Close

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Sharing Knowledge In BINUS University

Thursday, 18 March 2010

Bekerja sama dengan BINUS University, Metrodata menjadi pembicara dalam program CSR – Industry ShowCase, ICT Edition dengan tema Building Strategic Partnership using Transformation ICT to Empower Industry di Kampus Anggrek, Kamis 18 Maret 2010. Selain Seminar, BINUS juga menggelar beragam exhibition yang menampilkan beragam aplikasi TI.

Acara yang reguler diselenggarakan BINUS ini kali ini menggandeng Metrodata untuk memberikan sharing knowlege kepada masayarakat ICT, termasuk student dan alumninya.

Dibuka oleh Rektor BINUS University, Prof Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM. Seminar ini menampilkan pembicara Dekan Fakultas Ilmu Koputer, Ir. Sablin Yusuf M.Sc. M.Comp.Sc. dengan topik Building Strategic Partnership using Transformational ICT to Empower Industry. Dilanjutkan oleh Frannata Suryanto, Account Presales Dept. Head, Mitra Integrasi Informatika, anak perusahaan Metrodata, dengan topik Developing ICT Personnel in a Growing Business. Dan ditutup oleh presentasi GM IT Direktorat BINUS University, Eddy Santosa Jaya, S.Kom., MM.

Dalam presentasinya Frannata berbagi pengalaman dalam mengembangkan ICT people dalam menjawab kebutuhan bisnis maupun IT kedepan. Mengutip data yang dikeluarkan Gartner di Januari 2010, fokus organisasi di 2010 adalah pada pengaruh perubahan kritikal dalam keseimbangan kontrol dan power di IT.

Global Knowledge Nov 2009, juga menjelaskan, selain trend produk dan sertifikasi, hal menarik yang akan menjadi trend adalah social media yang sekarang sedang digandrungi banyak orang, cloud computiong yang menjadi pendekatan baru banyak vendor TI, serta usabilitu proffessional yang membantu menjembatani antara bisnis dengan TI.

Sedangkan hasil survey Information Security Media Group bulan Sept 2009 menyebutkan trend security kedepan ada di area Risk Management, Cyber Security dan Fraud/Forensic.

Frannata juga menjelaskan selain core competency di TI, insan TI juga perlu menambah vallue add nya dengan soft skills antara lain Drive/Passion, TeamWork, Leadership, Integrity, Communication, dll. Soft skills ini sering menjadi penentu atau batu sandungan bagi karir dari insan TI.

Bila masih ada jurang antara kemampuan dengan kebutuhan, maka langkah yang perlu ditempuh adalah memetakan peran/fungsi yang dibutuhkan, mengevaluasi kebutuhan skillsnya untuk mengetahui jurang kebutuhan, dan terakhir adalah rekrutmen serta training untuk menjembatani jurang tadi.

Dan akhirnya dibutuhkan sistem yang bisa menunjang improvement terus menerus. Contohnya adalah Performance Plan, dan Performance Evaluation and Development Plan. Kedua tools ini diharapkan menjadi arahan setiap karyawan dalam mengembangkan kemampuannya searah dengan perkembangan perusahaan.

Dalam sesi tanya jawab, cukup banyak peserta yang memanfaatkan kesempatan tersebut.