Close

Berita

SAP Future Mining Forum 2015

Monday, 23 February 2015

Jakarta, 17 Februari 2015—Bertempat di Mutiara Ballroom, The Ritz Carlton, Jakarta, Soltius terlibat dalam event yang diselenggarakan oleh SAP Indonesia bersama Majalah Tambang.

Acara dengan tema Future Mining Forum 2015 ini bertujuan untuk ‘memecahkan’ tantangan yang dihadapi oleh industri serta organisasi pertambangan dan menemukan fungsi solusi SAP di dalamnya.

Megawathy Khie, Managing Director SAP Indonesia membuka acara tersebut dengan memaparkan bagaimana pentingnya transformasi bisnis di tengah medan yang semakin kuat. Beliau menambahkan bahwa transformasi bisnis dalam bentuk teknologi informasi merupakan cara yang paling tepat untuk mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis pada sebuah perusahaan atau organisasi.

Pembahasan dilanjutkan dengan tema presentasi lebih mendalam yaitu “Mining One Map Indonesia (MOMI)” in Mining Governance serta ‘Enabling the Mining Industry in Indonesia to Meet Future Challenges; A Promise of Information Technology’ yang dipaparkan olehVimal Gaba, Director, Mining and Mill Products, Industry Business Unit, SAP. Point yang disampaikan dalam pembahasan tersebut tidak lain adalah peran penting yang ‘dimainkan’ oleh industri ‘mining’ dan ‘mineral’ yang berpengaruh dan memiliki peran yang amat besar terhadap nilai dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 60 peserta ini berhasil memukau dengan menampilkan beberapa guest speaker yang berbagi pengalamannya di indutri pertambangan. Mulai dari solusi SAP yang dapat digunakan, tren yang dihadapi oleh indutri saat ini, cara mengoptimalkan serta mengelola siklus komoditas, sampai dengan inovasi IT yang ditawarkan. Semua dikupas dalam beberapa perwakilan presentasi yang dibawakan oleh SAP, PT Antam Tbk dan G-Resources Martabe.

Selepas break, diskusi panel serta tanya jawab mewarnai acara tersebut yang diwakili oleh beberapa forum. Harapan yang terlintas dalam beberapa pertanyaan tersebut hanya satu yaitu mereka bisa menggali lebih dalam mengenai peranan teknologi informasi dalam sebuah industri ‘mining’ serta bagaimana membentuk era digital di masa depan yang mempunyai efek besar terhadap industri di Indonesia.

Menjelang akhir acara, peserta mengunjungi beberapa speaker serta mendatangi beberapa booth partner yang ada pada acara tersebut. Seolah tidak cukup sampai disitu, beberapa peserta ‘memuaskan’ rasa keingintahuannya akan industri ‘mining’ serta solusi SAP secara lebih lanjut.