Platform Jira dari Atlassian memberdayakan tim pengembangan dan operasional TI dan tim bisnis untuk berkolaborasi dalam skala besar dengan satu sumber informasi. Tim di seluruh pengembangan dan operasional TI menggunakan Jira Software dan Jira Service Management (JSM) bersama-sama untuk memberikan nilai lebih cepat, membuat pekerjaan lebih terlihat, dan mempercepat alur kerja.
Menggabungkan Jira Software dan Jira Service Management berpotensi menyatukan tim yang terlibat dan meningkatkan alur kerja IT Service Management (ITSM) untuk penyelesaian masalah yang lebih cekatan dan solutif.
Jira Software merupakan tools project management yang dirancang untuk mengatur sekaligus melacak proyek melalui berbagai fungsi & fitur termasuk perencanaan, pelacakan, pelaporan & automasi. Tools ini menjaga tim tetap teratur dan sinkron dengan roadmap, pelaporan, dan wawasan.
Jira Service Management adalah tools help desk yang memiliki kemampuan untuk praktik ITSM seperti manajemen permintaan, insiden, masalah, perubahan, dan konfigurasi. Cara kerjanya menggunakan portal pelanggan, antrian agen, rotasi dukungan, dan katalog layanan untuk memberikan satu tampilan support workflow.
Kenapa Perlu Integrasi Jira Software dan JSM?
Kombinasi Jira Software & Jira Service Management (JSM) membantu tim DevOps menggunakan hanya satu platform untuk memberi resolusi issues lebih mudah & cepat dengan cara :
• Menghubungkan tickets (permintaan tiket) dari JSM ke issues di Jira Software
• Membantu developer melihat langsung komentar & memberikan umpan balik ketika issues memerlukan eskalasi di JSM
• Akses ke tickets yang sama bagi semua tim DevOps yang terlibat
Manfaat Kombinasi Jira Software dan JSM
• Portal layanan mandiri intuitif untuk resolusi bugs, permintaan fitur, insiden & pengembangan yang memerlukan dukungan tim development
• Penambahan kapabilitas layanan tim development untuk enhanced request, insiden, perubahan & kemampuan aset atau konfigurasi
• Penyediaan basis pengetahuan dengan tools Confluence untuk dibagikan kepada requester
• Penambahan dukungan pengembangan di berbagai level ke layanan existing
• Berbagi tampilan dashboard & rekam jejak issues antara tim development & operasional
• Sentralisasi notifikasi & peringatan antara tim IT operation & development untuk minimalisasi downtime atas insiden kritis
Menggunakan Jira Software dan Jira Service Management secara bersamaan dapat menyatukan tim TI, operasi, dan pengembang untuk meningkatkan ITSM dan penyelesaian masalah. Mengintegrasikan kedua tools ini meningkatkan visibilitas tim terhadap pekerjaan dan membantu kolaborasi dan otomatisasi sehingga masalah dapat diselesaikan dengan cepat.[]
PT. Metrodata Electronics, Tbk.
APL Tower 37th Floor
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470
Contact Us:
P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id