Close

Berita

Inspirasi Digital Business Platform

Thursday, 25 April 2019

Jakarta, 23 April 2019 —PT Metrodata Electronics Tbk (ME) dan  IBM  berkolaborasi untuk menyajikan informasi seputar solusi Cloud (Awan) yang berlangsung di Hotel Mulia. Seminar ini dibuka oleh Kasriandi, Presales Consultant Manager ME. Kasriandi membuka seminar dengan memaparkan bahwa kini dunia semakin terkoneksi secara digital. Perkembangan teknologi digital semakin dinamis dengan munculanya beragam penyedia jasa cloud computing & cloud storage. Layanan public cloud berdampak pada perubahan desain arsitektur TI. Workload aplikasi dibagi menjadi model on-premise, off-premise, dan public cloud.

Pembicara pertama oleh Raphael Fabiano, IBM Global Market Cloud Sales IBM Indonesia yang membawakan materi presentasi dengan topik “The Future of Cloud Computing”. Beliau menjelaskan bahwa cloud computing berkembang sebagai solusi IT Hybrid dimana multiple cloud digunakan pada berbagai industri. Pengambil keputusan TI membutuhkan mekanisme untuk menyederhanakan pengelolaan, mengintegrasikan layanan, dan mengotomasi perpindahan data pada ekosistem multi cloud. Cloud workload harus dapat diantisipasi dengan baik dan mudah dikelola secara terpusat. Untuk mencapai hal tersebut sebaiknya perusahaan harus mampu membangun infrastruktur TI yang responsif. Dengan demikian seminar ini disediakan untuk memberi wawasan teknologi mengenai multi cloud management, robotic process automation, dan konsep containerization.

Pembicara kedua oleh Mohammad Rama Putra, Presales Consultant ME yang membawakan materi presentasi dengan topik “Embracing Efficiency Through Robotic Process Automation”. Rama Putra menjelaskan bahwa kini manusia tidak dapat hanya mengandalkan ilmu yang diperoleh dari sekolah maupun kampus, namun juga perlu menggali dan mempelajari kompetensi lainnya dari berbagai sumber untuk meningkatkan kreatifitas dan produktifitas mereka dalam menghadapi industri 4.0. Di beberapa perusahaan di Indonesia sudah mulai banyak robot atau pekerjaan karyawan yang dialihkan ke mesin karena pekerjaan karyawan tersebut melakukan banyak kegiatan bersifat administratif secara berulang sehingga dapat dialihkan otomatis menggunakan mesin dengan teknologi digital yang semakin canggih.

Lalu bagaimana dengan karyawan yang digantikan pekerjaannya oleh mesin? Mereka akan lebih fokus pada pelayanan dan menjalin hubungan kepada pelanggan dimana mesin tidak dapat melakukan komunikasi lebih humanis kepada manusia. Dari seminar ini diharapkan dapat memberikan inspirasi & pengalaman baik mengenai bagaimana teknologi IBM dapat mendukung organisasi dalam mengelola cloud workload dan multiple cloud secara sederhana dan terpusat.