Close

Siaran Pers

Laporan Keuangan Tahunan MTDL 2014 MTDL Capai Laba Bersih Rp 179,65 Miliar Atau Tumbuh Sebesar 57,95%

Tuesday, 31 March 2015

Jakarta, 31 Maret 2015 — PT. Metrodata Electronics Tbk (IDX: MTDL), sebuah perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terkemuka di Indonesia yang memiliki unit bisnis Distribusi, Solusi dan Konsultan Teknologi Informasi (“TI”), pada hari ini melaporkan penjualan tahun 2014 sebesar Rp 8,44 triliun, meningkat sebesar 15,28% dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp 7,32 triliun.

Tahun 2014merupakan tahun pertumbuhan yang luar biasa bagi MTDL. Pertumbuhan tersebut dikontribusikan karena Perseroan terus melakukan diversifikasi penjualan produk serta memperluas wilayah pemasaran ke kota-kota tingkat menengah seperti kabupaten atau kotamadya. Saat ini, MTDL telah menjangkau lebih dari 120 kota-kota di Indonesia.

Selain pertumbuhan yang diraih dari penjualan produk-produk Teknologi Informatika (TI), Perseroan juga memperoleh hak untuk turut memasarkan beberapa produk smartphone dan tablet yang diproduksi oleh pemegang merek TI sebagai mitra strategis Perseroan. Kerja sama ini telah membuka kesempatan bagi Perseroan untuk memasuki jalur distribusi smartphone dan tablet yang sebenarnya merupakan jalur distribusi yang berbeda dengan jalur distribusi TI. Saat ini, Perseroan telah memiliki lebih dari 1.500 dealer / reseller TI dan sekitar 400 dealer / reseller smartphone serta tablet. Mengingat pangsa pasar smartphone dan tablet yang sangat besar, Perseroan mempersiapkan divisi khusus agar fokus di dalam menopang penjualan smartphone dan tablet ini ke depannya.

Sementara itu, Perseroan menjadi salah satu pelopor yang menjual solusi komputasi awan kepada beberapa perusahaan nasional melalui kerja sama dengan mitra strategis pemegang merek. Atas hal ini, Perseroan mendapat beberapa penghargaan dari pemegang merek sebagai perusahaan yang menjadi inisiator dalam implementasi komputasi awan. Perseroan juga menawarkan innovation solution baru yaitu Business Discovery, Mobile Enterprise Application Solution, sertaCRM on the cloud.

Selama tahun 2014, Perseroan juga terus melanjutkan pengendalian terhadap biaya-biaya operasional perusahaan, sehingga pertumbuhan biaya operasional sebesar9,12% lebih rendah dari peningkatan penjualan sebesar 15,28%.

Di tengah kondisi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat yang melemah, Perseroan masih mampu untuk meningkatkan penjualan. Hal ini karena sebagian besar pemegang merek TI telah mengamankan harga jualnya di dalam Rupiah dengan melakukan hedging terhadap mata uang Dolar Amerika Serikat. Penjualan dalam Rupiah khususnya berlaku untuk segmen “consumer”, yang merupakan segmen terbesar dari penjualan Perseroan. Penetapan sebagian besar harga produk TI dalam Rupiah ini tentunya membuat harga di pasaran lebih stabil dan akhirnya mengurangi risiko kerugian kurs bagi Perseroan.

Alhasil, Perseroan berhasil membukukan laba bersih tahun 2014 sebesar Rp 179,65 miliar, meningkat 57,95% dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp 113,74 milyar.

Atas pencapaian kinerja dan berbagai prestasi yang diraih, pada tahun 2014 Perseroan menjadi satu-satunya perusahaan TI nasional yang masuk dalam Indonesia Fortune 100 Companies - Majalah Fortune Indonesia. Selain itu, Perseroan juga mendapatkan penghargaan bergengsi dari beberapa institusi lainnya seperti The Best 50 Companies – Majalah Forbes Indonesia, The Most Powerfull & Valuable Company – Majalah Warta Ekonomi, dan Top Emiten – Majalah Investor.

Perusahaan menetapkan target penjualan tahun 2015sebesar Rp 9,67triliunatau bertumbuh sebesar 14.45%.Mengingat terjadinya kenaikan harga BBM, UMR dan inflasi serta melemahnya kurs Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat di tahun 2015, tentunya hal tersebut meningkatkan biaya operasional perseroan. Alhasil, target Laba Bersih perusahaan tahun 2015ditetapkan sebesar Rp 200 miliar (atau bertumbuh 11,32%).

 

Mengenai PT. Metrodata Electronics Tbk
PT. Metrodata Electronics Tbk (“Perseroan”) perusahaan publik yang sahamnya tercatat di IDX (MTDL) sejak tahun 1990 dan merupakan salah satu perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terkemuka di Indonesia yang bermitra dengan perusahaan-perusahaan TI kelas dunia, diantaranya adalah Adobe, Alaric, Alcatel Lucent, APC, Apple, ASUS, Autodesk, Avaya, Aztech, Blue Coat, BMC Software, Check Point, Cisco, Citrix, CommVault, Cooler Master, Dell, Dlink, Double-Take, DSI, EC-Council, EMC, Emerson Network Power, EPSON, FalconStor, Fujitsu, Fuji Xerox, F5, Fortinet, Hitachi Data Systems, HP, Huawei, IBM, Infor, Intel, Juniper, K2, LiteOn, Lenovo, Logitec, Microsoft, Micro Mine, NComputing, NetApp, Oracle, OrangE, Philips, Panasonic, Pearson Vue, Prometric, Qlik, Riverbed, Ruckus, Salesforce, Samsung, SAP, Sony Smartphones, Splunk, Stratus, Symantec, Thonet & Vander, Trend Micro, VMware, WebMethods dan ZTE.

Perseroan adalah bagian dari kelompok usaha METRODATA yang telah berkiprah sejak 1975. Perseroan pada saat ini memiliki empat unit bisnis utama yaitu Bisnis Distribusi yang menangani bidang usaha distribusi kepada dealer, garansinya, dan layanan pemeliharaan pasca garansi; Bisnis Solusi yang menyediakan solusi lengkap TI dan komunikasi dari mulai perancangan, implementasi, IT managed services, konsultasi dan pelatihan; Bisnis Konsultasi yang menawarkan solusi bisnis inovatif mulai dari konseptual, pelaksanaan dan implementasinya, dan dukungan untuk transformasi bisnis; dan Bisnis Modern Retail dibidang usaha modern IT retail meliputi modern store, e commerce dan shop in shop. Informasi lengkap mengenai METRODATA, silahkan kunjungi www.metrodata.co.id.
 

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Randy Kartadinata, SE
Direktur dan Sekretaris Perusahaan
Telp: (62-21) 2934 5888
Fax : (62-21) 2934 5899
Email: Investor.Relation@metrodata.co.id
www.metrodata.co.id

 

 

Melani D. Rohi
Sr. Public Relations Officer
Telp: (62-21) 2934 5888 ext. 2008
Fax : (62-21) 2934 5899
Email: Melani.Nastiti@metrodata.co.id
www.metrodata.co.id