Latar Belakang Perusahaan
PT Visionet Internasional (“OVO”) adalah salah satu perusahaan pembayaran digital terbesar di Indonesia. Pada tahun 2017, OVO menjadi startup fintech yang sudah beroperasi di seluruh Indonesia. Pada tahun 2019, OVO menjadi salah satu dari 5 perusahaan Unicorn Startup. OVO merupakan bagian dari Grab Holdings Inc., perusahaan multinasional teknologi yang menyediakan berbagai jasa dalam satu aplikasi Grab super-app, berupa jasa transportasi, pengiriman makanan, dan jasa pembayaran digital. OVO menghadirkan layanan pembayaran digital sebagai bisnis inti OVO, OVO juga sudah masuk ke layanan finansial, tepatnya pinjaman, investasi dan asuransi.
Tantangan Bisnis
Saat ini, OVO memiliki bisnis unit berupa layanan pembayaran digital, pinjaman, investasi dan asuransi. Di dalam perkembanganya, setiap area khususnya memerlukan sistem yang bisa saling terintegrasi serta menghasilkan laporan keuangan yang berlaku dan akurat. Pencatatan transaksi dibutuhkan dari proses pengadaan, pembelian, hingga pencatatan journal di dalam sistem. Proses yang sebelumnya berjalan masih banyak manual pencatatan serta kurang nya integrasi data antar area, dan juga dalam proses pembuatan laporan keuangan, masih dilakukan manual proses sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk closing bulanan dan menghasilkan laporan keuangan yang berlaku dan akurat. Dalam pelaporan manajemen, dibutuhkan dashboard BI yang sudah termasuk dengan sistem ERP.
Tujuan
Dengan ekspansi dan strategi perusahaan, OVO menginginkan akselerasi, efektifitas dan efisiensi dalam mencatatkan transaksi dari setiap area khususnya di procurement dan financial accounting agar pencatatan di dalam sistem saling terintegrasi dan dapat menghasilkan laporan yang berlaku dan akurat serta Pelaporan Manajemen dan mengendalikan transaksi yang bisa ditampilkan dalam bentuk Dashboard.
Solusi
OVO memilih PT Metrodata Electronics Tbk (IDX: MTDL / “Metrodata”) sebagai mitra bisnis untuk mengimplementasikan solusi Sistem Aplikasi yang bisa memenuhi tantangan serta tujuan yang ingin dicapai. Metrodata memiliki keahlian dalam pengaplikasian teknologi informasi – khususnya aplikasi solusi Oracle Fusion ERP Procurement & Financial Modules. Metrodata menawarkan Oracle Fusion ERP sebagai solusi atas tantangan yang dihadapi OVO. Oracle Fusion yang di implementasi di OVO antara lain, Financials Accounting (General Ledger, Payables, Receivables, Cash Management, Assets, Tax, Accounting Hub), Procurement (Purchasing, Sourcing, Supplier Portal, Supplier Qualification Management, Self Service Procurement) serta Reports & Analytics. Oracle Fusion ERP dapat mengakomodir kebutuhan OVO untuk melakukan pencatatan dari procure to pay cycle, order to cash cycle dan record to report cycle. Dengan adanya Oracle Fusion ERP, User OVO bisa melakukan self service untuk proses pengadaan barang, User OVO bisa menerapkan best practice Oracle di dalam proses bisnisnya untuk pencatatan transaksi sesuai kebutuhan, User OVO bisa menghasilkan laporan keuangan yang berlaku dan akurat serta bisa di lacak dari Oracle Fusion ERP. Solusi ini jelas memberikan peningkatan dalam produktifitas, efektifitas dan efisiensi dalam proses pencatatan transaksi serta pelaporan akhir bulan.
Hasil & Manfaat
Dengan keberhasilan implementasi aplikasi Oracle Fusion Cloud ERP, saat ini OVO sudah dapat menikmati manfaatnya, meliputi:
Informasi lainnya, silahkan hubungi:
Naaman.Yulianto@metrodata.co.id; info.metrodata@metrodata.co.id
PT. Metrodata Electronics, Tbk.
APL Tower 37th Floor
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470
Contact Us:
P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id