Close

Berita

CISO Executive Forum 2019

Friday, 22 February 2019

Jakarta, 21 Februari 2019--CISO Executive Forum 2019 diadakan untuk mempersiapkan daya tahan dan meningkatkan maturitas cyber security organisasi. Chief Information Security Officer lebih dikenal CISO, saat ini menjadi perbincangan hangat diantara Information Security Community. Posisi seorang CISO menjadi sangatlah penting dan sudah menjadi bisnis standar bagi perusahaan-perusahan di dunia saat ini. Di masa lalu seorang CISO dikenal sebagai seseorang yang memilIki keahlian sangat teknikal dan memiliki berbagai macam jabatan yang bervariasi dalam sebuah Enterprise Security Function atau bahkan berasal dari seseorang yang memiliki skill di bidang jaringan yang sangat handal.

Saat ini, dengan semakin kompleks masalah dalam sistem keamanan suatu perusahaan, seorang CISO diharapkan tidak hanya sekedar memiliki kompetansi secara teknikal. Seorang modern CISO harus memiliki beragam keahlian dalam rangka melaksanakan tugas-tugasnya unutk merancang tingkat keamanan suatu organisasi. Pada era digital ini, hal tersebut merupakan investasi yang sangat berharga bagi suatu organisasi. CISO menjadi posisi yang sangat dibutuhkan dan memiliki kompensasi setara dengan posisi C-Level yang juga memegang peranan penting dalam perusahaan.

Berdasarkan hal tersebut, MII bersama EC-Council menggelar workshop yang berlangsung di Ceria Room, Shangri-La Hotel, Jakarta. Workshop dibuka oleh Sjafril Effendi, Presiden Direktur MII yang menyampaikan maksud dan tujuan serta garis besar dari agenda CISO Executive Forum 2109. Dalam pertemuan tersebut menghadirkan pembicara tamu Rudy Lumanto, Chairman, ID - SIRTII - BSSN dan Governance Head of National Cyber SOC – BSSN, serta dua pembicara Sean Lim, Chief Operation Officer, EC-Council dan Faisal Yahya, CISSP, CCISO, CCSK, ITILv3, CSX – F, CEI.

Rudy Lumanto, Chairman, ID - SIRTII - BSSN dan Governance Head of National Cyber SOC – BSSN mengawali pertemuan mengenai Peran Lembaga dan CISO dalam Keamanan Siber Nasional. Kemudian Sean Lim, Chief Operation Officer, EC-Council mengenai CISO Strategic for Critical Shortage of Cyber Security Globally. Dalam sesi ini, Sean Lim menjelaskan tentang pentingnya cyber security dalam proses tranformasi digital yang sedang berjalan. Selain itu, Sean Lim juga memaparkan informasi tentang peran CISO dalam mendukung cyber security tersebut.Faisal Yahya, CISSP, CCISO, CCSK, ITILv3, CSX – F, CEI membawakan materi dengan tema Resiliency and Maturity Strategy 2019. Faisal Yahya berbicara tentang berbagai penyebab bocornya data (data breach) serta strategi untuk mengatasinya, yaitu melalui peningkatan ketahanan (resilience) dan kedewasaan (maturity) organisasi.

Selain membahas berbagai topik terkait cyber security,juga diadakan game CISOs War Game – CISOExFin—diskusi dan presentasi kelompok yang dipimpin langsung oleh Faisal Yahya. Game ini bertujuan agar peserta memperoleh pengetahuan empiris aplikatif tentang governance dan penanganan insiden keamanan dari sisi pola pikir manajemen. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan seorang moderator dan mereka sangat antusias dalam mengikuti game yang diadakan.

Acara CISO Executive Forum 2019 ditutup dengan pengumuman pemenang CISOs War Game dan penyerahan hadiah kepada tiga kelompok pemenang war game. Melalui presentasi dari para pembicara, diskusi, dan games para peserta CISO Executive Forum 2019 ini diharapkan mendapatkan banyak pengetahuan,insight dan masukan yang menarik, seperti hal-hal apa saja yang menjadi strategi penting pada cyber security bagi pelaku bisnis dan pemerintah di Indonesia baik untuk saat ini maupun untuk masa mendatang.