Close

Siaran Pers

CISO Executive Forum 2019. Pentingnya Seorang CISO Dalam Sebuah Organisasi

Friday, 22 February 2019

Jakarta, 21 Februari 2019—PT Mitra Integrasi Informatika (“MII”)— salah satu entitas anak Metrodata Group yang fokus dibidang Solusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (“TIK”), pada hari ini mengadakan kegiatan CISO Executive Forum 2019 berkolaborasi bersama CISO dan EC-Council dengan tema Sinergi CISO Execu­­tive 2019 Mempersiapkan Daya Tahan & Meningkatkan Maturitas Cyber Security Organisasi yang berlangsung di Jakarta.

Chief Information Security Officer lebih dikenal CISO, saat ini menjadi perbincangan hangat diantara Information Security Community. Posisi seorang CISO menjadi sangatlah penting dan sudah menjadi bisnis standar bagi perusahaan-perusahan di dunia saat ini. Di masa lalu seorang CISO dikenal sebagai seseorang yang memilki keahlian sangat teknikal dan memiliki berbagai macam jabatan yang bervariasi dalam sebuah Enterprise Security Function atau bahkan berasal dari seseorang yang memiliki skill dibidang jaringan yang sangat handal.

Saat ini, dengan semakin kompleks masalah dalam sistem keamanan suatu perusahaan, seorang CISO diharapkan tidak hanya sekedar memiliki kompetansi secara teknikal. Seorang modern CISO harus memiliki beragam keahlian dalam rangka melaksanakan tugas-tugasnya dalam merancang tingkat keamanan suatu organisasi dan saat ini merupakan investasi yang sangat berharga bagi organisasi.

“Dalam beberapa tahun terakhir, titik terpenting dalam Information Security Executive seperti IT Governance, Risk Management, Compliance dan Privacy telah meningkat secara dramatis dimana akan terus mengakibatkan kebutuhan Information Security Executive yang memilki tingkat pemahaman mendalam tentang isu-isu dan konsekuensi potensi mereka dalam organisasi. Menyikapi hal tersebut, MII menyediakan One Stop Cyber Security Solution. Dari aspek people, MII bekerjasama dengan EC-Council menyiapkan Cyber Security Education Solution mulai dari awareness program, technical sampai management level seperti CISO. Dalam aspek process, MII memiliki layanan Consulting and Advisory Services guna membangun aspek policy, procedure dalam menyelaraskan visi misi perusahaan termasuk aspek IT Security. Dan aspek technology, MII menyediakan ragam produk teknologi yang membantu organisasi mengamankan infrastruktur mereka”, demikian dikatakan oleh Sjafril Effendi, Presiden Direktur PT Mitra Integrasi Informatika.

Tanpa memiliki pemahaman yang dalam, sangatlah sulit untuk memberikan tingkat keamanan yang memenuhi persyaratan terkait sementara masih menangani komponen lainnya dari program keamanan informasi yang komprehensif.

Dengan kata lain, Governance; Security Risk Management, Controls & Audit Management; Security Program Management & Operations; Information Security Core Concepts; dan Strategic Planning, Finance & Vendor Management adalah 5 domain yang harus dimiliki oleh seorang CISO sebagai syarat, framework dan metoda yang berhubungan sangat erat untuk mencapai goal dan obyektif dari pengaturan, proses dan prosedur yang diterapkan di perusahaan serta memastikan terintegrasi dengan baik sepanjang masa.

CISO menjadi posisi yang sangat dibutuhkan dan memiliki kompensasi setara dengan posisi C-Level yang juga memegang peranan penting dalam perusahaan.

 

Tentang PT Mitra Integrasi Informatika
PT Mitra Integrasi Informatika (“MII”) didirikan tanggal 1 Maret 1996—salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics, Tbk yang fokus dibidang Solusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (“TIK”), MII menawarkan layanan TIK berbasiskan industri praktik terbaik. Untuk memberikan kualitas layanan tertinggi kepada pelanggannya, MII telah menerapkan standar mutu internasional ISO 9001:2000 dan telah ditingkatkan menjadi ISO 9001:2015 serta ISO/IEC 27001:2013, Sistem Keamanan Informasi sejak tahun 2015. Hal ini merupakan realisasi komitmen MII untuk meningkatkan mutu secara berkesinambungan demi kepuasan pelanggan. Informasi lengkap mengenai MII, silahkan kunjungi www.mii.co.id.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Melani Dwi Nastiti
Public Relations Officer
Telp: (62-21) 29345 888 ext. 2008
Fax : (62-21) 29345 899
Email: Melani.Nastiti@metrodata.co.id
contact@mii.co.id
www.metrodata.co.id