Close

Dewan Komisaris

Dewan Komisaris adalah organ Perseroan yang bertugas melakukan fungsi pengawasan dan memberikan nasehat kepada Direksi dan bertanggung jawab secara kolektif kepada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

 


Candra Ciputra, MBA
Presiden Komisaris

Memperoleh gelar MBA dari Golden Gate University, San Francisco, Amerika Serikat pada tahun 1988. Mulai berkarier sebagai Manajer Pengembangan Bisnis Perusahaan pada PT Ciputra Development Tbk dan diangkat menjadi Direktur pada tahun 1990. Selanjutnya menjabat sebagai Direktur pada perusahaan-perusahaan dalam kelompok usaha Ciputra. Candra Ciputra adalah Warga Negara Indonesia dan berusia 56 tahun, diangkat sebagai Wakil Presiden Komisaris Perseroan pada tanggal 18 Juni 2003 dan sebagai Presiden Komisaris Perseroan pada tanggal 15 Juni 2011.

Ben Aristarchus Widyatmodjo, MBA
Wakil Presiden Komisaris

Memperoleh gelar MBA dari Drexel University, Philadelphia, Amerika Serikat, pada tahun 1996. Mulai berkarier di PT Asuransi CIGNA Indonesia, dengan posisi terakhirnya sebagai Direct Marketing Manager. Sempat berkarier di beberapa perusahaan perbankan dengan jabatan terakhir sebagai Direct Marketing Manager di The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited, kemudian menjadi Direktur di PT Boga Prima Rasa dan PT Kencana Langgeng Rasa, serta Komisaris di PT Info Cahaya Hero. Ben Aristarchus Widyatmodjo adalah Warga Negara Indonesia dan berusia 50 tahun, diangkat sebagai Wakil Presiden Komisaris Perseroan pada tanggal 15 Juni 2011.

Dr. Ir. Antonius Tanan MBA, MSc, MA
Komisaris Independen

Memperoleh gelar Sarjana Teknik Sipil dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung tahun 1984, kemudian memperoleh gelar MBA dari Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya, Jakarta tahun 1987, memperoleh gelar MSc dalam bidang Urban Development dari University College London, United Kingdom, Inggris tahun 1996 dan memperoleh gelar MA untuk Pendidikan anak berbakat/cerdas istimewa dari University of Connecticut, Amerika Serikat pada tahun 2010. Sedangkan memperoleh gelar Doktor dalam bidang Pendidikan jarak jauh dari Athabasca University, Canada, Amerika Serikat tahun 2017. Memiliki pengalaman bekerja selama 31 tahun dalam Grup Ciputra sejak tahun 1987 dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Senior. Sejak tahun 2003 terlibat dalam pengembangan pelayanan Pendidikan di Grup Ciputra meliputi Sekolah Ciputra, Sekolah Citra Kasih dan Sekolah Citra Berkat. Pernah memimpin CEC (Ciputra Entrepreneurship Center) tahun 2006 sampai 2018. Antonius Tanan adalah Warga Negara Indonesia dan berusia 60 tahun, diangkat sebagai Komisaris Independen Perseroan merangkap Ketua Komite Audit Perseroan pada tanggal 26 Juni 2020.



Dewan Direksi

Direksi adalah organ Perseroan yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas pengurusan Perseroan untuk kepentingan Perseroan, sesuai dengan maksud dan tujuan Perseroan, serta mewakili Perseroan, baik di dalam maupun di luar pengadilan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar.


Susanto Djaja, SE, MH
Presiden Direktur

Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta, Indonesia pada tahun 1992, dan memperoleh gelar Magister Hukum Bisnis dari Universitas Pelita Harapan, Jakarta, Indonesia pada tahun 2005. Mulai berkarier di Bank Mizuho (sebelumnya bernama Dai-Ichi Kangyo Bank) pada tahun 1991 sebagai staf operasi, kemudian di Grup Tempo sebagai Manajer Keuangan dan selanjutnya sebagai Corporate Treasurer serta Manajer Kantor Cabang Jabodetabek. Ia juga menjadi Dosen Manajemen Keuangan di Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta, Indonesia pada tahun 1991–2000. Bergabung dengan Perseroan pada tahun 1997 sebagai Cash Flow Manager, Treasury Manager dan dipromosikan sebagai Treasury Division Manager kemudian menjadi Sekretaris Perusahaan. Susanto Djaja adalah Warga Negara Indonesia dan berumur 51 tahun, diangkat sebagai Direktur Perseroan pada tahun 2007 dan ditunjuk sebagai Presiden Direktur Perseroan pada tanggal 26 Mei 2010.

Ir. Agus Honggo Widodo
Direktur

Memperoleh gelar Sarjana Elektronika Arus Lemah dari Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia pada tahun 1985, mengawali karier di Perseroan pada tahun 1986, kemudian dipromosikan menjadi Division Manager pada tahun 1995 dan diangkat menjadi Presiden Direktur entitas anak, PT Synnex Metrodata Indonesia, pada tahun 2000. Agus Honggo Widodo adalah Warga Negara Indonesia dan berumur 60 tahun, diangkat sebagai Direktur Perseroan pada tanggal 26 Juni 2000.

Ir. Sjafril Effendi
Direktur

Memperoleh gelar Sarjana Elektronika Arus Lemah dari Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia pada tahun 1985. Pada tahun tersebut juga bergabung dengan Perseroan sebagai DP Trainee, kemudian dipromosikan menjadi Division Manager pada tahun 1996 dan menjadi Presiden Direktur entitas anak, PT Mitra Integrasi Informatika, pada tahun 2004. Pada tahun 2010 ditunjuk sebagai Regional Managing Director entitas anak, PT Soltius Indonesia, dan pada tahun 2011 ditunjuk kembali untuk memimpin entitas anak, PT Mitra Integrasi Informatika. Sjafril Effendi adalah Warga Negara Indonesia dan berumur 60 tahun, diangkat sebagai Direktur Perseroan pada tanggal 26 Juni 2000.

Randy Kartadinata, SE
Direktur

Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Tarumanagara, Jakarta, Indonesia pada tahun 1992. Mulai berkarier di Kantor Akuntan Publik Internasional Siddharta, Siddharta and Harsono/ Coopers and Lybrand, pada tahun 1992 sebagai Senior Auditor. Kemudian menjabat sebagai Manajer di perusahaan konsultan keuangan internasional PricewaterhouseCoopers dan KPMG. Selanjutnya berkarir di kelompok perusahaan Lippo, Murdaya, Salim, dan Ciputra dalam berbagai jabatan sebagai Senior Management dan Direktur. Randy Kartadinata adalah Warga Negara Indonesia dan berusia 51 tahun, diangkat sebagai Direktur Keuangan Perseroan sekaligus sebagai Sekretaris Perusahaan pada tanggal 1 Oktober 2010. Pada tanggal 8 Mei 2014, diangkat sebagai Direktur Independen merangkap Sekretaris Perusahaan. Kemudian, pada tanggal 27 Mei 2019, beliau diangkat kembali sebagai Direktur Perseroan merangkap Sekretaris Perusahaan.