatan laba kotor sebesar Rp. 53,4 miliar, sehingga Perseroan memperoleh laba kotor sebesar Rp 806,3 miliar di tahun 2016. Setelah memperhitungkan biaya operasional dan kerugian kurs, Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp. 220,7 miliar, sedikit menurun yaitu sebesar 2,6% dibandingkan dengan laba bersih tahun 2015.

Memasuki tahun 2017, Perseroan menetapkan target yang cukup optimis, yaitu penjualan diharapkan mencapai Rp 11,1 triliun atau bertumbuh sebesar 10,2% dibandingkan tahun 2016.

Pencapaian Kuartal I - 2017

Mengawali tahun 2017, meskipun menghadapi banyak tantangan, Perseroan tetap menanamkan semangat optimisme bahwa fundamental ekonomi Indonesia akan terus menguat yang didukung oleh fluktuasi nilai tukar yang relatif stabil serta inflasi yang rendah. Pada kwartal pertama 2017 ini Perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp 2,16 triliun, sedikit menurun, yaitu 4,91% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016. Selanjutnya, Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp 45,07 miliar untuk kwartal pertama tahun 2017 yang mengalami kenaikan sebesar 40,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2016.  Kenaikan laba bersih terutama disebabkan oleh penghematan beban bunga dari pengelolaan persediaan yang lebih efisien dan berkurangnya rugi kurs.

Pada tahun 2016, Perseroan menerima penghargaan dari Majalah Investor: The Best Listed Company 2016 – Sektor Elektronika; Majalah Forbes Indonesia: 50 Best of The Best Companies 2016 (Category Electronics, no.33); Majalah Economic Review dan IPMI International Business School: Peringkat 3, Kelompok Usaha Jasa Komputer & Perangkatnya, Sektor Perdagangan, Jasa & Investasi. Sedangkan di tahun 2017 Majalah Warta Ekonomi menganugerahi Perseroan sebagai Indonesia Most Innovative Business Award 2017 kategori Computer Services and Other Devices dan Indonesia Best Issuer 2017, Kategori: Trade, Sub Sector Industries Sektor: Industri Perdagangan, Jasa, dan Investasi.

 

Tentang PT Metrodata Electronics, Tbk

PT. Metrodata Electronics Tbk (“Perseroan”) perusahaan publik yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1990 (IDX: MTDL) dan merupakan salah satu perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terkemuka di Indonesia yang bermitra dengan perusahaanperusahaan TI kelas dunia. Perseroan pada saat ini memiliki empat unit bisnis utama yaitu Bisnis Distribusi yang menangani bidang usaha distribusi kepada dealer dan perusahaan solusi TIK; Bisnis Solusi yang menyediakan solusi lengkap TI dan komunikasi dari mulai perancangan, implementasi, IT Managed Services, konsultasi dan pelatihan; Bisnis Konsultasi yang menawarkan solusi bisnis inovatif mulai dari konseptual, pelaksanaan dan implementasinya, dan dukungan untuk transformasi bisnis; dan Bisnis E-Commerce dibidang usaha modern IT Retail meliputi e-commerce.

Perseroan adalah satu-satunya perusahaan TIK nasional yang tercatat dalam Indonesia Fortune 100, dan menerima penghargaan bergengsi The Best 50 Companies – majalah Forbes Indonesia; Indonesia Best Issuer 2017, Indonesia Most Innovative Business Award 2017, The Most Powerful & Valuable Company 2014 – majalah Warta Ekonomi; Top Issuer – majalah Investor; dan Asia’ Best Companies 2015 (Best Small-Cap category) – majalah FinanceAsia.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Randy Kartadinata, SE
Sekretaris Perusahaan
Telp: (62-21) 29345 888
Fax : (62-21) 29345 899
Email: Investor.Relation@metrodata.co.id
www.metrodata.co.id

 

Melani Dwi Nastiti
Public Relations Officer
Telp: (62-21) 29345 888 ext. 2008
Fax : (62-21) 29345 899
Email: Melani.Nastiti@metrodata.co.id
www.metrodata.co.id