23 Jan 2023
  • Share:

Recommendation Artificial Intelligence (AI). Teknologi untuk Merekomendasikan Produk kepada Pelanggan

Recommendation Artificial Intelligence (AI) saat ini semakin masif digunakan di berbagai platform digital. Berbagai merek raksasa telah cukup lama memanfaatkannya

Recommendation Artificial Intelligence (AI) saat ini semakin masif digunakan di berbagai platform digital. Berbagai merek raksasa telah cukup lama memanfaatkannya, seperti Amazon, Google, Netflix, Lazada, Shopee, Grab,  termasuk merek lokal seperti Gojek, Tokopedia, dan Traveloka.

 

Faktanya adalah sebanyak 35% pembelian di Amazon berasal dari hasil rekomendasi produk.

 

Teknologi Recommendation AI

  • Merupakan sistem rekomendasi berbasis kecerdasan buatan yang menyarankan produk, jasa, atau informasi kepada pengguna berdasarkan hasil analisis data histori.

  • Recommendation AI digunakan untuk mempersonalisasikan pengalaman pelanggan agar penawaran kita lebih tepat sasaran.

  • Kecerdasan buatan menggunakan pola perilaku, preferensi, dan ketertarikan pelanggan sebagai dasar untuk memberikan rekomendasi.

  • Sistem rekomendasi berbasis kecerdasan buatan ini dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi.

 

Tujuan Recommendation AI

  1. Bermanfaat untuk menawarkan produk, jasa dan informasi kepada pelanggan secara lebih tepat sasaran.

  2. Memberikan rekomendasi kepada pelanggan, sesuai dengan pola dan perilaku pelanggan, untuk meningkatkan kemungkinan pelanggan dalam memilih dan membeli barang.

  3. Meningkatkan marketing campaign conversion rate.

  4. Meningkatkan nilai penjualan.

  5. Meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

Keunggulan Recommendation AI

  1. Mampu merekomendasikan pilihan barang yang disukai pelanggan.

  2. Menggunakan konsep kecerdasan buatan berbasis teknologi cloud, sehingga skalabilitas, keamanan, dan fleksibilitas pengelolaan data terjamin.

  3. Meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan:

  • Rekomendasi mempercepat dan memudahlkan penelusuran konten yang diminati.

  • Rekomendasi memberikan efek kejutan, dengan menawarkan barang yang berhubungan, namun tidak sedang dicari.

  • Pengguna merasa dikenal dan dipahami, serta cenderung membeli produk tambahan atau mengonsumsi lebih banyak konten informasi.

  • Ancaman kehilangan pelanggan oleh pesaing berkurang.

  1. Meningkatkan penjualan

  2. Meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan

 

 

#MII #Metrodata

#digitalsolutionprovider

#recommendationAI #recommendationengine

 

Informasi lengkap, silahkan hubungi:

contact@mii.co.id, customer.experience@mii.co.id





Back To List
Metrodata logo

PT. Metrodata Electronics, Tbk.

APL Tower 37th Floor 
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470

Contact Us:

P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id

social media