Close

Berita

Respond To Market Dynamics Faster With SAP

Wednesday, 04 March 2015

SOLTIUS kembali menarik perhatian para ‘pemain’ industri Consumer Packaged Goods (CPG) dengan menyelenggarakan event bertajuk “Respond to Market Dynamics Faster with SAP” bertempat di Saphire I Room, JW Marriott Hotel, Jakarta (25/2).

Perkembangan bisnis yang semakin kompleks di setiap industri khususnya industri CPG membuat perusahaan memerlukan suatu sistem yang terintegrasi dengan baik. Sistem ERP yaitu SAP dalam hal ini menjadi suatu solusi untuk integrasi fungsi bisnis yang ‘melahirkan’ data yang tepat dan akurat serta pengambilan keputusan yang lebih cepat.

Acara dimulai dengan memperkenalkan unit bisnisPT Soltius Indonesia (SOLTIUS) yang dibawakan oleh Tico Kamayana selaku Presiden Direktur. Beliau mengemukakan mengenai apa itu SOLTIUS beserta visi misi kedepannya yang mana untuk membantu bisnis proses perusahaan dengan berbagai industri, terutama CPG. Harapannya adalah para pelaku bisnis dapat ‘bertarung’ di lapangan dengan menyediakan dan menggunakan bisnis proses yang sesuai dengan indutrinya masing-masing. Beliau menambahkan services yang ditawarkan oleh SOLTIUS tidak sampai hanya di implementasi proses melainkan dapat membantu customer sampai ke sisi support. Hal tersebut terbagi atas Application Management Services (AMS) dan Annual Maintenance Contract (AMC).

Selanjutnya presentasi dipaparkan oleh Sugiharto Marsikin selaku Consulting Manager. Dalam presentasinya, beliau mengupas habis mengenai tren konsumsi CPG di Indonesia, solusi untuk menghadapi tren tersebut serta menyajikan bagaimana SAP ERP menjawab tantangan yang dihadapi. Beliau menyampaikan bahwa berkembangnya teknologi juga mempengaruhi daya beli konsumen di dalam dunia bisnis yang juga berujung pada customer loyalty. Dalam hal ini ‘pemain’ bisnis harus memahami pasar mana yang ingin dituju beserta kebutuhan dari konsumen merupakan hal yang harus di highlight dalam proses ini.

Lincoln K. Luhukay selaku Technical Consultantmembuat suasana acara semakin menarik dengan mengangkat topik pembahasan ’Business Intelligence – The Path Leading to Unquestionable Succes’. Yang paling menarik adalah ketika Lincoln menjelaskan beberapa challenge yang dihadapi oleh indurtri CPG antara lain kompetisi yang semakin ketat serta customer yang cenderung lebih selektif. Dalam hal ini, Business Intelligence mempunyai peranan penting yaitu dalam hal mengatur informasi dengan baik, ‘menguatkan’ sumber daya yang ada dan mengoptimalkan fungsi IT. Beberapa demo tampil pada penutup materi yang disampaikan seperti adalah Simple Finance dan Analisis dengan Lumira.

Masih seputar topik yang tidak jauh berbeda, Kalyana P Winata mengemukakan idenya dengan mendiskusikan “Run your business in real time with HP Converged System for SAP HANA”. Beliau menyampaikan fakta bahwa pada saat ini salah satu pengguna terbesar SAP HANA adalah HP.

Peserta seolah ‘tersedot’ perhatiannya akan acara yang baru usai. Terbukti dari sekitar 5 pertanyaan quiz yang berhasil dipecahkan oleh beberapa peserta. Tidak ingin membuang waktu, sebagian dari mereka melanjutkan diskusi sembari diselangi dengan makan siang bersama para konsultan SOLTIUS Indonesia.