Close

Siaran Pers

Keberhasilan Perusahaan Consumers Goods Enesis Group Dalam Implementasikan Program SAP ERP System

Friday, 01 November 2019

Jakarta, 1 November 2019–  Grup Enesis sebagai perusahaan Fast Moving Consumers Goods berdiri di Indonesia sejak tahun 1988 telah menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan kesehatan dan kebutuhan rumah tangga melalui 11 brand yang terdiri dari produk-produk household & personal care (non food), seperti Soffell, Kispray, Antis, ForceMagic, dan Plossa Press & Soothe Aromatics. Produk ready to drink dan suplemen makanan (food) seperti Adem Sari, Adem Sari Ching Ku, Vegeta, Proman, Coolant, Tesona, dan Scrubber.

Karena cakupan bisnis Grup Enesis yang luas mulai dari pembelian, produksi sampai dengan penjualan di toko retail (online dan offline). Juga untuk mengimbangi pertumbuhan bisnis dengan ketersediaan dan kemudahan akses informasi, maka menjadi penting bagi Grup Enesis untuk dapat mengoptimalisasi kinerja operasional-nya. Kerumitan integrasi data hampir merupakan fenomena di perusahaan, belum lagi bagaimana mengolah, menyajikan dan menginterpretasikan data agar dapat dijadikan alat pengambil keputusan. Era big data sudah menjadi bagian yang tidak dapat dihindari oleh semua perusahaan yang ingin sustain di industri.

Budiman Goh (COO Enesis Group) mengatakan bahwa “SAP adalah market leader di software Enterprise Resource Planning (ERP) di dunia dan telah membantu berbagai macam ukuran perusahaan di berbagai macam industri. Dengan reputasi SAP terimplementasi di lebih dari 400 ribu perusahaan di dunia, Grup Enesis memutuskan untuk mengggunakan program SAP. Mengandeng SAP sebagai partner strategis adalah langkah strategis Enesis mengintegrasikan proses end-to-end dari pembelian hingga penjualan, secara tepat waktu dan akurat. Kami berharap Grup Enesis dan SAP Indonesia dapat tumbuh kembang bersama.” 

“Kami senang menjadi bagian dari perayaan Go-live Enesis SAP S/4HANA (ERP), SAP Analytics Cloud (SAC) dan SAP Business Planning and Consolidation (BPC). Dengan memilih SAP, Enesis sedang dalam perjalanan untuk menjadi perusahaan yang cerdas. Sebagai pemain terkemuka di industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG), kami menantikan perjalanan transformasi digital Enesis karena telah meningkatkan produktivitas dan operasi - yang akan mengarah pada pengalaman karyawan dan pelanggan yang lebih baik.” Kata Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia.

Dalam implementasi program SAP, Grup Enesis dibantu oleh PT Soltius Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dan telah membantu implementasi lebih dari 120 perusahaan, PT Soltius Indonesia telah menjadi partner yang handal bagi Enesis Group dalam mengidentifikasi kebutuhan Grup, memberikan rekomendasi solusi serta membantu selama proses transisi dan implementasi program SAP. Hal ini terbukti dengan waktu implementasi program SAP oleh Grup Enesis yang tergolong cepat dan tidak meleset dari rencana yaitu 6 bulan.

Budiman Goh juga menambahkan “Dengan terimplementasinya dengan cepat dan tepat waktu (6 bulan) Enesis dapat meningkatkan integrasi perencanaan sehingga meningkatkan efektivitas pelaksanaan operasional. Seluruh jajaran dapat memiliki akses atas informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga memudahkan Grup dalam proses pengambilan keputusan. Yang terpenting buat Grup Enesis adalah dengan adanya sistem yang handal kami siap untuk menjadi salah satu perusahaan terpercaya di bidang FMCG di Indonesia.” 

