Close

Berita

Kick Off Salesforce Management Project Di PT United Tractors Tbk

Monday, 26 January 2015

Jakarta, 19 Januari 2015—PT United Tractors Tbk (UT) mengawali awal tahun ini dengan sebuah gebrakan yang sangat besar. Pertengahan Januari ini UT telah melakukan Kick Off proyek yang diberi nama Salesforce Management Project yang bertempat di gedung Corporate University United Tractors – Ruang Discovery lt.4.

Dalam acara kick off, turut hadir masing-masing pihak dari UT, MII maupun tim Salesforce dan Soltius. Dari pihak UT hadir Board of Directors yang diwakili Bapak Gidion Hasan, Wakil Presiden Direktur; Bapak Loudy Irwanto Ellias dan Bapak Iman Nurwahyu, Direktur; para kepala divisi dan senior manager operation beserta support (Business & Branch Operation, Truck Operation, Mining & Site Operation, Marketing, Corporate Information System, Finance, Human Capital and Service Division). Sedangkan MII hadir  Bapak Sjafril Effendi, Presiden Direktur beserta tim—termasuk didalamnya tim SAP dari PT. Soltius Indonesia dan ibu Aisha Ramadhani, Enterprise Sales Manager Salesforce.com.

Projek Salesforce ini sendiri terdiri dari 2 (dua) phase yaitu phase pertama Salesforce implementation untuk lingkup proses Sales Distribution termasuk di dalamnya knowledge management; sedangkan phase ke-dua SAP implementation untuk lingkup proses Inventory Planning. Dengan mengimplementasikan salesforce system diharapkan dapat mendukung kegiatan operasional UT terutama pada unit bisnis dengan dukungan ICT (Information & Communication Technology) yang tepat guna dengan mobility access (anytime & anywhere with offline/online access), real time terintegrasi dengan SAP dan sistem lainnya (menghilangkan double entry) dan real time report beserta dynamic dashboard; yang mana pada akhirnya dapat mendukung pencapaian target dalam menekan Loss Coverage max 10%, mencapai Sales Plan Accuracy 90% dan Inventory Plan Accuracy 90%.

Adapun rangkaian acara Kick Off ini diawali dengan sambutan oleh Bapak Loudy Irwanto Ellias mewakili BOD UT. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ada 3 elemen strategi transformasi dalam mengimplementasikan suatu improvement project yaitu dari sisi People – Process – Infrastructure.

Dengan konsep dan proses bisnis yang efektif dan efisien didukung oleh suatu ICT yang tepat guna dengan peran dan tanggung jawab setiap pelaku proses yang jelas, serta keterlibatan leader sebagai first change agent dalam mengimplementasikan proyek ini termasuk didalamnya dalam melakukan review, coaching  dan monitoring diharapkan dapat mendukung pencapaian target proyek yang telah ditetapkan.

Disambung dengan kata sambutan dari Bapak Sjafril Effendi, Presiden Direktur MII yang menyampaikan pengalamannya dalam mengimplementasikan Salesforce.com sebagai salah satu tool internal MII.

Selanjutnya, penjelasan mengenai salesforce management project dari Bapak Chandra Kosasi dan Bapak Ceisar Centiaga, Salesforce Management Project Leader dengan menekankan pada 3 faktor penting yang menentukan keberhasilan sebuah implementasi, yaitu faktor komunikasi, kerjasama dan komitmen. Ketiga faktor ini saling bersinergi dalam memperlancar berjalannya sebuah proyek dan turut menjaga keberhasilan kerja tim, dimana pihak UT dan MII-Soltius adalah satu kesatuan yaitu ONE team dan ONE goal. Melengkapi presentasi Salesforce Management Project, Ibu Lidya Dewi, Consulting & Business Manager Salesforce MII menjelaskan tentang komposisi tim yang terdiri dari 8 orang MII-Soltius, timeline yang terdiri dari Phase ke-1 dicanangkan Go Live di awal Juli 2015 dan Phase ke-2 menyusul Go Live di awal September 2015.

Sebagai acara puncak salesforce management project, Wakil Presiden Direktur UT Bapak Gidion Hasan dan jajaran direksi  lainnya serta presiden direktur MII melakukan penandatanganan commitment to action yang diikuti oleh project owner, project leader dan seluruh anggota tim proyek baik dari UT, Salesforce.com, MII dan Soltius.