Salah satu bentuk strategi yang dapat diimplementasikan perusahaan adalah dengan menjaga resistansi dan melakukan inovasi. Oleh karena itu, pelaku bisnis perlu memahami dan mengimplementasikan perbaikan yang berkelanjutan atau continuous improvement.
Perbaikan yang berkelanjutan merupakan pendekatan dimana tim bereksperimen dengan perubahan kecil dalam cara kerja mereka, dan mengadopsi perubahan jika berhasil dalam konteks yang diberikan, serta mengabaikannya apabila gagal.
Kaizen merupakan filosofi kerja asal Jepang yang umumnya diimplementasikan oleh perusahaan. Pengertian kaizen adalah perubahan (kai) menjadi lebih baik (zen). Filosofi ini bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan pemborosan pada biaya yang tidak memiliki nilai tambah, serta proses kerja yang tidak optimal. Dalam penerapannya, Kaizen akan melibatkan seluruh karyawan pada perusahaan dari berbagai level, mulai dari yang top level management hingga lower level management.
Untuk mengimplementasikan Perbaikan berkesinambungan ini diperlukan suatu alat yaitu konsep yang dikenal sebagai Plan, Do, Check, Action (PDCA).
Dengan mengimplementasikan Plan, Do, Check, Action, terdapat banyak manfaat bagi perusahaan agar terus dapat berkompetisi.
Diantaranya:
Mengapa Implementasi Perbaikan yang Berkelanjutan Penting?
Untuk mengimplementasikan perbaikan yang berkesinambungan diperlukan pola pikir yang dapat menunjang keberhasilan implementasi tersebut. Diantaranya mistakes teach, others teach, learning organization, share learnings widely, celebrate learnings, measured improvement, small incrementals changes, behavior first.
Dengan menggunakan Plan Do Check Action dan pola pikir tersebut, diharapkan hasil positif dari implementasi perbaikan yang berkesinambungan dapat dirasakan oleh Perusahaan agar dapat terus bertahan di era yang kompetitif.
PT. Metrodata Electronics, Tbk.
APL Tower 37th Floor
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470
Contact Us:
P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id