Solusi Data Analitik Tercanggih dengan Google Cloud Platform

Data memegang peranan yang sangat penting dalam perusahaan, dapat dikatakan data merupakan aset penting perusahaan.

Melalui pengelolaan data, dapat memudahkan pengambilan keputusan, meningkatkan efisiensi, serta memunculkan inovasi baru. Sehingga, memanfaatkan data perusahaan dengan baik dan tepat adalah kunci ketahanan serta pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Teknologi Google Cloud Platform (GCP) menawarkan layanan terintegrasi yang efisien untuk mengelola data bisnis Anda secara terukur, andal, aman, dengan rangkaian database yang terkelola sepenuhnya. Dimulai dari pengumpulan data, pemrosesan data, analisa data, sampai dengan visualisasi data dapat dilakukan dalam 1 platform yang sama yaitu GCP. Data analitik melalui GCP dapat meningkatkan kapabilitas bisnis Anda untuk terus berkembang di era disrupsi dan perubahan yang sangat cepat melalui insight yang diolah dengan tepat secara real-time. 

 

Framework Data Analitik dengan GCP

Google Cloud Platform (GCP) berfokus dalam membangun platform data yang terintegrasi dengan kapabilitas yang tinggi. Layanan cloud-native GCP seperti App Engine dan Pub/Sub mampu menyimpan data ke dalam storage seperti Cloud Storage, baik data terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Kemudian data tersebut diproses dan dianalisis melalui service unggulan GCP yaitu BigQuery, yang merupakan cloud data warehouse terbesar di antara cloud provider lainnya. BigQuery memungkinkan Anda untuk tidak hanya melakukan analitik biasa, melainkan analitik data yang canggih dengan kapabilitas in-built machine learning. Selain itu, analitik data bisa dilakukan melalui Dataflow yang menyediakan analisis streaming yang terkelola sepenuhnya dengan penskalaan otomatis untuk mengurangi biaya, latensi, dan waktu pemrosesan. Data lalu divisualisasi menggunakan services seperti Cloud Data Studio yang menyajikan insights yang terstruktur untuk rekomendasi pengembangan bisnis Anda. Pemrosesan data ini dilakukan pada data center yang telah tersedia di Indonesia yaitu GCP Region Jakarta, dengan keamanan dan privasi yang telah terbukti dengan sertifikasi internasional dan nasional, serta menggunakan infrastruktur yang sama dengan Google.

GCP juga berfokus untuk memastikan layanan dapat diakses oleh berbagai persona dalam bisnis Anda, seperti data engineer, machine learning engineer, data analyst, business user, dan lainnya. Sehingga, Anda dapat berfokus dalam menemukan values dan insights daripada mengelola infrastruktur, dengan menggabungkan layanan cloud-native dengan alat open source sesuai kebutuhan, baik dalam mode batch maupun streaming yang menyediakan solusi data analytics. Dengan demikian, data yang Anda miliki dapat diproses untuk membuat keputusan yang baik, meningkatkan kualitas produk, berinovasi, dan banyak manfaat lainnya.

 

Cerita Sukses Customers - Data Analitik dengan GCP bersama Metrodata

Banyak perusahaan dari berbagai industri seperti industri bahan kimia, manufaktur, perbankan, dan retail telah mempercayakan Metrodata untuk solusi Data Analitik dalam GCP.

 

Tingkatkan kapabilitas bisnis Anda dengan layanan Data Analitik GCP bersama Metrodata!

Metrodata berhasil mendapatkan akreditasi baru dari Google sebagai Google Cloud Analytics Partner Expertise. Akreditasi ini merupakan akreditasi yang didapatkan melalui berbagai validasi ekstensif dan pemenuhan berbagai kriteria tertentu. Hal tersebut membuktikan kemampuan Metrodata kepada bisnis Anda untuk memberikan layanan yang sangat terspesialisasi di bidang Data Analytics.

 

Ingin berdiskusi lebih lanjut dengan kami? Hubungi kami dengan satu klik email.

 

 

 



Metrodata logo

PT. Metrodata Electronics, Tbk.

APL Tower 37th Floor 
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470

Contact Us:

P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id

social media