Berita & Kegiatan

  • Share:

Beralih ke AWS (Amazon Web Services) Cloud, Memastikan TI bergerak secepat kecepatan bisnis

Sejak dua dekade yang lalu, Garudafood telah mengintegrasikan IT-centric operation ke dalam bisnis mereka



Beralih ke AWS (Amazon Web Services) Cloud, Memastikan TI bergerak secepat kecepatan bisnis

PT Garudafood Putra Putri Jaya, Tbk

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) merupakan perusahaan bergerak dalam bidang industri makanan ringan di Indonesia. Kegiatan usaha sebagai perusahaan makanan dan minuman telah dimulai sejak tahun 1979 oleh keluarga pendiri melalui PT Tudung Putrajaya (“TPJ”). Sebuah perusahaan di Pati, Jawa Tengah, TPJ memasarkan produk kacang tanah dengan merek Kacang Garing Garuda, yang kemudian dikenal sebagai Kacang Garuda.

Beralih ke AWS (Amazon Web Services) Cloud, Menjamin bahwa TI bergerak layaknya kecepatan bisnis

Sejak dua dekade yang lalu, Garudafood telah mengintegrasikan IT-centric operation ke dalam bisnis mereka, berbagai aplikasi terus bertambah dan bagian dari bisnis yang berharga, khususnya untuk tim penjualan, logistik & manufaktur. Mereka selalu mengadopsi dan berinvestasi untuk teknologi yang mereka percaya dapat membantu pertumbuhan bisnis, bersaing dalam pasar & pada akhirnya menyediakan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Transformasi digital menjadi suatu keharusan, dan sebagai hasilnya, menjadi sebuah tantangan terbesar bagi TI dalam menyiapkan infrastruktur & kebutuhan sumber daya layaknya kebutuhan bisnis. Dibandingkan dengan investasi besar & mengelola infrastruktur yang kompleks, jaringan & keamanan; hal tersebut menjadi lebih jelas bahwa cloud merupakan pendekatan pertama yang terbaik.

“Kami memahami bahwa memadukan layanan cloud masuk ke dalam TI tidak dapat kami hindari. Global public cloud menawarkan layanan yang dapat meningkatkan operasi bisnis kami, tawaran yang paling berharga & pilihan terbaik bagi kami,” kata Johanes Hartanto, Chief Corporate Information Technology, Garudafood.

Layanan cloud merupakan cara yang ditempuh akhir-akhir ini, dimana hampir seluruh layanan & perangkat yang dibutuhkan oleh tim pengembang aplikasi dapat tersedia dalam hitungan menit. Tidak perlu menunggu persetujuan & pengiriman. Hal ini berarti, menjangkau pasar & melakukan bisnis lebih cepat.

“Pertanyaan selanjutnya, bagaimana & dimana kita mulai mengadopsi cloud?” lanjut Johanes. “Kami memiliki beberapa rencana penyegaran infrastruktur dan aplikasi terbaru seperti e-recruitments, online catalog & order booking, customer web support & service, termasuk didalamnya beberapa aplikasi mobiliti untuk back office.”

Penilaian teknis dari beberapa vendor cloud, telah kami selesaikan bersamaan dengan tinjauan komersial oleh Garudafood, dengan bantuan Metrodata sebagai Partner.

"Setelah evaluasi selama 3 bulan, dimana kami mempunyai pengalaman langsung menggunakan cloud AWS, kami menyimpulkan bahwa bagi kami AWS & Metrodata adalah pilihan yang tepat. AWS memiliki SLA terbaik, mudah dioperasikan, hadir dengan pengendalian keamanan yang tepat & pasar yang memungkinkan untuk menyediakan fitur pengamanan ekstra & semakin banyak,” kata Johanes.

Mudah untuk disatukan, Pendokumenan & Petunjuk Teknis yang lengkap

Tidak setiap cloud dibangun sama & tidak semua cloud menyediakan level yang sama ketika beralih & pemuatan beban kerja di cloud, apalagi meningkatkan kemampuannya. Sebagai pelopor Global Cloud Provider, AWS menyediakan bagi pelanggannya dengan panduan teknis yang lengkap dari berbagai ragam workloads, mulai dari ERP, databases, web application bahkan layanan yang spesifik/tidak umum.

“Hal ini merupakan salah satu faktor alasan mengapa kami memilih AWS, selain pasar AWS dimana kami dapat menyatukan layanan cloud kami dengan layanan teknologi dari vendor kami; mereka juga memiliki panduan yang lengkap & dokumen arsitektur dari seluruh beban kerja dimana kamidapat mengaksesnya dengan leluasa,” kata Johanes.

Dengan hal ini, pelanggan yang akan  bermigrasi lebih banyak atau membuat workload baru di cloud AWS dengan mudahnya dapat  menjamin,  mereka memiliki pemahaman bagaimana melakukannya bersama AWS mulai dari awal. Metrodata memiliki keahlian di berbagai macam workload di AWS (ERP, Big Data, windows, workload, databases, devops, dan lain-lain), pengalihan dari cloud & bukan sebagai proses yang menyiksa, menjaga lebih optimal.

“Biaya layanan cloud AWS menjadi lebih ringan dan dapat dipertimbangkan dari sudut pandang yang bernilai. Kami menyadari bahwa saat ini kami menggunakan cloud yang tepat dan dikemudian hari,” kata Johanes menutup pernyataannya.

Tantangan

  1. Memastikan tersedianya infrastruktur & kesiapan dari kebutuhan bisnis kapan saja.
  2. Model OPEX yang fleksibel, dibanding investasi besar yang dimulai dari awal.

Solusi

Mengintegrasikan Amazon Web Services, membayar pada saat digunakan, aman & model cloud yang fleksibel untuk bersaing dengan cepat—perubahan aplikasi yang cepat & kebutuhan layanan.

Manfaat

  1. Model OPEX, sebuah investasi yang pasti, apa yang kita bayar, itulah yang akan kita dapatkan.
  2. Di dalam AWS terdapat tuntunan teknis & acuan arsitektur yang lengkap.
  3. Secara luas—dengan menggunakan cloud, banyak vendor terbiasa dengan teknologi AWS, dibanding dengan vendor cloud lokal.
Back To List
Metrodata logo

PT. Metrodata Electronics, Tbk.

APL Tower 37th Floor 
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470

Contact Us:

P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id

social media