Berita & Kegiatan

  • Share:

Solusi Oracle Fusion Cloud ERP Memastikan High Availability dalam Proses Pencatatatan Transaksi Sales Order

Oracle Fusion ERP dapat mengakomodir kebutuhan MPI untuk mencatat siklus pengadaan hingga pembayaran, siklus pesanan hingga pelunasan, siklus rantai pasokan, dan siklus laporan keuangan.



Solusi Oracle Fusion Cloud ERP Memastikan High Availability dalam Proses Pencatatatan Transaksi Sales Order

PT Millenium Pharmacon International (MPI)

Latar Belakang Perusahaan

PT. Millennium Pharmacon International Tbk. (MPI) didirikan di Jakarta pada tanggal 20 Oktober 1952 dengan nama NV Perusahaan Dagang SOEDARPO CORPORATION. Pada tahun 2000 NVPD Soedarpo Corporation berganti nama menjadi PT MPI. Saat ini pemegang saham utama adalah investor strategis dari Malaysia yaitu Pharmaniaga Bhd. MPI merupakan perusahaan terbuka independen. Dengan kekuatan jaringan distribusi di 33 cabang dan 1 gudang pusat serta didukung oleh sumber daya manusia yang berpengalaman di bidang farmasi, MPI berkomitmen untuk menjadi perusahaan distribusi yang memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan dan principal.

 

Tantangan Bisnis

Sebelumnya, MPI menggunakan Oracle EBS R11 On-Premise sebagai ERP mereka. Ada beberapa kelemahan dari solusi On-Premise seperti investasi tambahan untuk DRC, persyaratan keamanan yang kompleks untuk akses user dari cabang, masalah kinerja karena perangkat keras yang menua, dan beberapa temuan dari MPI holding tentang tata Kelola & kepatuhan. Walaupun EBS R11 masih cukup untuk mendukung operasional sehari-hari, ada beberapa kekhawatiran karena EBS R11 sudah tidak didukung oleh Oracle. Dalam pelaporan manajemen, diperlukan BI Dashboard yang mencakup sistem ERP.

 

Tujuan

Pharmaniaga Berhad sebagai Holding MPI membutuhkan Oracle EBS R11 untuk diganti dengan solusi SaaS, sehingga mereka dapat memperoleh manfaat seperti kemampuan untuk menyingkirkan sebagian besar atau semua perangkat keras dan perangkat lunak, keamanan data yang terpusat, performa dan ketersediaan yang lebih tinggi, kelangsungan bisnis, dan pembaruan perangkat lunak yang berkala. Aplikasi baru juga diharapkan tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan Oracle EBS R11 UI, sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra bagi penggunanya untuk mempelajari UI baru.

MPI juga mengharapkan ERP modern, yang akan mengurangi ketergantungan pada tim MIS untuk mengunggah data ke dalam ERP via back-end, seperti mengunggah daftar harga yang diperbarui, kode SKU baru, dll.

 

Solusi

MPI memilih PT Metrodata Electronics Tbk (IDX: MTDL / “Metrodata”) sebagai mitra untuk mengimplementasikan solusi sistem aplikasi yang menjawab tantangan dan tujuan yang ingin dicapai. Metrodata memiliki keahlian dalam aplikasi teknologi informasi – khususnya aplikasi solusi Oracle Fusion ERP Procurement & Financial Modules. Metrodata menawarkan Oracle Fusion ERP sebagai solusi atas tantangan yang dihadapi MPI. Oracle Fusion yang diterapkan di MPI mencakup Financial Accounting (General Ledger, Payables, Receivables, Cash Management, Assets, Tax, Accounting Hub), Procurement (Purchasing), Order Management, dan Inventory-Cost Management, dilengkapi dengan laporan & analitik. Oracle Fusion ERP dapat mengakomodir kebutuhan MPI untuk mencatat siklus pengadaan hingga pembayaran, siklus pesanan hingga pelunasan, siklus rantai pasokan, dan siklus laporan keuangan. Dengan Oracle Fusion ERP, MPI tidak perlu khawatir tentang high availability, DRC, dan keamanan, karena semuanya sudah dikelola oleh Oracle. Pengguna MPI juga dapat memanfaatkan beberapa fungsi baru yang tersedia di Oracle Fusion seperti Subledger Accounting, Multiple Shipment PO dalam distrubusi tunggal, Receipt at Risk, dan notifikasi real-time melalui Infolet. Solusi ini jelas memberikan peningkatan produktivitas, efektivitas, dan efisiensi dalam proses pencatatan transaksi dan pelaporan akhir bulan.

 

Hasil & Manfaat

Dengan keberhasilan implementasi aplikasi Oracle Fusion Cloud ERP, saat ini MPI sudah dapat menikmati manfaatnya, meliputi:

  1. UI yang lebih baik, terutama dengan adanya Infolet, users dapat mengidentifikasi transaksi yang pending, belum selesai maupun eror.
  2. Memperluas market dengan adanya omnichannel, menggunakan Public API yang sudah disediakan secara standar oleh Oracle.
  3. Proses tutup buku yang lebih cepat dengan adanya Period Close Checklist sebagai fitur standar dari ERP Oracle Fusion. 
  4. Meminimalisasi pembuatan laporan manual oleh user, dengan Oracle Fusion ERP laporan bisa diproduksi secara otomatis.
  5. Fleksibilitas dalam pembentukan jurnal akuntansi berdasarkan aturan yang dibuat di Subledger Accounting Journal Rules. 
  6. Laporan Keuangan dapat dilacak dan ditelusuri sumber jurnal dan transaksi yang terbentuk dari masing-masing modul di Oracle Fusion ERP.

 

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Naaman.Yulianto@metrodata.co.idinfo.metrodata@metrodata.co.id 

Back To List
Metrodata logo

PT. Metrodata Electronics, Tbk.

APL Tower 37th Floor 
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470

Contact Us:

P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id

social media