Latar Belakang Perusahaan
Sebagai penyedia kendaraan komersial, PT Hino Motors Sales Indonesia ("HMSI") terus berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi. Seiring dengan perkembangan bisnis, data menjadi hal yang besar dan sangat penting. Menyadari hal ini, HMSI sangat mendukung digitalisasi dengan memanfaatkan teknologi canggih untuk mengimplementasikan Data Warehouse di Amazon Web Service (AWS).
PT Hino Motors Sales Indonesia merupakan anak perusahaan dari Hino Motors, Ltd (Jepang) yang fokus mendistribusikan kendaraan niaga merek Hino melalui dealer resmi di seluruh Indonesia untuk memberikan kemudahan bagi seluruh pelanggan untuk mendapatkan kendaraan Hino di wilayah mereka.
Sebagai penyedia kendaraan komersial, HMSI memiliki lini bisnis yang kuat di bidang Truk (Duto, Ranger, Profia) dan Bus (merek Hino) dengan target pasar perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa transportasi.
Sejalan dengan perkembangan bisnis, HMSI mengadopsi kemajuan teknologi, dengan mengimplementasikan Data Warehouse di AWS (Redshift dan S3) dan Data Visualization (Tableau). Bagi HMSI, data memiliki peran yang sangat penting, karena dengan data, perusahaan dapat mengambil keputusan dengan cepat dan menggunakan data yang tepat sasaran untuk peluang bisnis baru yang potensial.
Tantangan Bisnis
Dengan semakin berkembangnya bisnis, perusahaan ingin mendapatkan informasi yang lebih baik, wawasan dari data yang ada, yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan perusahaan, terutama seputar Analisis Dealer, Analisis Unit dalam Operasi, Analisis Data Telematika yang diambil melalui sensor pada kendaraan.
Saat ini, perusahaan grup Hino memiliki banyak data yang tersebar di beberapa sistem yang berbeda dalam platform aplikasi yang berbeda, sehingga tim membutuhkan 'one single data repository’ yang dapat menyimpan seluruh kumpulan data dan dapat diakses untuk analisis sesuai kebutuhan bisnis.
Solusi
Lalu, bagaimana Metrodata membantu menyelesaikan tantangan ini?
Arthur Gultom, IT Department Head, PT Hino Motors Sales Indonesia mengatakan bahwa HMSI telah menetapkan timeline untuk Datawarehouse Project. Pengembangan Telematika, Customer Relationship Management (CRM), Dealer Management System (DMS) akan menggunakan teknologi Amazon Web Service (AWS) Cloud untuk solusi, alat dan layanan Data Warehouse.
"Selain tingkat kematangan teknologi AWS, kami juga mempertimbangkan data set yang sangat besar yang di-host di AWS dengan menggunakan teknologi AWS S3 dan Redshift serta Data Visualization menggunakan Tableau, serta membangun proses ETL dengan menggunakan AWS Glue untuk menarik data dari berbagai sumber yang dibutuhkan," ujar Arthur.
"HMSI memutuskan untuk berkolaborasi dengan PT Metrodata Electronics Tbk (Metrodata), sebagai AWS Advance Consulting Partner yang telah memiliki metodologi dan pendekatan yang telah teruji, untuk mengimplementasikan sesuai dengan timeline yang telah ditentukan oleh HMSI," lanjut Arthur.
Keputusan untuk menggunakan model PaaS (Platform as a Service) dapat menghasilkan waktu yang lebih cepat untuk mendapatkan nilai dari data perusahaan, sehingga perusahaan dapat fokus untuk menganalisa, memperkaya, dan mentransformasi data perusahaan menjadi wawasan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan perusahaan.
Dengan membangun Data Warehouse menggunakan teknologi AWS, perusahaan berhasil mendapatkan manfaat dari menempatkan data ke dalam 'one single source of truth' dan berhasil mengembangkan 65 use cases dan 5 dashboards untuk meningkatkan dan menemukan kembali bisnis mereka dengan data.
Manfaat
§ Skalabilitas dan integrasi yang luas ke berbagai platform yang membuatnya mudah dan cepat untuk diimplementasikan
§ Sumber data tunggal membuat pengelolaan data menjadi lebih efektif, optimal, dan terstandardisasi
§ Memungkinkan seluruh organisasi bergerak menuju operasi bisnis berbasis data
§ Produktivitas meningkat dengan pemrosesan pekerjaan otomatis yang tersedia kapan saja
§ Peningkatan 100% dalam kemampuan pencarian data tanpa perubahan layanan
§ Perpindahan ke AWS juga telah meningkatkan performa sistem, dan dalam hal waktu respons rata-rata, sistem berjalan sekitar 40 persen lebih cepat di AWS Cloud
§ Meningkatkan kapasitas penyimpanan dan membantu menurunkan kehilangan stok dengan wawasan yang lebih baik
§ Mencapai rekor time-to-market untuk produk baru
§ Mempertahankan pendapatan dengan saluran distribusi yang lebih efisien
Tentang Hino Motors
PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) adalah anak perusahaan dari Hino Motors, Ltd. (Jepang). HMSI mendistribusikan kendaraan niaga merek Hino melalui Dealer resmi di seluruh wilayah Republik Indonesia untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh pelanggan dalam mendapatkan akses yang mudah untuk mendapatkan kendaraan Hino di wilayahnya.
Tentang Metrodata
PT Metrodata Electronics Tbk, perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1990 (IDX: MTDL) merupakan perusahaan Information and Communication Technology (ICT) ternama di Indonesia yang bermitra dengan perusahaan-perusahaan ICT kelas dunia. Metrodata saat ini memiliki unit bisnis utama yaitu Bisnis Distribusi Digital (Penyedia Hardware dan Software ICT Kelas Dunia); Bisnis Solusi dan Konsultasi Digital (Penyedia Solusi Digital untuk Membantu Perusahaan Mencapai Transformasi Digital) yang menyediakan solusi ICT yang lengkap berdasarkan 8 pilar Solusi Digital Metrodata, yaitu Cloud Services, Data & AI, Hybrid IT Infrastructure, Cybersecurity, Business Application, Digital Business Platform, Consulting & Advisory Services, dan Managed Services untuk mendukung transformasi bisnis digital.
PT. Metrodata Electronics, Tbk.
APL Tower 37th Floor
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470
Contact Us:
P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id