“Sebagai perusahaan FMCG terkemuka di Indonesia, Enesis Group berkomitmen untuk mengembangkan produk inovatif serta bertekad untuk menciptakan produk baru dan memperluas pasarnya baik secara lokal dan global. Dengan menerapkan SAP S/4HANA (ERP), SAP Analytics Cloud (SAC), dan SAP Business Planning and Consolidation (BPC), Enesis Group akan meningkatkan penyederhanaan proses bisnis berdasarkan praktik terbaik. Kami berkomitmen untuk memanfaatkan portofolio solusi yang inovatif guna memberikan nilai maksimal pada pelanggan kami,” kata Ketut S. Kamayana, Presiden Direktur PT Soltius Indonesia.
 

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi:

Elkana Lewerissa
Public Relations Head
Enesis Group
Telp : (021) 4609482 ext 3378
0812-1905-5441
Email : elkana@enesis.com


Tentang Enesis Group
Enesis Group adalah perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) yang berdiri pada tahun 1988. Enesis Group terdiri dari 3 perusahaan yaitu PT Herlina Indah, yang memproduksi produkproduk household & personal care (non food), seperti Soffell, Kispray, Antis, dan ForceMagic, PT Sari Enesis Indah, yang memproduksi ready to drink dan suplemen makanan (food) seperti Adem Sari, Adem Sari Ching Ku, Vegeta, Proman, dan Coolant, dan PT Marketama Indah untuk distribusi dan pemasaran produk-produk Enesis Group. 

Saat ini, Enesis Group telah mengembangkan jaringan produknya ke dalam berbagai kategori dan telah menjadi salah satu group FMCG yang menonjol di kawasan Asia. Enesis Group berpegang teguh pada komitmen untuk selalu menghasilkan produk-produk yang inovatif. Produk-produk Enesis telah dikenal sebagai merk yang terpercaya, dengan tekad kuat untuk memberikan yang terbaik demi kepuasan pelanggan. Selama bertahun-tahun, produk Enesis telah memenangkan berbagai penghargaan seperti Top Brand dan ICSA (Indonesia Customer Satisfaction Award). Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.enesis.com
 

Tentang PT Soltius Indonesia
PT Soltius Indonesia (“SOLTIUS”), didirikan pada 1998 merupakan perusahaan konsultan ERP terkemuka yang beroperasi di seluruh wilayah. SOLTIUS — anak perusahaan dari PT Metrodata Electronics Tbk (IDX: MTDL), dikenal sebagai salah satu mitra implementasi SAP terkemuka dan satu-satunya SAP ‘Platinum Partner’ di Indonesia yang telah membangun keberadaan yang kuat di pasar perusahaan menengah dan besar, membantu beragam industri dalam menjalankan bisnis mereka lebih baik. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.soltius.co.id
 

Tentang SAP
Sebagai Experience Company yang didukung oleh Perusahaan Cerdas, SAP adalah pemimpin pasar dalam aplikasi perangkat lunak perusahaan, membantu perusahaan dari semua ukuran dan di semua industri berjalan dengan sebaik-baiknya: 77% dari pendapatan transaksi dunia menyentuh sistem SAP®. Pembelajaran mesin kami, Internet of Things (IoT), dan teknologi analitik yang canggih membantu mengubah bisnis para pelanggan menjadi perusahaan yang cerdas. SAP membantu memberikan wawasan bisnis yang mendalam kepada orang-orang dan organisasi, sehingga mendorong kolaborasi yang membantu mereka menjadi terdepan dalam persaingan mereka. Kami menyederhanakan teknologi untuk perusahaan sehingga mereka dapat menggunakan perangkat lunak kami seperti yang mereka inginkan - tanpa adanya gangguan. Rangkaian aplikasi dan layanan end-to-end kami memungkinkan lebih dari 437.000 pelanggan bisnis dan publik untuk beroperasi secara menguntungkan, selalu beradaptasi, dan membuat perbedaan. Dengan jaringan global pelanggan, mitra, karyawan, dan pemimpin pemikiran, SAP membantu dunia berjalan lebih baik dan meningkatkan kehidupan masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.sap.com