Close

Berita

Edison Chindrawaly, CIO Metrodata Group

Tuesday, 26 May 2020

Chief Information Officer (CIO) merupakan salah satu jabatan strategis bagi eksekutif yang berkecimpung dalam bidang TI. Memaksimalkan kontribusi penerapan Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi pemangku kepentingan termasuk bertanggungjawab merencanakan, memimpin Management System Information (MIS), dan membangun visi TIK perusahaan.


PT Metrodata Electronics Tbk— Digital Solution & Distribution Company di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mengumumkan perubahan pada jajaran manajemennya dengan menunjuk sosok baru Edison Chindrawaly, Chief Information Officer yang memiliki pengalaman 22 tahun di bidang TI khususnya software developer.


Menghabiskan masa sekolah formal di Jakarta dan AS, kemudian lanjut kuliah di Austin Community College, Austin, Texas, AS untuk mendapatkan Diploma 3 dan meneruskan kuliah di Universitas North Texas of Denton, Texas, AS untuk menyelesaikan Bachelor of Science in Computer Science dan Minor pada mata kuliah Math di tahun 2002.


Edison memiliki pengalaman bekerja sebagai pengembang atau software developer. Berkat kegigihannya, pada tahun 2015 Edison mendirikan software house untuk memenuhi permintaan klien. Semenjak memiliki perusahaan, Edison dan tim giat membagun software solution bagi perusahaan kecil dan menengah. Mengerjakan aplikasi ERP di 6 industri yang berbeda. Saat yang bersamaan, Edison juga mengajar bidang ICT – Advance Data Structure and Algorithm & Advance Programing di Swiss German University, Tangerang, Banten.


Sejak bergabung di Metrodata Group pada 2 Januari 2020, Edison memiliki tanggungjawab lebih besar dan memimpin sebuah departemen yang menjadi support team bagi departemen lain seperti Technical Support, Network Support dan System Administrator. “Tugas utama saya adalah menyelaraskan platforms (aplikasi-aplikasi) yang dimiliki Metrodata Group menjadi sebuah platforms informasi yang cepat dari satu platform ke platform lainnya dan tidak tersembunyi atau terisolasi di dalam satu tim saja. Membangun sebuah platform yang akan menjadi jembatan bagi aplikasi lain yang digunakan dalam Metrodata Group. Apalagi Metrodata Group menggunakan SAP secara ekstensif, hal ini menjadi tantangan terbesar karena kompleksitasnya”, kata Edison yang harus mulai bersahabat dan mengenal lebih dalam tentang SAP. Bukan hal yang mudah, namun dijadikan sebagai tantangan yang sangat unik.


Hal yang paling menggembirakan bekerja dalam lingkungan TI adalah ketika aplikasi menjadi sangat berguna dalam membantu users dalam pekerjaan sehari-hari. Misalnya jika dulu menghitung komisi perlu waktu 3x24 jam, dengan menggunakan aplikasi ciptaan tim-nya hanya memerlukan hitungan kurang dari 1 menit sehingga pekerjaan user menjadi semakin sangat sederhana, namun bagi software developer menjadi semakin tinggi tantangannya. Karena tujuan utama dari software developer adalah membuat yang rumit menjadi mudah hanya dengan satu klik.


Bahkan Edison bersama timnya juga bangga saat aplikasi yang dibuatnya booming ketika diluncurkan dan mendapat peringkat pertama dalam bidang transportasi di kota Jakarta berdasarkan jumlah unduhan dan user review. Dalam 1 minggu sudah 10,000+ users. Belum pernah alami hal tersebut sehingga sangat memacu kami untuk membuat aplikasi lain, cerita Edison dengan penuh semangat.


Sebagai user aktif, kita juga perlu waspada dan mempersenjatai hal-hal kecil namun penting, misalnya jangan pernah memberikan PIN/Password kita kepada orang lain dengan alasan apapun, hal ini untuk mengurangi risiko keamanan kita.


Dalam era teknologi digital, Edison juga dituntut untuk dapat mengikuti perubahan serta mampu mengidentifikasi teknologi-teknologi yang berpotensi mendorong kemajuan perusahaan, memotivasi, menginspirasi serta memainkan peran leadership yang lebih besar dalam transformasi digital.