Latar Belakang
Perusahaan didirikan di Indonesia pada tahun 1971 dan merupakan anak usaha dari sebuah Perusahaan multinasional. Perusahaan bergerak di bidang produsen makanan. Beberapa produk-produk Perusahaan antara lain kembang gula, coklat dan snack, kopi, minuman RTD (ready to drink), makanan nutrisi anak dan keluarga, makanan pendamping asi, sereal sarapan, produk kuliner, dan suplemen nutrisi kesehatan.
Tantangan Bisnis
Perusahaan memiliki banyak kantor cabang yang tersebar di berbagai area dan regional di Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan sebuah platform kolaborasi antara kantor pusat dan kantor cabang, sebagai pendukung proses bisnis berikut :
· Melakukan Claim Voucher sebagai bagian dari pengadaan sebuah promo atau event dari sebuah produk
· Melakukan pendataan dan pelacakan dari sebuah produk yang tersebar di berbagai area dan regional
· Melakukan evaluasi dan forecasting mengenai promo atau event dari sebuah produk, baik yang sudah maupun baru akan berjalan
· Cakupan area yang begitu luas membuat data yang masuk bisa saja berbeda, karena rentan terhadap human error. Selain itu proses audit sangat memakan waktu karena dilakukan secara manual menggunakan Excel
Tujuan Project
Tujuan dari project ini adalah membangun aplikasi automasi yang saling terintegrasi dan terpusat, agar data yang masuk seperti budget voucher, promosi, maupun penjualan pada setiap daerah dapat lebih akurat, sehingga memudahkan tim marketing Perusahaan untuk melakukan perencanaan, evaluasi, hingga audit.
Solusi
PT Mitra Integrasi Informatika berkolaborasi dengan Microsoft melakukan implementasi Microsoft Power Platform sebagai pendukung integrasi proses bisnis kantor pusat dan kantor cabang yang berada di seluruh Indonesia. Dalam hal ini, Pembuatan aplikasi marketing berupa:
· E-Claim : User adalah kantor cabang yang dapat melakukan klaim secara online untuk budget dari sebuah promosi atau event dari suatu produk
· PB-Retail : User adalah kantor pusat yang dapat melakukan pendataan dan tracking dari sebuah produk yang tersebar di berbagai daerah dan regional tertentu, juga mengenai promosi atau event dari produk tersebut
· Pre-Post Evaluation : User adalah kantor pusat maupun kantor cabang yang digunakan sebagai media evaluasi dan reporting dari sebuah produk, juga mengenai promosi atau event yang sudah berjalan maupun yang baru direncanakan
Manfaat
Dengan adanya pembuatan aplikasi ini, dapat memudahkan tim marketing Perusahaan untuk melakukan perencanaan, evaluasi, hingga audit. Karena data (budget voucher, promosi, dan penjualan) yang dibutuhkan sudah terintegrasi, terpusat, dan lebih akurat.[]
Informasi lebih lanjut :
Customer Experience
Customer.experience@mii.co.id
PT. Metrodata Electronics, Tbk.
APL Tower 37th Floor
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470
Contact Us:
P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id