Close

Siaran Pers

MTDL Manfaatkan Teknologi Bantu Teman Disabilitas: Luncurkan Chatbot TISA Berbasis Artificial Intelligence

Wednesday, 26 August 2020

Jakarta, 26 Agustus 2020 – PT Metrodata Electronics Tbk (“MTDL”), sebagai emiten digital solusi dan distribusi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (“TIK”), manfaatkan teknologi dengan meluncurkan TISA atau platform digital yang dirancang untuk penyandang disabilitas bersama dengan ThisAble Enterprise dan Kata.ai. Platform digital ini berupa chatbot yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan intelektual melalui kemampuan artificial intelligence. Sebagai perusahaan TIK, MTDL memberikan sumbangsih dalam mengimplementasikan dan mengintegrasikan chatbot melalui aplikasi WhatsApp kepada ThisAble Enterprise.

Susanto Djaja selaku Presiden Direktur MTDL menjelaskan, “Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesetaraan hidup penyandang disabilitas, Metrodata memberikan kontribusinya di dalam melakukan implementasi chatbot bernama TISA berkolaborasi dengan ThisAble Enterprise dan Kata.ai.”

TISA sendiri akan terbagi menjadi tiga fungsi, yaitu TISA sebagai Customer Service, Learning Center, dan Collection Reminder. Susanto melanjutkan, “Pada modul TISA, layanan Customer Service berbasis messenger sudah berfungsi untuk menjawab pertanyaan dan menangani keluhan para disabilitas yang hadir selama 24 x 7.”

Program chatbot dalam modul Customer Service ini berupa registrasi anggota ThisAble serta pengaduan layanan disabilitas (seperti masalah hukum, transportasi, sosial, pendidikan, seksual, keamanan, dan sebagainya).

Pengembangan modul selanjutnya akan terus dilakukan untuk dapat membantu teman-teman penyandang disabilitas dalam meningkatkan kompetensi/keahliannya serta memperoleh pekerjaan. Dan sebagai kelanjutannya aplikasi TISA ini akan dikembangkan pula untuk membantu memberikan notifikasi tagihan baik kepada penyandang disabilitas maupun kepada mitra pemberi kerja.

“Kami berharap MTDL melalui aplikasi TISA dapat terus membantu dan menjawab kebutuhan informasi teman disabilitas untuk mendapatkan akses pendidikan dan pekerjaan serta pengaduan ke Kementerian Sosial dan Ketenagakerjaan sehingga mereka mendapatkan hak dan kesetaraan sosial,” tutup Susanto.

 

Tentang PT Metrodata Electronics Tbk

PT Metrodata Electronics Tbk (“Perseroan”) perusahaan publik yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1990 (IDX: MTDL) merupakan perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terkemuka di Indonesia yang bermitra dengan perusahaan-perusahaan TIK kelas dunia. Perseroan pada saat ini memiliki unit bisnis utama yaitu Bisnis Distribusi (Providing World-Class ICT Hardware and Software) yang menangani bidang usaha distribusi kepada dealer dan perusahaan solusi TIK termasuk menjalankan bisnise-commerce. Jaringan distribusinya ada di lebih dari 150 kota di Indonesia dan memiliki channel partner lebih dari 4.000 dan memiliki lebih dari 100 brand produk dan jasa TI kelas dunia; Bisnis Solusi & Konsultasi (Digital Solution Provider to Help Companies Achieving Digital Transformation) yang menyediakan solusi lengkap TIK dari mulai konseptual/perancangan, implementasi, IT Managed Services, konsultasi dan pelatihan, dan dukungan untuk transformasi digital bisnis.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:

Randy Kartadinata
Sekretaris Perusahaan
Telp: (62-21) 29345 888
Fax : (62-21) 29345 899
 

F. Dion / Melani Dwi Nastiti
Investor Relations / Public Relations
Telp: (62) 816 112 8998/ (62-21) 29345 888 ext. 2008
Fax : (62-21) 29345 899
Email: Investor.Relation@metrodata.co.id
www.metrodata.co.id