Close

Berita

Connect The Unconnected

Monday, 25 March 2019

Internet of Things (IoT) telah menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan akhir-akhir ini. IoT tidak hanya menjadi suatu konsep yang mempengaruhi hidup manusia, tetapi bagaimana IoT bisa membantu memudahkan kehidupan manusia. PT Soltius Indonesia (SOLTIUS) bekerja sama dengan PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) mengadakan even dengan tema Connect the Unconnected dengan tujuan memberikan awareness tentang bagaimana IoT dapat membantu meningkatkan kinerja ERP yang sudah dimiliki.

Acara dibuka dengan opening speech oleh Budi Lesmana Halim, Delivery Director SOLTIUS. Beliau memberikan gambaran umum bagaimana IoT dapat memberikan data untuk meningkatkan business intelligence perusahaan di era Industry 4.0 saat ini. Sesi dilanjutkan oleh David Hermawan, Head of IOTG (Internet of Things Group) Intel Indonesia, dalam sesi ini David memperkenalkan solusi dari Intel dalam mendukung penerapan IoT. Dilanjutkan oleh Herianto, Technical Director SMI dengan presentasi mengenai Discover How to Turn Machine Data into Actionable Insight to Create Business Value. Dalam sesi ini juga dijelaskan lebih detil bagaimana peran IoT yang dapat memberikan insight untuk membuat strategi bisnis dan merupakan investasi yang dapat dirasakan langsung manfaatnya.

Kemudian Freddy Halim, Consulting Manager SOLTIUS dan Suharyanto, Technical Consulting Manager SOLTIUS dengan tema IT – OT Convergence (IoT and ERP Integration). Dalam sesi ini dikupas lebih mendalam bagaimana ERP dan IoT dapat diintegrasikan dan dibahas juga 2 contoh study case IoT yang sudah diterapkan pada industri Oil & Gas dan rumah sakit. Ada 5 tips untuk memulai menerapkan IoT dalam bisnis:

  1. Get ERP Connected
  2. Pick Your Fights – Focus on what Data
  3. Start Small for easy win and focus shot
  4. Try Services that make it easy
  5. Don’t forget security

Setelah santap siang, dilanjutkan kembali dengan presentasi dan sesi demo oleh Yonatan Sunoto, Technical Advisor SMI dengan tema Improve Industrial Efficiencies with Connected Factory. Dalam sesi ini didemokan sistem IoT untuk industri manufaktur. Acara yang berlangsung di Shangri-La Hotel Jakarta ini berlangsung sangat baik dengan antusias peserta yang hadir sekitar 60 orang.