Siaran Pers

PT. Metrodata Electronics, Tbk Dan Synnex Technology International Corp Bentuk Perusahaan Patungan

Wednesday, 23 February 2011

Dalam rangka mengembangkan penguasaan pasar, penambahan portofolio, serta membangun sistem logistik yang kuat untuk mengembangkan pasar di  Indonesia.


Jakarta, 23 Februari 2011PT. Metrodata Electronics, Tbk (“Perseroan”) perusahaan publik yang sahamnya tercatat di IDX sejak tahun 1990 dengan kode saham “MTDL” dan merupakan salah satu perusahaan TI terkemuka di Indonesia yang bermitra dengan perusahaan TI kelas dunia, dengan ini mengumumkan Perseroan telah menandatangani perjanjian dalam rangka pembentukan perusahaan patungan (joint venture agreement) melalui salah satu anak usahanya yaitu PT. Metrodata E Bisnis (“MEB”) yang bergerak dalam bidang unit bisnis distribusi dengan Synnex Technology International Corp (“Synnex”) yang berdomisili di Taiwan melalui anak perusahaannya. Synnex adalah perusahaan terbuka yang sahamnya tercatat di bursa Taiwan dan merupakan salah satu leading global player di bidang distribusi TI dan komunikasi yang memiliki reputasi internasional yang baik.

Melalui penggabungan perusahaan berskala internasional dengan METRODATA yang memiliki local knowledge, akan menciptakan sinergi baru menuju bisnis yang lebih baik, salah satunya adalah logistik. Disamping itu, MEB akan memperoleh nilai tambah lebih seperti memperkuat modal, mengembangkan proses distribusi yang lebih efisien serta memiliki pemasaran atas diversifikasi produk yang lebih banyak serta pangsa pasar yang lebih luas.

Dengan efektifnya joint venture agreement pada bulan Januari 2011, MEB meningkatkan modal saham dengan menerbitkan 150.000 saham baru kepada Synnex dengan nilai nominal Rp 1 juta per saham. Perseroan dan Synnex masing-masing memiliki 50% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor dalam MEB senilai Rp 150 miliar. Sesuai dengan joint venture agreement, pengkonsolidasian buku MEB masih dan akan tetap dilakukan oleh Perseroan sebagai pihak yang memegang kendali atas operasional MEB.

“Hari ini merupakan tonggak penting bagi METRODATA dan menegaskan kembali komitmen kami kepada negara serta memperkuat basis kami di Indonesia," kata Susanto Djaja, Presiden Direktur PT. Metrodata Electronics, Tbk. "Kami memiliki kesempatan besar di pasar distribusi TI dan komunikasi di Indonesia, dan kami sangat senang dapat bermitra dengan Synnex Technology International Corp, menyadari potensi dan memberikan akses lebih besar untuk produk komputer di Indonesia,” lanjut Susanto.

"Kami sangat positif tentang bisnis kami di Indonesia, dan mitra bisnis yang kami pilih menunjukkan komitmen sehingga kami memutuskan untuk berinvestasi di Indonesia. Menurut kami, mencari mitra bisnis tidak hanya sekedar perusahaan besar saja, namun kami juga memerlukan perusahaan yang sudah mapan. Wilayah Asia yang kami pilih adalah Indonesia, dan kami menunjuk METRODATA sebagai mitra bisnis kami yang terbaik. Bagi kami, bisnis adalah distribusi,” kata David Tu, General Manager Group Business Development Synergy Technology International Corp.

“Dengan terbentuknya sinergi baru bersama Synnex, kami berharap dapat memberikan nilai lebih kepada pelanggan melalui pilihan portofolio dan layanan yang lebih cepat khususnya dalam hal distribution logistic operation,” kata Agus Honggo Widodo, Presiden Direktur PT. Metrodata E Bisnis. Sebagai perusahaan kelas dunia yang memiliki teknologi canggih, kami juga dapat memanfaatkan dari sisi jaringan bisnis Synnex yang luas untuk mempercepat pertumbuhan perusahaan. Kami percaya Synnex dapat memberikan dampak positif dan nilai lebih bagi kami melalui perluasan jangkauan MEB, penambahan produk dan memiliki capital yang kuat. Kedepannya kami berharap dengan terjalinnya kemitraan baru dengan Synnex, kami dapat memberikan layanan inovatif berupa pemesanan dari warehouse dengan sistem yang mutakhir, lanjut Agus Honggo.

