News & Events

  • Share:



Optimalisasi Efisiensi Operasional dan Integrasi Sistem dengan CRM Salesforce

PT. Indo Kompresigma ATPM Kaeser Kompressoren, SE Germany

PT. Indo Kompresigma ATPM Kaeser Kompressoren, SE Germany salah satu penyedia solusi industri terkemuka di Indonesia, yang berfokus pada penyediaan solusi kompresor untuk berbagai sektor industri, telah menggunakan sistem CRM yang dikembangkan secara in-house selama lebih dari 20 tahun. Meskipun sistem tersebut awalnya mampu memenuhi kebutuhan perusahaan, seiring dengan berkembangnya kompleksitas operasional, keterbatasan sistem semakin terasa.

Proses Implementasi Salesforce

Pada tahun 2018, setelah menyadari keterbatasan sistem in-house yang digunakan, PT Indo Kompresigma ATPM Kaeser Kompressoren, SE Germany memutuskan untuk mengadopsi Salesforce sebagai bagian dari strategi grup untuk menggunakan solusi CRM yang lebih matang dan skalabel. Keputusan ini dipicu oleh kebutuhan untuk mengintegrasikan CRM dengan sistem ERP SAP yang telah ada dan untuk memastikan kelancaran ekspansi bisnis di masa depan.

Implementasi Salesforce di Kaeserindo membutuhkan perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang cermat untuk memastikan integrasi yang lancar dengan sistem yang telah ada. Perusahaan bekerja sama dengan PT Metrodata Electronics, Tbk (Metrodata) untuk menyesuaikan solusi tersebut dengan kebutuhan bisnis mereka, sehingga dapat mengoptimalkan operasional penjualan, layanan pelanggan, dan pemasaran.

Meskipun transisi ini tidak mudah, dukungan dari tim Salesforce dan Metrodata sangat membantu dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh PT Indo Kompresigma ATPM Kaeser Kompressoren, SE Germany.

“Kami telah menggunakan sistem manual selama bertahun-tahun, dan meskipun sistem in-house kami telah berkembang seiring waktu, kami menyadari bahwa kami memerlukan solusi yang lebih matang, terutama dengan pertumbuhan operasi kami. Dukungan dari Metrodata sangat penting bagi kami. Mereka memberikan arahan yang jelas di setiap tahap, memastikan kami dapat memaksimalkan potensi Salesforce sepenuhnya. Metrodata selalu berhasil mengatasi berbagai tantangan yang kami hadapi dengan sangat baik, serta membantu kami mengoptimalkan proses implementasi ini.” ungkap Ohendry, Direktur PT Indo Kompresigma ATPM Kaeser Kompressoren, SE Germany.

Hasil dan Manfaat Setelah Implementasi

Setelah implementasi Salesforce, perusahaan merasakan peningkatan signifikan di berbagai aspek bisnis. Integrasi CRM dengan sistem ERP memungkinkan aliran data yang lebih mulus antar departemen, memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang pelanggan, meningkatkan efisiensi proses penjualan, serta memperbaiki layanan pelanggan.

Dengan Salesforce, perusahaan merasakan perubahan yang signifikan dalam operasionalnya. Tim penjualan dapat mengakses informasi pelanggan secara real-time, yang membuat mereka lebih responsif. Fitur otomatisasi juga membantu tim kami untuk fokus pada pengembangan hubungan dengan klien.

Perusahaan juga merasakan manfaat dari skalabilitas Salesforce, yang memungkinkan mereka untuk dengan mudah beradaptasi dengan kebutuhan bisnis yang terus berkembang. Perusahaan kini lebih siap untuk melayani berbagai industri di Indonesia, termasuk manufaktur, pertambangan, dan produksi makanan.

Kisah sukses implementasi Salesforce di PT Indo Kompresigma ATPM Kaeser Kompressoren, SE Germany menjadi contoh nyata bagaimana transformasi digital dapat mendorong pertumbuhan dan meningkatkan efisiensi operasional. Dengan beralih dari sistem CRM in-house yang tradisional ke solusi berbasis cloud yang lebih canggih, perusahaan kini berada pada posisi yang lebih kuat untuk menghadapi tantangan di industri yang kompetitif.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi Salesforce dan bagaimana mereka dapat membantu bisnis Anda berkembang, kunjungi mii.co.id

Back To List
Metrodata logo

PT. Metrodata Electronics, Tbk.

APL Tower 37th Floor 
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470

Contact Us:

P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id

social media