Close

Berita

HR For The Future By SOLTIUS & NAKISA

Friday, 24 April 2015

Jakarta, 21 April 2015—Bertempat di hotel bilangan Jakarta Selatan, JS Luwansa, Seminar yang bertemakan “HR For the Future” yang diselenggarakan oleh PT Soltius Indonesia (SOLTIUS) dan NAKISA, membantu menawarkan solusi dengan memvisualisasikan Organizational Information serta memahami efek dan risiko HR Transformation Initiatives. Untuk menjawab tantangan terhadap keadaan ekonomi yang fluktuatif yakni menuntut repetitive kompetitive, perusahaan harus melakukan adaptasi dan berevolusi. Untuk menanggapi hal tersebut, perusahaan perlu melakukan penyesuaian terhadap perubahan proses manajemen yang berfokus pada struktur, alokasi biaya, talent strategies yang berkesinambungan dengan aktivitas bisnis sehari-hari.

Acara dibuka oleh Kwee Ie Tjien, Director Sales dengan memperkenalkan SOLTIUS melalui sejarah SOLTIUS, visi misi, solusi bisnis yang ditawarkan, customer reference,  serta kemitraan SAP Human Capital Management (HCM) dengan NAKISA.

Acara kemudian dilanjutkan dengan perkenalan NAKISA oleh Aju Murjani, Vice-President Asia Pacific & Japan. Aju mengatakan bahwa HCM adalah hal yang penting bagi setiap perusahaan. Dalam hal ini, Nakisa menawarkan solusi HCM termasuk di dalamnya terdiri dari 3 pilar, yaitu Organizational Management, Talent Management, dan NAKISA Accelerators. Digambarkan oleh beliau, NAKISA merupakan sistem yang user friendly, dan didalamnya juga diperuntukkan bagi SAP. NAKISA bukan hanya menampilkan sehubungan dengan talent management, tetapi juga membantu melakukan talent management tersebut sehingga lebih efektif dan efisien dan karyawan dapat terbantu setiap harinya. Nakisa pertama kali diperkenalkan tahun 2001, dan sudah menjalin kerja sama dengan SAP semenjak 8 tahun lalu. Beberapa perusahaan besar yang sudah menggunakan NAKISA adalah Thai Airlines, Pertamina, Petronas, Public Service Division, UOB Bank, Bangkok Airways, dan lain-lain. Demikian penjelasan Aju Murjani perihal rangkuman pengenalan NAKISA.

Selanjutnya Harry Prabowo, Consulting Manager SOLTIUS mempresentasikan mengenai HR dan relevansinya terhadap dunia bisnis dan pentingnya suatu langkah inovasi di masa sekarang ini dengan judul “Leading to the Future.” Beliau menyampaikan hasil survey yang dilakukan, salah satunya survey yang dilakukan dari Deloite University bahwa perusahaan selalu mencari orang-orang yang berkompeten di bidangnya.

Masih dalam topik yang sama, Victor Surya, Senior Consultant SOLTIUS, menjelaskan secara detil mengenai SAP Organization Visualization by Nakisa, yaitu bagaimana tugas-tugas dari karyawan dibagi dan dikelompokkan secara lengkap melalui NAKISA, karena semakin besar suatu struktur perusahaan, semakin rumit cara untuk memahami strukturnya. Melihat permasalahan tersebut, NAKISA dapat memvisualisasikan Organizational Structure dengan mudah dimana tugas dan hubungan antar karyawan terlihat secara jelas. NAKISA juga memiliki fitur smart search berdasarkan nama, NIK (Nomer Induk Karyawan), ataupun nomer telepon karyawan sehingga mempermudahkan pencarian data karyawan.

Victor menambahkan bahwa salah satu kesulitan di dalam mengelola data HCM adalah kesulitan untuk mencari data yang bersih atau konsisten, oleh karena itu modul Org Audit yang berfungsi memonitor seluruh data HCM dan akan memberitahu user ketika ada data yang tidak valid. Agar peserta seminar lebih memahami solusi yang disampaikan, mereka diberikan juga penerapan langsung dalam demo yang di lead oleh Gerald Chow, perwakilan dari NAKISA. Gerald mempraktekkan secara langsung cara kerja NAKISA dan fitur-fitur yang ditampilkan serta keunggulannya.

Peserta seminar aktif bertanya tentang ketertarikan mereka terhadap NAKISA dan langsung ditanggapi oleh Victor dan Gerald. Seminar diakhiri dengan makan siang bersama sambil berdikusi ringan dengan konsultan SOLTIUS Indonesia.