SYNNEX Asia Pacific Group adalah perusahaan worldwide distribution IT yang berbasis di Taiwan yang memulai bisnis pada tahun 1975 dan perusahaan TI pertama di Taiwan yang berhasil membawa Intel CPU masuk ke Taiwan, dan mempunyai reputasi nomor 1 di Asia Pasifik dan nomor 3 di dunia. Synnex memiliki jaringan di 29 negera dengan 181 perkantoran tersebar di Asia Pasifik yaitu Taiwan (kantor pusat), Hong Kong, Cina, Thailand, Australia, New Zealand, India, Srilanka, Middle East, Afrika. Sedangkan wilayah Amerika Serikat meliputi Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Synnex memiliki rangkaian bisnis di fields, products dan brands yang beragam seperti IT Computer, Telecomunnication, Consumer Electronics & IC Component. Didukung 9 pusat jaringan logistik dan 71 warehouse (kecuali India) di Asia Pasifik.

Dalam perkembangan bisnisnya, MEB mengalami perkembangan bisnis Geographical Expansion di propinsi yang sangat cepat, dengan memperluas cakupan di 6 kota besar yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Makassar. Di kota-kota tersebut MEB melangsungkan full operation, sales support termasuk logistic operation. Sedangkan di 7 kota lainnya yakni Palembang, Lampung, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Denpasar dan Manado yang masuk dalam kategori Business Development juga berkembang dengan pesatnya. Kedepannya akan dilengkapi dengan fasilitas logistik.

 

Mengenai PT. Metrodata E Bisnis (“MEB”)
PT. Metrodata e-Bisnis (MEB) merupakan salah satu anak perusahaan dalam kelompok usaha METRODATA yang memfokuskan diri di bidang usaha distribusi produk-produk TI nformasi teknologi berkelas dunia seperti Autodesk, ASUS, DELL, Emerson Network Power, EPSON, Hewlett-Packard, IBM, Lenovo, NettApp, Oracle, Symantec dan ION. MEB juga memiliki enam sentra distribusi di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar. Dengan layanan yang efisien dan efektif, serta didukung oleh dealer dan reseller, MEB siap melayani berbagai kebutuhan para pelanggannya. Informasi lengkap mengenai METRODATA dapat diakses melalui www.metrodata.co.id.

Mengenai Synnex Technology International Corp (“Synnex”)
SYNNEX Asia Pacific Group adalah perusahaan worldwide distribution IT yang berbasis di Taiwan yang memulai bisnis pada tahun 1975 dan perusahaan TI pertama di Taiwan yang berhasil membawa Intel CPU masuk ke Taiwan, dan mempunyai reputasi nomor 1 di Asia Pasifik dan nomor 3 di dunia. Synnex memiliki jaringan di 29 negera dengan 181 perkantoran tersebar di Asia Pasifik yaitu Taiwan (kantor pusat), Hong Kong, Cina, Thailand, Australia, New Zealand, India, Srilanka, Middle East, Afrika. Sedangkan wilayah Amerika Serikat meliputi Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Didukung 9 pusat jaringan logistik dan 71 warehouse (kecuali India) di Asia Pasifik.

 

Keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Randy Kartadinata
Corporate Secretary
PT. Metrodata Electronics, Tbk
Telp: +6221 570.5998
Email: Randy.Kartadinata@metrodata.co.id

Melani D. Rohi
Senior Public Relations Officer
PT. Metrodata Electronics, Tbk.
Telp: +6221 570.5998 ext. 4271
Email:Melani.Nastiti@metrodata.co.id,
www.metrodata.co.id