Close

Berita

Susanto Djaja, CEO PT Metrodata Electronics Tbk Terima "Indonesia Most Admired CEO Award 2016"

Friday, 09 December 2016

Jakarta, 8 Desember 2016—Susanto Djaja, CEO PT Metrodata Electronics Tbk menerima penghargaan sebagai “Indonesia Most Admired CEO Award 2016” yang diserahkan oleh Founder Warta Ekonomi Fadel Muhammad dan Pemimpin Redaksi Majalah Warta Ekonomi Muhammad Ihsan yang berlangsung di Grand Ballroom Pullman Thamrin, Jakarta. Turut hadir dalam malam penganugerahan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Tahun ini, Warta Ekonomi memberikan penghargaan kepada CEO idaman pilihan responden melalui Indonesia Most Admired CEO Award 2016. Acara ini digelar sebagai bentuk apresiasi yang diberikan oleh Warta Ekonomi kepada CEO Indonesia yang dinilai mampu menunjukkan kualitas dan citranya sebagai CEO idaman di mata karyawan perusahaan dan pembaca Warta Ekonomi.

Pemimpin Redaksi Majalah Warta Ekonomi Muhammad Ihsan mengatakan, menyandang predikat CEO idaman bukanlah sesuatu yang mudah. Sang CEO, sebutnya, harus mampu menghadapi berbagai ujian dan rintangan agar perusahaan yang dipimpinnya terus maju dan berkembang. 

"Prestasi yang dicapai oleh perusahaan merupakan cerminan prestasi CEO dalam mengejar target kinerja perusahaan," ujarnya.

Ihsan menjelaskan, penghargaan ini bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi para CEO perusahaan di Indonesia dalam meningkatkan strategi, inovasi, serta kualitas kepemimpinan mereka, dan mengapresiasi CEO perusahaan yang berkomitmen kepada karyawan, pelanggan, serta masyarakat umum.

Ia berharap, dengan adanya penghargaan ini, para pelaku bisnis di Indonesia terinspirasi dan termotivasi untuk meningkatkan kualitas kepemimpinannya, sehingga mampu menjadikan kinerja perusahaan yang dipimpinnya makin berkembang.

Adapun dalam proses penentuan pemenang Indonesia Most Admired CEO Award 2016 ini, tim Warta Ekonomi Intelligence Unit (WEIU) melakukan riset dengan menggunakan metode riset kualitatif dan kuantitatif. Metode riset kualitatif dilakukan dengan menggunakan desk research untuk mendapatkan gambaran awal mengenai kinerja perusahaan pada tahun 2016. 

Hasil desk research ini menjadi bahan awal untuk proses kegiatan riset kuantitatif pada tahap selanjutnya. Sementara itu, riset kuantitatif dilakukan melalui wawancara telepon dan pengumpulan data secara online. 

Survei online ini dilakukan kepada kelompok jobseeker, entrepreneur, dan worker dengan total 1.000 responden yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Adapun wawancara telepon dilakukan di lima kota besar Indonesia (Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bandung) dan ditujukan kepada karyawan yang memiliki pengalaman kerja serta jabatan  minimal manajer, dengan responden sebanyak 4.000 orang.

Sementara CEO yang dianggap layak memperoleh Indonesia Most Admired CEO Award 2016 adalah CEO yang banyak dipilih responden berdasarkan empat kriteria penilaian, yaitu, Kepemimpinan (Leadership Image), Profesionalisme (Professional Image), Citra Pribadi (Personal Image), dan Kinerja (Performance Image). Riset juga dibagi berdasarkan kategori Agribisnis, Perbankan, Teknologi Informasi, Transportasi, Telekomunikasi, Ritel, Pertambangan, Minyak dan Gas, Properti, Konstruksi, Otomotif, Consumer Goods, Farmasi, Sekuritas, Pembiayaan, dan Kategori Asuransi.

(Sumber: Warta Ekonomi)