Close

Berita

Cepat Pintar Robotic Process Automation

Thursday, 12 September 2019

Jakarta, 10 September 2019--PT Metrodata Electronics Tbk (Metrodata) bersama UiPath Indonesia berkolaborasi menyajikan informasi seputar Robotic Process Automation (RPA). Dalam Mini Workshop ini memaparkan bagaimana RPA membantu proses bisnis Organisasi agar lebih mudah dilaksanakan. UiPath juga dapat digunakan untuk pengawasan, mengontrol, dan menjadwalkan pekerjaan yang dijalankan dengan UiPath Robot. UiPath Robot merupakan tools dari Robotic Process Automation yang membantu proses otomasi yang berulang dilakukan oleh manusia dialihkan ke mesin untuk menggantikan pekerjaan manusia.

Pieter Harianto, Partner Manager UiPath, UiPath Indonesia mengawali mini workshop yang sudah berlangsung 2 kali membawakan materi presentasi dengan topik Think Automation First: Bagaimana RPA dapat membantu bisnis. Pieter menjelaskan bahwa Robotic Process Automation dapat menggantikan interaksi antara manusia dan aplikasi dalam suatu bisnis proses hingga 24/7 tanpa merasa letih dalam optimalisasi kerja. UiPath sudah teruji dalam mengurangi biaya pengolahan data sebesar 80% sehingga dapat menghasilkan ROI (Return of Investment) yang signifikan dalam waktu yang singkat. Sedangkan dari segi implementasi, RPA UiPath dapat dengan cepat melakukan implementasi tanpa pemograman yang rumit.

Hands On yang dibawakan oleh Michael Antoni, Presales UiPath dan Alan Kindangen, Technical Consultant, PT Mitra Integrasi Informatika serta Meice Suryadi, Digital Transformation Specialist, PT Mitra Integrasi Informatika. Dalam sesi ini, peserta diajak untuk mempraktikan aplikasi UiPath tersebut sehingga pemaparan bagaimana proses pekerjaan yang akan diotomasi menggunakan robot lebih mudah dipahami dengan menggunakan notebook masing-masing. Secara umum UiPath telah dilengkapi library untuk melalukan hal: (1) Memindahkan file dari folder, (2) Otomasi web, (3) Otomasi email, (4) Otomasi excel, dan (5) Otomasi PDF. Dengan Demikian kita dapat mengotomasi proses pemindahan dokumen dari satu folder ke folder lain, mengisi form secara otomatis, menyimpan file dan menentukan lokasi file yang akan dibaca dan lokasi untuk menyimpan hasil ekstrak data sesuai kebutuhan.

Dari pertemuan mini workshop yang berlangsung APL Tower diharapkan dapat memberikan inspirasi, menambah wawasan digital business platform bagi Organisasi dan semakin mengerti mengenai RPA dalam satu hari. Kemampuan mengintegrasikan sistem legacy adalah pendorong utama proyek RPA. Dengan teknologi ini, organisasi dapat dengan cepat mengakselerasi inisiatif transformasi digitalnya, dengan tetap memperoleh value dari investasi terhadap teknologi-teknologi sebelumnya.