Close

Siaran Pers

METRODATA Jual Saham PT. Kepsonic Indonesia

Wednesday, 03 March 2010

Perihal:Keterbukaan Informasi Yang Harus Segera Diumumkan Kepada Publik

Dalam rangka memenuhi ketentuan peraturan Peraturan Nomor X.K.1. Lampiran Keputusan Ketua Bapepam Nomor: Kep-86/PM/1996 tanggal 24 Januari 1996, dengan ini diinformasikan bahwa pada tanggal 2 Maret 2010 telah ditandatangani Akta Perjanjian Jual Beli dan Pengalihan Hak Atas Saham Dalam Perseroan Terbatas PT. Kepsonic Indonesia No.22 dibuat di hadapan Irawan Soerodjo SH, Notaris di Jakarta, oleh dan antara (i) Perseroan (sebagai penjual) dan (ii) saudara Jang Samki, perseorangan, warga negara Korea Selatan (sebagai pembeli), yang merupakan fihak terafiliasi dari Wol Song Invalyue Co., Ltd., selaku pemegang saham utama PT Kepsonic Indonesia (”Kepsonic”) (”Perjanjian Jual Beli Saham”).

Sesuai Perjanjian Jual Beli Saham, Perseroan telah menjual seluruh saham miliknya dalam Kepsonic sejumlah 1.500 saham yang merupakan 30% dari seluruh saham Kepsonic kepada pihak tersebut di atas, dengan nilai transaksi sebesar USD 1,2 Juta (satu juta dua ratus ribu Dollar Amerika Serikat).

Alasan utama penjualan saham Perseroan dalam Kepsonic adalah sebagai berikut:

  1. Kepsonic bergerak di bidang usaha utama injeksi plastik dan merupakan suplier pada bisnis komponen elektronika, usaha mana bukan merupakan bidang usaha inti Perseroan;
  2. Kepemilikan saham Perseroan yang minoritas dan hanya sebesar 30% dalam Kepsonic;
  3. Tidak diperolehnya return yang cukup baik oleh Perseroan atas investasinya di Kepsonic;
  4. Rencana penambahan modal dalam Kepsonic sebesar USD 3,4 Juta (tiga juta empat ratus ribu Dollar Amerika Serikat) oleh pemegang saham Kepsonic lainnya akan menyebabkan dilusi signifikan atas kepemilikan saham Perseroan di Kepsonic menjadi hanya sebesar 17,85% (apabila Perseroan tidak berpartisipasi dalam peningkatan modal tersebut).

Hasil penjualan saham sebagaimana dimaksud akan digunakan Perseroan untuk membiayai modal kerja dan/atau untuk mengurangi hutang Perseroan.

Transaksi sebagaimana tersebut di atas bukan merupakan Transaksi Benturan Kepentingan maupun Transaksi Afiliasi dan juga bukan merupakan Transaksi Material sebagaimana dimaksud dalam peraturan Bapepam & LK.

Tentang P.T. Metrodata Electronics, Tbk.

P.T. Metrodata Electronics, Tbk (“Perseroan”) perusahaan publik yang sahamnya tercatat di PT. Bursa Efek Indonesia (IDX) dengan kode saham “MTDL” dan merupakan salah satu perusahaan teknologi informasi terkemuka di Indonesia yang bermitra dengan perusahaan-perusahaan teknologi informasi kelas dunia, diantaranya adalah APC, Autodesk, Blue Coat, BMC Software, CheckPoint, Cisco Systems, Citrix Systems, DELL, EMC, Emerson Network Power, EPSON, Hewlett-Packard, Hitachi Data Systems, IBM, Infor Global Solutions, K2, Kontinum, Lenovo, Microsoft, Nucleus, Netscout, Oracle, RSA Security, SAP, Software AG, Sun Microsystems, Symantec, Trend Micro dan Prometric.

Perseroan pada saat ini memiliki 2 unit bisnis utama yaitu Distribution Business yang menangani bidang usaha distribusi kepada mitra bisnis retail, garansinya, dan layanan pemeliharaan pasca garansi; dan Solution Businessyang menyediakan solusi lengkap teknologi informasi dari mulai perancangan, implementasi, outsourcing, konsultasi dan pelatihan. Ditahun 2009, Perseroan berhasil meraih peringkat 1 – Emiten Sektor Elektronika dan peringkat 11 dari Seluruh Emiten Tahun 2009 serta tahun 2008 Perseroan menerima penghargaan sebagai The Best Listed Company 2008 - Emiten Dengan Kinerja Terbaik Sektor Elektronika yang diberikan oleh Majalah Investor dan Globe Media Group. Informasi lengkap mengenai METRODATA silahkan kunjungi www.metrodata.co.id.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Susanto Djaja

Corporate Secretary

PT. Metrodata Electronics, Tbk.

Tel: (62-21) 5705998

Email: Susanto.Djaja@metrodata.co.id

Melani D. Rohi

Sr. Public Relations Officer

PT. Metrodata Electronics, Tbk

Tel: (62-21) 5705998 ext. 4271

Email: Melani.Nastiti@metrodata.co.id