Close

Berita

Realtime Reporting To Improve Finance And Administration Services

Thursday, 30 July 2020

[Testimoni]

Latar Belakang Perusahaan

Perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan pembiayaan didirikan dengan satu tujuan yang jelas, yaitu memberi layanan finansial yang lebih baik dan lebih efisien kepada setiap konsumen dengan memanfaatkan teknologi online terbaru kami.

Dengan Teknologi Online akan memudahkan akses kepada seluruh Konsumen, sehingga pengajuan Layanan Financial dapat mereka lakukan dimana saja dan kapan saja.

Tantangan Bisnis

Sebagai perusahaan fintech di Indonesia dengan TKB90 di atas 99%, perusahaan berkewajiban untuk secara rutin memberikan laporan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain laporan kepada OJK, finance manager juga perlu memberikan laporan aging borrower/lender secara berkala kepada CXO’s.

Sebelumnya, finance manager bekerja secara manual dengan mengolah data dalam jumlah besar dari front end, dan menuangkan informasi tersebut ke dalam spreadsheet. Kondisi ini menyebabkan pelaporan tidak menjadi tepat waktu dan sangat rentan pada Human Error.

Strategi & Solusi

Metrodata menawarkan solusi Oracle Netsuitesebagai ERP berbasis Cloud, dan mampu menampilkan informasi ke management dashboard dengan tepat waktu.

Selain itu, Metrodata juga melakukan integrasi Oracle Netsuite dengan front-end system, menggunakan Web Service. Sehingga data di Oracle Netsuite dapat selalu up to date mengikuti transaksi yang terjadi di front-end system.

Metrodata juga memberikan advice terkait dengan common practices yang ada di perusahaan FSI, sehingga dapat meminimalisir adanya gap solusi antara business practices dengan ERP capability.

Transformation

  • Real Time Transaction.Dengan adanya integrasi antara front-end system dengan ERP Oracle Netsuite, tidak ada lagi proses pengolahan data secara manual yang perlu dilakukan oleh bagian Finance, khususnya untuk pelaporan ke pihak OJK.
  • Aging Borrower/Lender at the transaction level.Setiap transaksi yang terbentuk di front-end system dibawa secara detil ke dalam Oracle Netsuite. Termasuk transaksi yang masih outstanding, sehingga finance manager dapat melakukan proses menggali sampai ke level paling detil.
  • User-Role Access.Data yang ditampilkan kepada setiap pengguna sangat spesifik sesuai dengan peranan yang diberikan. Di mana KPI, Metrics, Reminder, dan lain-lain dapat disesuaikan dengan peranan dari tiap pengguna.