TENTANG PELANGGAN:
PT. Ionpay Networks yang didirikan pada tahun 2011 merupakan perusahaan payment gateway terkemuka yang menyediakan berbagai solusi pembayaran online yang komprehensif dalam bentuk berbagai metode pembayaran termasuk Virtual Account, Kartu Kredit, QRIS, E-wallet, Payloan, Direct Debit, dan Convenience Store. Pada tahun 2015, PT. Ionpay Networks menjadi bagian dari NICE Group, sebuah perusahaan terkemuka dari Korea Selatan, dan berganti nama menjadi NICEPAY.
NICEPAY berada di garis depan dalam inovasi teknologi, dengan fokus pada peningkatan solusi teknologi keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pedagang e-commerce. Platformnya memfasilitasi pemrosesan pembayaran yang lancar dan memberdayakan pedagang untuk menyederhanakan penerimaan pembayaran, memastikan transaksi yang efisien dan aman.
TANTANGAN PELANGGAN:
PT Ionpay Networks (NICEPAY) berkomitmen untuk memajukan infrastruktur teknologi organisasi, dengan fokus utama pada modernisasi Disaster Recovery Center (DRC) yang ada melalui migrasi ke solusi berbasis cloud. Inisiatif ini merupakan bagian integral dari strategi keberlangsungan bisnis perusahaan yang lebih luas, yang dirancang untuk memanfaatkan kelincahan, kecepatan, keandalan, skalabilitas, efisiensi biaya, dan keamanan yang ditawarkan oleh AWS. Selain itu, pendekatan ini memungkinkan integrasi tanpa batas dengan rangkaian solusi AWS yang komprehensif, memastikan peningkatan ketahanan operasional.
Melalui kemitraan dengan PT Metrodata Electronics Tbk dan AWS, PT Ionpay Networks berdedikasi untuk mengembangkan dan menerapkan DRC baru ini, sebuah komponen penting untuk menjaga kelangsungan dan stabilitas operasi bisnisnya.
SOLUSI MITRA:
Untuk membangun komunikasi yang aman dan andal antara Data Center Nicepay di lokasi dan AWS, koneksi VPN dengan enkripsi IPsec digunakan. Koneksi ini memiliki fitur terowongan ganda untuk memastikan redundansi dan menjaga ketersediaan tautan yang berkelanjutan jika terjadi kegagalan. Penyiapan ini mendukung komunikasi yang lancar antara aplikasi, pengguna, dan pengembang Nicepay di kedua lingkungan tersebut.
Khususnya, Oracle Active Data Guard digunakan sebagai implementasi pertama di wilayah AWS Indonesia, yang memungkinkan replikasi basis data secara real-time dari basis data lokal Nicepay yang aktif ke instance AWS EC2. Hal ini memastikan ketersediaan dan konsistensi data yang tinggi di seluruh platform, sehingga meningkatkan kemampuan pemulihan bencana.
Untuk perlindungan data yang komprehensif, Amazon EBS Lifecycle Manager terintegrasi untuk mengotomatisasi pencadangan penyimpanan instance EC2. Solusi ini menjadwalkan pencadangan setiap hari, mingguan, bulanan, dan tahunan, memberikan strategi retensi data yang kuat.
Dalam hal pemantauan, metrik CloudWatch khusus dikonfigurasikan, termasuk penggunaan disk dan memori melalui CloudWatch berbasis agen. Metrik ini ditampilkan di dasbor terpadu, memungkinkan tim Nicepay untuk secara proaktif memantau kesehatan keseluruhan instance EC2. Selain itu, alarm diatur dengan ambang batas yang telah ditentukan untuk memperingatkan tim tentang kondisi kritis apa pun.
Untuk lebih mengoptimalkan proses migrasi, Layanan Migrasi Aplikasi AWS digunakan, yang kini didukung di wilayah Jakarta (ap-southeast-3). Layanan ini memungkinkan migrasi beban kerja tanpa hambatan dengan menginstal agen AWS MGN di server sumber, memfasilitasi replikasi mesin virtual (virtual machine) dari pusat data lokal ke AWS.
HASIL DAN MANFAAT:
Menggunakan AWS Application Migration Services menyederhanakan seluruh proses migrasi dan replikasi dengan menghilangkan kebutuhan untuk menginstal ulang aplikasi yang ada di server Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) yang baru di lingkungan AWS. Layanan ini ditawarkan secara gratis hingga 90 hari di wilayah Singapura. Selain itu, penggelaran Oracle Database di Amazon EC2 memungkinkan integrasi tanpa batas dengan teknologi replikasi yang didukung Oracle, memastikan ketersediaan yang tinggi dan pemulihan bencana. Oracle Data Guard, yang termasuk dalam Oracle Database Enterprise Edition, didukung penuh oleh Amazon EC2 dan Amazon RDS, sehingga meningkatkan keandalan sistem. AWS Cloud Services juga menyediakan pendekatan hemat biaya melalui model penetapan harga yang fleksibel, seperti pay-as-you-go (On-Demand) dan Saving Plans, yang menawarkan penghematan biaya yang signifikan sekaligus memberikan solusi ketersediaan yang tinggi.
TENTANG MITRA:
Saat ini PT Metrodata Electronics Tbk. merupakan salah satu Advance Consulting Partner yang membanggakan di Indonesia dengan sejarah kemitraan sejak tahun 2013. Banyak pelanggan yang telah terbantu, baik dari sektor Retail, Manufaktur, FMCG, Logistik, Farmasi, Asuransi dan Fintech. Dilengkapi dengan Tim Siklus Penuh: Spesialis Produk, Arsitek Solusi, Pelaksana Teknis, SME (subject matter experts) di bidang aplikasi, DBs, jaringan, devops, bigdata & cloud operation/managed services.
PT Mitra Integrasi Informatika sebagai mitra IT terpercaya, berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik, serta solusi dan dukungan terbaik kepada klien kami. Kami telah memiliki pengalaman yang sangat panjang dan telah terbukti dengan beberapa klien besar kami di berbagai industri seperti di bidang Telekomunikasi, Perusahaan Minyak dan Gas, Pertambangan, Manufaktur, Jasa Keuangan dan Bank, serta Distribusi.
Sejak Oktober 2021, Metrodata telah menandatangani Strategic Collaboration Agreement (SCA) dengan Amazon Web Services (AWS) untuk menyediakan solusi cloud yang inovatif dan komprehensif bagi organisasi di Indonesia. Sebagai bagian dari kolaborasi ini, Metrodata akan membentuk tim Cloud Center of Excellence (CCOE) yang bekerja sama dengan para profesional AWS untuk menyediakan layanan terpadu dan teruji bagi para pengguna AWS di Indonesia. Layanan ini akan berkonsentrasi pada migrasi/modernisasi beban kerja, Windows on AWS, SAP on AWS, VMware Cloud on AWS, Migrasi Database, Data Analytics, dan Cloud Managed Services/operasional hari ke-2. Ini adalah SCA pertama di Indonesia.
PT. Metrodata Electronics, Tbk.
APL Tower 37th Floor
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470
Contact Us:
P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id