Close

Berita

FireEye Executive Luncheon In Banking Industries

Friday, 09 December 2016

Jakarta, 8 Desember 2016—MII bersama FireEye mengadakan Executive Luncheon secara eksklusif dimana para top manajemen akan berdiskusi tentang banyak hal, salah satunya adalah tentang aspek keamanan informasi guna mengatasi ancaman terhadap keamanan informasi dalam industri perbankan dan istitusi finansial termasuk kerjasama antar lembaga untuk bersama-sama mengatasinya.

Sjafril Effendi, Presiden Direktur MII berkenan membuka acara dilanjutkan dengan CTO APAC FireEye Inc, Bruyce Boland yang menjelaskan tentang tren keamanan informasi saat ini serta pentingnya terhadap perlindungan data dan informasi dalam sebuah organisasi khususnya perbankan dan institusi finansial.

Kemudian Titu Permana, MPP Deputy Director IT Bank Indonesia berkesempatan memaparkan kondisi kejahatan didunia siber saat ini yang sudah menjadi sebuah layanan (Criminal as a Service), serta ancaman-ancaman nyata terhadap industri perbankan dan institusi finansial. Sinergi antara kontrol terhadap People awreness dan Process dalam penerapan system management keamanan informasi, serta penerapan Tehcnology yang tepat akan sangat ampuh dalam menghadapi ancaman terhadap keamanan data dan informasi, demikian menurut perspektif Titu Permana.

Pada pemaparannya, Titu Permana juga menjelaskan bahwa industri perbankan dan institusi finansial sudah memiliki peraturan mengenai management risiko dan kemanan informasi, diantaranya adalah Peraturan Bank Indonesia (PBI 9/15/2007), serta lampiran Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI 9/30/DPNP) tentang penerapan manajemen resiko dalam penggunaan TI oleh bank umum.

Perbincangan pun menjadi semakin menarik pada saat Senior Manager Mandiant Services, Steven DSA, dalam pemaparannya menjelaskan bagaimanan proses investigasi dan digital forensic dilakukan oleh Mandiant Services, sebagai informasi Mandiant Services adalah salah satu entitas dari FireEye Inc, yang bergerak pada layanan konsultasi incident response dan digital forensic. Mandiant dikenal oleh publik ketika ramai terjadinya serangan hacker terhadap SONY PICTURES dan Bangladesh Bank, dimana investigasi dan digital forensic menggunakan jasa Mandiant Services.

Terkait dengan acara ini Edwin Octosa, Product Sales Director MII berkesampatan memberikan rangkuman bahwa peran sinergi antara people process dan technology sangat penting didalam keamanan informasi, karena keamanan informasi saat ini tidak hanya menjadi isu orang perorang atau organisasi saja melainkan sudah menjadi isu nasional bahkan internasional. Dan MII sebagai perusahaan solusi TI, dapat memberikan solusi dalam menghadapi ancaman keamanan baik untuk saat ini maupun yang akan datang. Dari perspektif teknologi diantaranya berkerja sama dengan FireEye Inc, maupun dari persepktif people dan process yaitu dengan fokus dalam mengembangkan layanan konsultasi keamanan informasi.

Turut hadir dalam acara tersebut beberapa petinggi perbankan serta institusi finansial.