Latar Belakang Perusahaan
Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1990, telah berkembang menjadi salah satu perusahaan terkemuka di sektor pembiayaan kendaraan bermotor, dan berkantor pusat di Jakarta. Perusahaan yang memiliki komitmen penuh untuk menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dana terkemuka di Indonesia ini memiliki 440 jaringan usaha, didukung 20 ribu karyawan, dan melayani lebih kurang 1,9 juta konsumen dengan total jumlah piutang yang dikelola mencapai Rp 40,4 triliun.
Untuk mendukung misi utamanya yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, Perusahaan ini telah mengadopsi proses transformasi digital dan menghadirkan platform e-commerce dan aplikasi fintech untuk menyediakan beragam solusi keuangan bagi para pelanggannya, sesuai siklus kehidupan konsumen dari pembiayan otomotif (mobil dan motor), perlengkapan rumah tangga dan elektronik (durables), pembiayaan multiguna, hingga pembiayaan umroh (Syariah).
Tantangan Bisnis
Seiring dengan perkembangan bisnis dan teknologi, Perusahaan memerlukan peningkatan produktivitas pada salah satu proses kerja, yaitu proses kerja Roya Fidusia. Proses kerja Roya Fiducia menangani volume jumlah transaksi harian sangat tinggi, namun proses kerja masih dilakukan dengan cara manual dan rentan human error.
Solusi
Perusahaan memutuskan untuk menerapkan solusi Robotic Process Automation (RPA), dengan teknologi UiPath, sebagai upaya untuk mengotomasi proses Roya Fidusia, yaitu:
Manfaat Bisnis
Penggunaan piranti lunak robotic berhasil meningkatkan produktifitas proses kerja Roya Fidusia, dimana transaksi harian meningkat hingga 2400 transaksi / hari, menggantikan proses manual yang memberdayakan beberapa SDM dengan maksimal perolehan jumlah transaksi 1500/hari.
Pemanfaatan RPA membuat SDM dapat lebih berdaya guna pada pekerjaan strategis, yaitu melakukan pemantauan pada kualitas data transaksi.
Fakta Menarik
Proses implementasi solusi Robotic Process Automation (RPA), teknologi UiPath, berhasil dilakukan oleh PT Mitra Integrasi Informatika selama 1,5 bulan. Implementasi RPA pada Departemen Operation ini merupakan pengalaman adopsi RPA untuk kedua kalinya bagi perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor ini. Sebelumnya adopsi RPA telah berhasil dilakukan pada Departemen HR.
RPA merupakan salah satu solusi tepat untuk mengotomasi proses kerja yang bersifat rutin, berulang, dan mengkonsumsi waktu SDM dalam jumlah besar. Pemanfaatan solusi ini juga efektif dalam meningkatkan akurasi hasil kerja. Software Robot (bot) dapat melakukan pekerjaannya selama 24x7, tanpa interupsi, sehingga volume hasil kerja dan produktifitas tinggi.
PT. Metrodata Electronics, Tbk.
APL Tower 37th Floor
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470
Contact Us:
P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id