Close

Siaran Pers

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) Tingkatkan Efisiensi Resmikan Logistic Center PT Synnex Metrodata Indonesia

Monday, 25 February 2019

Jakarta, 25 Februari 2019—PT Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”) yang merupakan salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) yang fokus dibidang Distribusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (“TIK”), pada hari ini meresmikan Logistic Center diatas lahan seluas 20.000 m2 di MM2100 Industrial Estate, Cibitung.

Pembangunan Logistic Center merupakan salah satu strategi SMI dalam membangun kompetensi sebagai perusahaan distribusi atas sarana logistik yang turut berpotensi meningkatkan efisiensi dari induk SMI, PT Metrodata Electronics Tbk. Dengan mempertimbangkan volume perdagangan SMI yang terus meningkat, manajemen melihat perlunya memiliki Logistic Center sendiri. Secara jangka panjang hal ini lebih menguntungkan dari sisi efisiensi biaya, maupun nilai investasi propertinya yang terus meningkat. SMI juga dapat menghemat biaya logistik di area Jabodetabek sebesar kurang lebih 35% dibandingkan dengan menyewa kepada pihak lain.

Direktur Independen dan Sekretaris Perusahaan MTDL, Randy Kartadinata mengungkapkan dengan diresmikannya Logistic Center ini, MTDL juga berupaya semakin memperkenalkan layanan unit bisnis Solusi terkait Logistic Center antara lain solusi Warehouse Management System (WMS) dan Transport Management System (TMS) guna mendukung proses pengelolaan gudang serta pengiriman secara online.

Solusi WMS ini sangat dapat diandalkankarena meminimalisasi human error, canggih, dan mengadopsi sistem komputerisasi terkini dan proses pelayanannya melalui solusi TMS guna mendukung proses pengiriman. Mitra bisnis dapat memantau langsung progres order yang mereka lakukan melalui Point of Delivery App yang diperkuat oleh SAP Cloud Platform (SCP), dengan menggunakan fitur-fitur Tracking Position, Fleet information, dan Delivery status. Layanan 24/7 order tracking solution juga dapat diakses, proses pembelian dan pemesanan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Sementara itu Direktur MTDL yang juga Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia, Agus Honggo Widodo, mengatakan, “Dalam bisnis distribusi yang menjadi kompetensi utama adalah sarana Logistik dan Sistem yang mengatur seluruh proses. Hal tersebut merupakan bagian dari visi SMI yang dapat kami realisasikan sehingga kami dapat menunjukkan kepada stakeholder bahwa kami sudah memiliki core business untuk mendukung mitra bisnis sehingga pengiriman barang menjadi lebih efisien.”

Logistic Center yang didisain 4 lantai dengan luas bangunan 22.000 m2 dibangun di atas sebagian lahan seluas 5.500 m2. Pembangunan ini untuk mengantisipasi pertumbuhan bisnis 5 tahun ke depan. Sedangkan kelebihan lahan akan dimanfaatkan oleh perusahaan untuk proyeksi kedepan sesuai dengan perkembangan bisnis. Biaya pembangunan Logistic Center ini adalah sebesar Rp120 miliar, di luar dari biaya pembelian tanah sebesar Rp61 miliar,” ungkap Randy sambil mengakhiri acara PeresmianLogistic Center.

SMI yang 50% sahamnya dimiliki oleh MTDL merupakan salah satu perusahaan distribusi terpercaya dan terbesar dengan kredibilitas perusahaan memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun dibidang teknologi informasi. SMI memiliki dan menerapkan sistem yang mutakhir; memiliki jaringan terbesar di 12 kota besar dan melayani lebih dari 150 kota di seluruh Indonesia; serta portofolio lebih dari 70 vendor teknologi kelas dunia; ditambah jaringan distribusi di lebih dari 4.000 jaringan distribusi di Indonesia.

 

Tentang PT Metrodata Electronics, Tbk
PT. Metrodata Electronics Tbk (“Perseroan”) perusahaan publik yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1990 (IDX: MTDL) dan merupakan salah satu perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (“TIK”) terkemuka di Indonesia yang bermitra dengan perusahaan-perusahaan TI kelas dunia. Perseroan pada saat ini memiliki tiga unit bisnis utama yaitu Bisnis Distribusi yang menangani bidang usaha distribusi kepada dealer dan perusahaan solusi TIK termasuk menjalankan business e-commerce; Bisnis Solusi yang menyediakan solusi lengkap TI dan komunikasi dari mulai perancangan, implementasi, IT Managed Services, konsultasi dan pelatihan; Bisnis Konsultasi yang menawarkan solusi bisnis inovatif mulai dari konseptual, pelaksanaan dan implementasinya, dan dukungan untuk transformasi bisnis.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Randy Kartadinata, SE
Sekretaris Perusahaan
Telp: (62-21) 29345 888
Fax : (62-21) 29345 899
Email: Investor.Relation@metrodata.co.id
www.metrodata.co.id

 

Melani Dwi Nastiti
Public Relations Officer
Telp: (62-21) 29345 888 ext. 2008
Fax : (62-21) 29345 899
Email: irfindo@gmail.com
www.metrodata.co.id