Close

Berita

Synnex Metrodata Indonesia Bekali Pengusaha Di Timur Indonesia Hadapi Transformasi Digital

Monday, 18 November 2019

Makassar, 12 November 2019--Synnex Metrodata Indonesia (SMI) menggelar talkshow Bincang Usaha dengan tema “Tantangan & Peluang Bisnis dalam Menghadapi Transformasi Teknologi”. Bekerja sama dengan Harian Kompas, acara ini adalah roadshow lanjutan yang pernah diadakan di beberapa kota besar Indonesia.

Berbagai pengusaha dari kota Makassar dengan latar belakang bisnis yang berbeda bergabung dan berbincang mengenai hal-hal yang harus disiapkan perusahaan untuk menghadapi transformasi digital di Indonesia. Dihadiri oleh berbagai pembicara seperti Digital Transformation Coach, Frans Budi Pranata; Senior Channel Executive MNA Microsoft Indonesia, Khianto Liang; dan East Indonesia Channel Sales Lenovo Kurniawan Tiono.

Dalam pemaparannya, Frans menjelaskan bagaimana pasar akan selalu dinamis, kali ini perubahan kearah digital. Transformasi digital diperlukan agar perusahaan tetap dapat mengikuti dan memberikan solusi yang sesuai dengan permasalahan yang diahadapi oleh pasar.

Adaptasi perlu dilakukan agar tetap sesuai dengan pasar. Adaptasi tersebut mencakup model bisnis, produk, dan layanan dijual oleh perusahaan. Dapat dimulai dari memberdayakan sumber daya manusia yang ada dengan keterampilan mengenai dunia digital dan peralatan untuk menunjang era digital ini.

Frans melanjutkan, para pengusaha di Makassar ini mempunyai banyak hal yang dapat dikembangkan. “Tantangannya, mungkin mereka tidak se-update yang di Jawa, tapi mereka senang belajar dan tidak kalah agresif. Karena itu, keberadaan asosiasi dan komunitas menjadi sangat penting,” tutur Frans.

Setelah Frans, ada Christianto Rasli, Product Marketing Microsoft SMI yang melanjutkan gelaran talk show dengan memaparkan beberapa solusi yang disediakan Microsoft dalam menghadapi Transformasi Digital. Beliau juga mengatakan bahwa, Makassar bisa menjadi pintu bagi SMI untuk melayani kebutuhan produk information technology para pengusaha di wilayah Indonesia Timur. “Selama ini kita kebanyakan roadshow di Jawa, sekarang kita coba mulai dari kota Makassar, nanti kalau responnya bagus kita mungkin bisa merambah ke kota-kota lain yang ada di Indonesia bagian timur,” ungkapnya.

Tidak ketinggalan, Christianto juga memberi informasi mengenai electronic software delivery (ESD) dari SMI. Sebagai distributor resmi Microsoft di Indonesia, SMI memastikan keaslian software dan hardware yang dijual. Melalui ESD ini, konsumen dapat memperoleh product key Microsoft yang dibelinya melalui email. Sehingga, transaksi lebih cepat, mudah, aman, dan murah.