Close

Berita

A Ticket To The Cyber Security World

Monday, 30 September 2019

Jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai lebih dari 150 juta orang. Jumlah ini seharusnya berbanding lurus dengan jumlah pemahaman akan pentingnya keamanan siber.

Melihat jumlah pengguna internet yang terus bertambah dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) bersama dengan International Council of E-Commerce Consultants (EC-Council) melakukan kerjasama strategik menyediakan solusi sertifikasi keamanan siber. Peluncuran bertajuk A Ticket to The Cyber Security World digelar di DoubleTree by Hilton Hotel, Jakarta.

Acara ini dibuka oleh Agus Honggo Widodo, President Director PT Synnex Metrodata Indonesia. Beliau membuka dengan meriah acara tersebut dengan memberi sambutan hangat. Penambahan portofolio bisnis di bidang TIK tentu akan menciptakan fondasi yang kokoh dalam SMI. Sebaliknya, akses dan pemahaman ke pasar dengan jangkauan di seluruh Indonesia, akan menciptakan basis bisnis distribusi yang kuat untuk EC-Council.

Acara kemudian dilanjutkan oleh Rudy Lumanto, Head of Governance National Security Operation Center BSSN yang memaparkan bahwa pemahaman keamanan siber adalah sebuah tiket untuk masuk ke dalam dunia keamanan siber. Untuk Indonesia sendiri, masih perlu didorong edukasi akan Cyber Security. Hal ini perlu dilakukan untuk mempersiapkan SDM yang unggul.

Setelah Rudy Lumanto, Sean Lim, COO EC-Council melanjutkan gelaran tersebut dengan memaparkan mengenai A Ticket To The Cyber Security World – EC-Council Global Transformation on Education. Beliau bercerita bahwa kini, kriminalitas lebih mengerikan dalam dunia siber dari pada dunia fisik. Dunia militer pun sudah mengarah kepada cyber attack daripada perang. Sistem kerja EC-Council tidak hanya mengajarkan cara bertahan atau melindungi dari serangan siber, tapi sebaliknya, kita akan diajarkan untuk meretas sebuah sistem, sehingga akan menemukan cara terbaik untuk bertahan dari serangan siber.

Lie Heng, Solution Director PT Synnex Metrodata Indonesia melanjutkan gelaran acara dengan memberikan topik tentang What Direction of SMI for Education and Support for Indonesia Society. Lie Heng kembali mengingatkan akan posisi Indonesia di tengah majunya teknologi dan program-program pemerintah untuk mendorong masyarakat Indonesia agar menjadi lebih unggul guna menghadapi Industry 4.0. Lie Heng juga berbicara mengenai arah SMI sebagai Indonesia’s Leading and Truster ICT Distribution Company. Memiliki berbagai portofolio bisnis TIK membuat SMI dapat memberikan All in One Solution dari bidang edukasi hingga sertifikasi Cyber Security.

Gelaran yang berlangsung mulai dari siang hari itu dilanjutkan dengan keynote speaker terakhir, yaitu Tin Tin Hadijanto, Country Manager EC-Council Indonesia yang membawakan topik mengenai 10 Years Development on Indonesia Cyber Security Education. Betapa EC-Council sudah ada di Indonesia selama 10 Tahun. Tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia akan terus dilakukan EC-Council, namun kini perlu dilakukan percepatan edukasi mengingat majunya adaptasi teknologi di Indonesia.

Even ini kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada mitra bisnis EC-Council yang selama ini sudah turut membantu menghadirkan solusi edukasi keamanan siber di Indonesia (26/9).