Close

Pengembangan SDM

Mengingat Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kunci keberhasilan dalam bisnis Perseroan, pengembangan kebijakan ketenagakerjaan dan sistem informasi untuk mendukung pengelolaan SDM merupakan dua hal yang menjadi perhatian Perseroan dalam rangka mendorong karyawan Perseroan untuk memberikan kinerja yang terbaik bagi pertumbuhan bersama. Keberadaan karyawan yang profesional dan total dalam berkarya juga penting dalam menyukseskan strategi pertumbuhan bisnis Perseroan.

Proses transformasi digital yang terus dialami oleh masyarakat dan meningkatnya adopsi teknologi untuk menjaga proses bisnis agar tetap relevan memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi dan kapabilitas di bidang TIK.

Bagi Perseroan, yang memiliki kompetensi inti sebagai perusahaan solusi dan distribusi TIK terdepan di Indonesia, pengelolaan SDM menjadi hal yang krusial. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, Perseroan dituntut untuk memiliki SDM yang profesional, adaptif, dan mampu mengikuti perkembangan tren teknologi terkini. Selain itu, pertumbuhan industri TIK yang sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir membuat persaingan untuk mendapatkan talenta terbaik di bidang TIK semakin ketat, selain juga karena ketersediaan SDM berkualitas di Indonesia masih terbatas.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Perseroan menerapkan skema rekrutmen yang atraktif dan efektif, sementara untuk mengelola SDM-nya, Perseroan telah menggunakan SAP SuccessFactors yang berbasis cloud. Pada tahun 2019, seluruh unit bisnis Perseroan telah terintegrasi dengan SAP SuccessFactors, memungkinkan Perseroan untuk mengelola SDM secara terpadu.

Rekrutmen dan Pelibatan Karyawan

Strategi Perseroan untuk mendapatkan SDM yang dapat menjamin kelangsungan bisnis secara jangka panjang dimulai dengan menyiapkan sistem rekrutmen yang efisien dan tepat sasaran. Pertama, Perseroan bekerja sama dengan beberapa sekolah/perguruan tinggi dengan ikut serta dalam acara-acara rekrutmen kampus seperti job day atau career fair, serta memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa yang berminat. Perseroan juga aktif melaksanakan program branding & engagement dengan menjadi pembicara bagi acara-acara kampus terkait industri TIK, serta mengundang perwakilan kampus untuk melakukan kunjungan ke kantor Perseroan.

Beberapa program khusus yang diselenggarakan untuk memastikan ketersediaan SDM berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan Perseroan adalah Programmer Bootcamp, Metrodata Trainee Program (MTP), dan Synnex Metrodata Graduate Program (SGP). Pada tahun 2019, program SGP dilaksanakan untuk pertama kalinya untuk menjaring talenta yang memiliki potensi unggulan bagi Unit Bisnis Distribusi.

Selain upaya-upaya internal, Perseroan juga bekerja sama dengan pihak ketiga seperti recruitment platform atau headhunters untuk mendapatkan talenta yang terbaik di pasar, sesuai kebutuhan Perseroan.

Perseroan meningkatkan kualitas proses induksi dan orientasi bagi karyawan baru melalui Metrodata Orientation Program. Dalam program yang diselenggarakan secara online ini, para karyawan baru diharapkan dapat beradaptasi dan mendapatkan informasi yang memadai mengenai lingkungan kerja Perseroan.

Pelatihan & Pendidikan

Perseroan senantiasa menyelenggarakan berbagai program pelatihan dan peningkatan kompetensi karyawan. Pada tahun 2019, pengembangan kompetensi karyawan difokuskan pada kompetensi-kompetensi yang mendukung tercapainya bisnis, seperti Presentasi, Komunikasi Efektif, Kemampuan Identifikasi dan Analisis Masalah, serta Kepemimpinan.

Secara khusus, program bootcamp yang sebelumnya diselenggarakan hanya bagi posisi developer, pada tahun 2019 diperluas dengan program bagi posisi IT security. Bekerja sama dengan lembaga pendidikan khusus, program Bootcamp IT Security diselenggarakan dua kali.

Pada tahun 2020, Perseroan akan mengembangkan program pelatihan berbasis online dalam bentuk program e-learning dan video pelatihan.

Suksesi

Untuk memantau dan mengelola kinerja setiap karyawan secara komprehensif, Perseroan menggunakan sistem pengelolaan SAP SuccessFactors. Proses penilaian dimulai dengan sasaran dan rencana kerja yang disusun oleh setiap karyawan di awal tahun bersama-sama dengan atasan dan manajer masing-masing. Setelah itu, pada akhir tahun rencana ini akan dievaluasi secara reguler dengan pendekatan 360 derajat.

Untuk mendukung program suksesi dan komitmen Perseroan untuk mengapresiasi potensi yang dimiliki karyawan, Perseroan menyelenggarakan program Fast Track bagi jalur spesialis dan manajerial. Melalui program ini, para karyawan dengan kinerja unggul serta potensi dan talenta yang tepat dikumpulkan untuk dikembangkan dalam talent pool, dimana mereka selanjutnya dipersiapkan untuk mengikuti program pengembangan secara intensif.

Untuk menjembatani kesenjangan generasi antara karyawan muda yang proporsinya kini lebih besar dibandingkan karyawan senior, Perseroan menyelenggarakan program reverse mentoring, yang telah berjalan sejak tahun 2018, untuk memberikan masukan kepada pihak manajemen berupa gagasan, cara pandang, dan pola pikir yang baru dan segar dari karyawan, terutama karyawan muda.

Remunerasi & Tunjangan

Dalam menetapkan kebijakan dan skema remunerasi, Perseroan menggunakan standar remunerasi berbasis standar industri yang menggunakan hasil-hasil survei remunerasi yang dilakukan oleh lembaga independen.

Untuk menjamin kondisi kesehatan karyawan, Perseroan mengikutsertakan seluruh karyawannya dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan juga program asuransi kesehatan swasta. Sebagai upaya preventif, Perseroan rutin melakukan program medical checkup tahunan bagi seluruh karyawan tetap yang telah bekerja selama satu tahun atau lebih dan berusia minimal 30 tahun.

Perseroan memberikan beberapa jenis tunjangan, seperti tunjangan hari raya, tunjangan kesehatan, BPJS, dan bonus tahunan, kepada karyawan tetap Perseroan.