Berita & Kegiatan

  • Share:

Amazon Web Services (AWS) Cloud, Pilihan Terbaik Menjalankan SAP HANA

Divisi Teknologi Informasi merupakan divisi “Tulang Punggung” bisnis unit di Mulia Boga Raya Tbk. Percaya pada keandalan Amazon Web Services.



Amazon Web Services (AWS) Cloud, Pilihan Terbaik Menjalankan SAP HANA

PT Mulia Boga Raya Tbk

Divisi Teknologi Informasi merupakan divisi “Tulang Punggung” bisnis unit di Mulia Boga Raya Tbk. Tim pimpinan memercayai keamanan, keandalan, dan tawaran layanan platform Amazon Web Services (AWS) untuk sistem Core Enterprise mereka dan memigrasikan beban kerja misi kritikal ke AWS.
 

Saat pelanggan menilai lanskap SAP mereka yang ada dan pilihan mereka untuk modernisasi, sebagian besar tahu bahwa pada akhirnya, mereka perlu memigrasikan beban kerja SAP mereka ke cloud dan memodernisasi database mereka ke SAP HANA. Bagi beberapa pelanggan, masuk akal untuk memodernisasi HANA atau S/4HANA sebagai bagian dari migrasi cloud SAP mereka. Bagi yang lain, memigrasikan beban kerja mereka apa adanya dan mengadopsi HANA di masa depan lebih masuk akal.
 

AWS dan SAP telah bekerjasama secara erat untuk mensertifikasi platform AWS untuk HANA dalam produksi, sehingga pelanggan yang memutuskan untuk mengadopsi HANA dapat sepenuhnya mendapatkan semua manfaatnya di AWS. Pelanggan AWS dapat memilih dari berbagai pilihan komputasi dan penyimpanan yang bersertifikat SAP untuk HANA untuk produksi. Di antara penawaran ini adalah instans cloud native terbesar yang disertifikasi untuk produksi HANA, dan hingga empat node, dengan total memori 48 TB, untuk penerapan S/4HANA yang sangat besar. Untuk membantu pelanggan memulai, SAP HANA QuickStart membantu Anda menerapkan sistem SAP HANA yang berfungsi penuh di AWS Cloud, dengan mengikuti praktik terbaik dari AWS dan SAP.
 

Salah satu pelaku industri produk keju yang disukai seluruh kalangan - Prochiz yang telah merasakan manfaat dari pendayagunaan cloud adalah  PT Mulia Boga Raya Tbk (“MBR”), yang dikenal sebagai salah satu perusahaan yang memiliki komitmen tinggi dalam memasarkan produk-produk bernutrisi dengan kualitas terbaik. AWS Cloud telah membantu MBR untuk mampu mengoptimalkan rencana pengembangan bisnisnya.
 

Menjalankan SAP HANA di AWS
Lalu, bagaimana menjalankan SAP HANA di AWS yang telah menjadi tulang punggung  bagi percepatan bisnis di MBR?
 

“Di saat kami ingin menjalankan SAP HANA, kami mendapat rekomendasi cloud provider yang memiliki pengalaman terbaik dalam migrasi cloud, yaitu AWS Cloud dari PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (“Garudafood Group”) sehingga MBR yang merupakan bagian dari Garudafood Group memutuskan menggunakan AWS Cloud untuk mencapai manfaat lebih seperti waktu implementasi yang cepat, ketersediaan infrastruktur cloud untuk SAP HANA hanya dalam hitungan jam, dibanding jika kami melakukan pengadaan hardware konvensional yang memerlukan waktu yang lama untuk ketersediaannya”, kata Project Manager SAP PT Mulia Boga Raya Tbk, Liem Tjien.
 

“Bila kami masih tetap bersikukuh menggunakan solusi on-premise, saat ini mungkin membutuhkan setidaknya empat minggu untuk melakukan provisi peranti keras sekaligus lisensinya. Dengan menggunakan SAP HANA di AWS Cloud menjadi langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis,” lanjut Liem Tjien.
 

Hal lain yang menjadi pertimbangan MBR adalah bahwa AWS Cloud memiliki kelincahan yang lebih tinggi termasuk dari sisi anggaran yang masih menjadi pertimbangan utama perusahaan jika ingin melakukan perubahan dalam pengoperasian sistem SAP serta mengevaluasi penggunaan public cloud.
 

Disamping itu, perusahaan juga mendapat manfaat dari perubahan biaya CAPEX berpindah menjadi OPEX, sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan cashflow untuk investasi besar di awal.
 

“Kami menyadari bahwa di saat proses implementasi kami belum memiliki tim TI sendiri, sehingga kami memutuskan untuk berkolaborasi dengan tim TI pusat, yaitu Garudafood sehingga proses implementasi berjalan dengan lancar”, kata Project Manager SAP PT Mulia Boga Raya Tbk, Liem Tjien.
 

“Dengan diterapkannya AWS Cloud, MBR berhasil menghemat biaya infrasturktur SAP terhadap lingkungan AWS yang baru, MBR dapat mengoptimalkan arsitektur, dapat memantau beban kerja yang dijalankan serrta menjadwalkan kapasitas saat diperlukan,” kata Project Manager SAP PT Mulia Boga Raya Tbk, Liem Tjien.
 

Untuk mengimplementasikan AWS Infrastructure as a Services (IaaS), MBR kemudian menggandeng PT Metrodata Electronics Tbk, AWS Advance Consultant Partner yang terdaftar dalam Amazon Partner Network (APN) untuk menerapkan dalam jangka waktu yang diperlukan untuk migrasi.
 

Tantangan Bisnis:

  • Cara yang lebih cepat dan cerdas untuk implementasi/migrasi sistem misi kritikal
  • Manajemen dan meminimalkan biaya dan resiko infrastruktur
  • Skalabilitas dan elastisitas lingkungan untuk memenuhi permintaan pasar
  • Manajemen operasi dan biaya dalam jangka panjang


Solusi

Menjalankan SAP HANA di AWS dengan waktu yang lebih cepat untuk mendapatkan hasil bisnis, dengan otomasi dan panduan yang didukung data, AWS menyederhanakan setiap langkah proses implementasi SAP HANA dengan mengurangi upaya dan kompleksitas di dalamnya. Hal ini membantu mempercepat migrasi dengan mengurangi waktu untuk mewujudkan nilai migrasi cloud MBR.
 

Manfaat

  • Analisa lebih cepat dengan kumpulan data besar menggunakan layanan SAP HANA dan AWS untuk keputusan bisnis yang efektif
  • Platform AWS memberikan kemampuan untuk merespons dengan kecepatan, kelincahan, dan wawasan yang lebih besar di seluruh rantai nilai, tetapi pelanggan, karyawan, dan mitra juga akan mendapatkan manfaat
  • Waktu implementasi untuk memigrasikan beban kerja lokal tepat sasaran dengan bantuan alat otomatisasi AWS dan tanpa penundaan
  • Menghemat biaya infrastruktur SAP dan peralihan dari model CAPEX ke OPEX
  • Meningkatkan kelincahan operasional, mengurangi biaya teknologi dan mengembangkan tenaga kerja masa depan
Back To List
Metrodata logo

PT. Metrodata Electronics, Tbk.

APL Tower 37th Floor 
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470

Contact Us:

P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id

social media