Close

Siaran Pers

Terobosan Baru PT Synnex Metrodata Indonesia Hadirkan Solusi Edukasi Dalam Bidang Keamanan Siber Untuk Pangsa Pasar Di Indonesia

Thursday, 26 September 2019

Jakarta, Indonesia, 26 September 2019—PT Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”)—salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics Tbk yang fokus dibidang Distribusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (“TIK”), pada hari ini mengumumkan kemitraan strategik dalam penyediaan solusi sertifikasi keamanan siber dengan International Council of E-Commerce Consultants (“EC-Council”), perusahaan terkemuka di dunia dalam penyedia jasa badan sertifikasi keamanan siber yang beroperasi di 145 negara di seluruh dunia dan 200.000 sertifikasi keamanan informasi profesional secara global. Berkantor pusat di Amerika Serikat, EC-Council menunjuk SMI sebagai Exclusive Distributor untuk memperluas pengembangan pendidikan dan sertifikasi profesi dibidang Cyber Security. EC-Council memiliki board member dari berbagai industri sebagai subject matter expert dalam pengembangan kurikulum e-business dan information security skills dan juga sertifikasi standar dari American Standard Insitute serta dukungan salah satunya dari Department of Defense USA dan CNSS - NSA USA.

Keamanan siber merupakan proses yang meliputi people, technology dan process. Untuk menerapkannya, diperlukan upaya dari semua pemangku kepentingan. Kita tidak dapat 100 persen aman namun setidaknya kita dapat memperkecil risiko dari ancaman siber.

Dalam era Digital Teknologi di mana data sudah menjadi aset perusahaan dan semakin kompleks, keamanan siber merupakan hal penting dan harus diterapkan. Serangan siber seringkali dirancang menjadi lebih rumit dipecahkan dan terorganisir untuk menyerang korporasi besar. Semua jenis tindakan serangan siber dilakukan dengan sengaja untuk mengganggu kerahasiaan (confidentially), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability) informasi. Keamanan siber dirancang guna melindungi jaringan, komputer, program dan data dari serangan siber. Hal ini penting dilakukan agar perusahaan memahami serta mengurangi risiko dengan melindungi seluruh informasi dan data yang merupakan aset terbesar perusahaan. Keamanan siber yang gagal diterapkan akan mengakibatkan masalah fatal jika data berpindah ke pihak lain. Dan tingkat kesadaran dari seluruh pengguna teknologi informasi mengenai keamanan siber sangatlah penting.

Diversifikasi portofolio produk yang dilakukan SMI merupakan salah satu terobosan baru dibidang pendidikan dalam pengembangan SDM yang terampil dan bersertifikasi khususnya dibidang keamanan siber.

“Saat ini SMI merasa bahwa keahlian keamanan siber di Indonesia masih sangat minim, oleh karena itu diperlukan tenaga terampil dan bersertifikasi khusus dibidang keamanan siber. Hal ini sangat diperlukan seiring dengan perkembangan teknologi seperti IoT, AI dan 5G, sehingga SMI turut berkontribusi dalam mempersiapkan Indonesia Maju dengan SDM yang unggul,” ujar Lie Heng, Direktur Solusi PT Synnex Metrodata Indonesia.

“Sebagai Exclusive Distributor EC-Council, SMI akan menyasar ke semua segmen dan industri dalam mempersiapkan SDMnya dengan mengembangkan business training dan sertifikasi dalam bidang keamanan sekuriti,” kata Lie Heng menambahkan.

“Kami merasa senang dan bersemangat untuk memulai kemitraan ini bersama PT Synnex Metrodata Indonesia, pemain TIK terbesar di Indonesia. Keamanan siber sudah menjadi hal yang mendesak bagi setiap perusahaan dan kami menawarkan solusi terbaik secara komprehensif edukasi di bidang keamanan siber. Kami akan mengembangkan solusi bisnis edukasi di keamanan siber secara holistik dan strategis bersama SMI sehingga dapat selaras dengan program pemerintah mengembangkan SDM yang terampil dan menciptakan peluang kerja baru di bidang keamanan siber,” ujar Tin Tin Hadijanto, Country Manager, EC-Council Indonesia.

Sebagai Exclusive Distributor EC-Council, manfaat lain yang akan diperoleh SMI selain memperkaya portofolio yang ditawarkan kepada pelanggannya, termasuk membuka kesempatan bisnis seluas-luasnya sesuai yang diinginkan, sehingga SMI dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan. SMI memiliki pusat distribusi yang tersebar di wilayah strategis di Indonesia didukung dengan tenaga penjualan dan logistik termasuk didalamnya tim Technical Advisor dan Professional Engineers yang mampu memberikan solusi bagi mitra bisnisnya. SMI juga memastikan dapat memberikan ragam layanan produk dan solusi dengan kualitas kelas dunia. SMI dan EC-Council akan erat bekerjasama menawarkan rangkaian solusi melalui channel SMI yang kuat di seluruh Indonesia.

 

Tentang PT Synnex Metrodata Indonesia
PT Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”) adalah perusahaan patungan (joint venture agreement) antara PT. Metrodata Electronics, Tbk (IDX: MTDL) dan Synnex Technology International Corp yang dibentuk pada awal tahun 2011. SMI fokus di bidang distribusi TIK dengan dua lini bisnis yaitu Solusi dan Distribusi, dan bermitra dengan perusahaan TI kelas dunia. SMI memiliki tujuh sentra distribusi antara lain di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan, dan Makassar serta didukung kantor logistic and sales force yang tersebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Dengan layanan yang efisien dan efektif, serta didukung oleh dealer dan reseller, SMI siap melayani berbagai kebutuhan para pelanggannya. Informasi lengkap mengenai SMI, kunjungi www.synnexmetrodata.com.


Tentang International Council of E-Commerce Consultants (EC-Council)
EC-Council merupakan badan sertifikasi keamanan siber terbesar didunia yang berkantor pusat di Amerika Serikat. EC-Council beroperasi di 145 negara diseluruh dunia dan EC-Council adalah pemilik serta pengembang dari program-program termasyur didunia seperti Certified Ethical Hacker (CEH), Computer Hacking Forensics Investigator (C|HFI), Certified Security Analyst (ECSA), License Penetration Testing (LPT) dan lain sebagainya. Program yang diluncurkan memiliki standar American Standard Institute (ANSI) dan di dukung  oleh Department of Defense USA, CNSS NSA USA, GCHQ UK dan lain-lain. EC-Council bangga telah melatih dan memberi sertifikasi ke lebih dari 200.000 profesional keamanan siber yang memiliki pengaruh ke banyak organisasi di seluruh dunia. Informasi lengkap mengenai EC-Council, kunjungi: https://www.eccouncil.org.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Melani Dwi Nastiti
Public Relations Officer
PT Metrodata Electronics Tbk
Telp: (62-21) 29345 888 ext. 2008
Email: Melani.Nastiti@metrodata.co.id
www.metrodata.co.id

Yulinny Christina
Marketing Communication Manager
PT Synnex Metrodata Indonesia
Telp: (62-21) 29345800 ext. 6674
Email: Yulinny.Christina@metrodata.co.id
www.synnexmetrodataindonesia.com