Close

Berita

Cloud Computing: Retink IT, Reinvent Business

Wednesday, 07 December 2011

Hasil survey Gartner menyatakan bahwa cloud computing (komputasi awan) akan menjadi tren TI di masa depan. Komputasi awan juga akan berdampak besar terhadap pemanfaatan dan pengelolaan TI. Komputasi awan jelas akan menambah kelincahan dan efisiensi, 2 hal wajib yang menjadi dasar inovasi bisnis. Karena itu banyak perusahaan sudah mulai memikirkan kembali TI mereka dan melakukan inovasi bisnis dengan menggunakan (private) komputasi awan.

Dalam rangka meningkatkan awareness komputasi awan, MII mengadakan seminar dan workshop selama 3 hari yang selenggarakan di Senopati Room, Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa, Yogyakarta dengan tema “Cloud Computing: Rethink IT, Reinvent Business” (7-9/12/2011).

Seminar dan workshop dibuka oleh Caroline Suryanto, Infrastructure Sales Director MII, dan diawali dengan role play Simulasi Cloud Life Cycle dipandu oleh instruktur bersertifikat dari regional. Seluruh peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk memainkan peran dari sisi bisnis maupun dari sisi IT operation. Dengan memainkan peran simulasi tersebut terlihat bagaimana dampak TI terhadap bisnis, dan penggunaan komputasi awan akan menghasilkan kelincahan dan efisiensi. Pada sesi sore hari, menghadirkan pembicara dari ViFX APJ Pte. Ltd—perusahaan konsultan komputasi awan yang juga merupakan strategic partnership consulting company MII untuk membantu memberikan pemahaman akan proses menuju penerapan komputasi awan, khususnya private cloud.

Keesokan harinya, acara dilanjutkan dengan pemaparan lebih detil dari teknologi pendukung komputasi awan dari mitra teknologi MII yaitu BMC Software, HP, VMware, NetApp, Trend Micro, dan APC. MII juga menyampaikan pengalamannya dalam menangani project cloud computing sebagai gambaran bagi peserta. Dalam workshop tersebut, MII juga mengundang senior manajemen Telkom untuk berbagi pengalaman dalam memutuskan mengimplementasikan private cloud ini. Seluruh peserta menggunakan kesempatan tersebut untuk bertanya jawab di setiap sesi dengan pembicara. Sore harinya, seluruh peserta menikmati santap malam gaya keraton di Bale Raos yang lokasinya masih dalam keraton Yogyakarta.

Esok harinya, seluruh peserta menggunakan waktu bebas dengan mengikuti tur mengunjungi Candi Prambanan, Spa, atau berjalan-jalan ke pusat kota Malioboro. Selesai menikmati kekhasan suasana Yogyakarta, seluruh peserta bersiap kembali ke Jakarta. Kami berharap seminar dan workshop yang kami selenggarakan ini bisa menjadi bekal dalam perencanaan dan tahapan pelaksanaan implementasi (private) kompuasi awan di perusahaan masing-masing.