Berita & Kegiatan

  • Share:

Salesforce Sales Cloud Membantu Penjualan Dengan Mengintegrasikan Dua Sistem Berbeda

Dengan menerapkan solusi CRM Salesforce, perusahaan dapat mengintegrasikan sistem dari distributor dan sistem yang dikembangkan perusahaan sendiri



Salesforce Sales Cloud Membantu Penjualan Dengan Mengintegrasikan Dua Sistem Berbeda

Perusahaan perdagangan buah-buahan segar, sayuran dan produk susu

Latar Belakang

Didirikan tahun 1989 yang merupkan salah satu perusahaan perdagangan utama produk buah-buahan sayuran dan produk-produk susu segar di Indonesia. Perusahaan berhasil memahami karakter pasar Indonesia yang unik, bertumbuh bersama komunitas dan orang-orang lokal. Dan selama 10 tahun terakhir, perusahaan telah berinvestasi dalam berbagai infrastruktur dan membangun fasilitas tertentu agar dapat mempertahankan pertumbuhan pasar sekarang, gesit dalam menghadapi fleksibilitas pasar yang semakin kompetitif.

 

Tantangan Bisnis

Perusahaan memiliki banyak unit bisnis yang memungkinkan bagian penjualan untuk mengakses dan menjual produk-produk dari berbagai unit bisnis tersebut. Perusahaan mengadaptasi sistem yang diberikan oleh distributor dan sistem yang dikembangkan perusahaan sendiri, dimana kedua sistem tersebut tidak terhubung satu sama lain, sehingga kegiatan pendataan harus dilakukan manual dan berulang yang mengakibatkan sering kali terjadi perbedaan antara data pada sistem distributor dengan data real perusahaan.

 

Tujuan

Dengan menerapkan solusi CRM Salesforce, perusahaan berharap dapat menciptakan sebuah sistem yang dapat mengakomodir seluruh kegiatan penjualan lintas divisi serta dapat menerapkan streamline proses bisnis yang berbeda-beda diantara sales, mempermudah proses pencatatan penjualan serta menjadi single source of truth bagi pelanggan, dan mengintegrasi sistem-sistem lain yang masih terpisah satu dengan lainnya.

 

Solusi

MII bekerja sama dengan Salesforce untuk mengimplementasikan Salesforce Sales Cloud dengan tujuan untuk mempermudah proses bisnis dari awal hingga akhir. Dengan menerapkan Salesforce, perusahaan dapat mengintegrasikan 2 sistem yang masih berjalan, yaitu sistem dari distributor untuk kegiatan visit plan, sales order, return order untuk produk; dan back-end sistem milik perusahaan untuk mengambil informasi master data customer, credit limit, product catalog, pricing, serta order management. Proses integrasi kedua sistem tersebut diterapkan secara real-time maupun batching.

 

Bersama solusi Salesforce juga, pihak manajemen perusahaan dapat mengakses keseluruhan performa atau KPI dari perusahaan serta performa masing-masing sales dengan tepat waktu.

 

Hasil dan Manfaat

Setelah mengimplementasikan solusi CRM Salesforce, perusahaan dapat mengintegrasikan sistem dari distributor dan sistem yang dikembangkan perusahaan sendiri. Keberhasilan dalam menghubungkan kedua sistem tersebut membantu perusahaan dalam melangsungkan streamline proses bisnis yang berbeda-beda antar bagian penjualan, dan dengan streamline proses bisnis yang lancar sehingga dapat mempermudah dan mengoptimalkan pencatatan penjualan serta berperan sebagai single source of truth bagi pelanggan.

Back To List
Metrodata logo

PT. Metrodata Electronics, Tbk.

APL Tower 37th Floor 
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470

Contact Us:

P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id

social media