News & Events

  • Share:

Solusi Layanan Payment Gateway Mempermudah Proses Pembayaran

Dengan implementasi solusi Payment Gateway ini, proses pembayaran tagihan menjadi mudah dan proses pengawasan (monitoring) transaksi berjalan efektif.



Solusi Layanan Payment Gateway Mempermudah Proses Pembayaran

Perbankan

Latar Belakang Perusahaan

Profil perusahaan adalah salah satu Bank Swasta milik institusi keuangan terbesar Australia. Sebagai entitas keuangan bereputasi baik dan terpercaya, Bank ini secara konsisten menerapkan inovasi dan berupaya untuk memenuhi kebutuhan perbankan pelanggan, termasuk diantaranya melakukan tranformasi digital.

 

Tantangan Bisnis

Dalam upaya merespon kebutuhan nasabah dan mengembangkan bisnis, Bank membutuhkan Biller Middleware untuk memfasilitasi koneksi aplikasi internal dengan penyedia layanan transaksi dan informasi. Disamping itu, Bank juga memerlukan pengawasan yang efektif terhadap kegiatan transaksi yang telah dilakukan oleh Bank dengan penyedia layanan transaksi.

 

Solusi

Bank selama ini menggunakan Aggregator yaitu platform jasa layanan pihak ketiga, guna memfasilitasi Bank agar dapat memperoleh pembayaran dari nasabah. Aggregator memberikan layanan berupa fasilitas kartu kredit/debit, net banking, UPI, wallets, EMI, pay later dan layanan perbankan lainnya, dengan wadah layanan terpusat dalam satu tempat, yaitu melalui website atau aplikasi.

 

Untuk menjawab tantangan bisnis, PT Mitra Integrasi Informatika (“MII”) mengimplementasikan solusi Payment Portal Biller Middleware, dengan menggunakan teknologi Software AG webMethods.

Solusi Payment Gateway merupakan solusi yang semakin banyak digunakan pada layanan mobile banking.

 

Proyek Payment Hub Gateway merupakan solusi awal Bank ini dalam mengakomodir operasional fitur Bill Payment. Dalam mengimplementasikan solusi Payment Gateway, MII menghadapi tantangan pada bagian Payment Hub, yaitu pada fase pengembangan aplikasi Aggregator, namun tantangan dapat diselesaikan dengan baik.

 

Implementasi solusi disertai dengan pemahaman yang baik atas profil dan kebutuhan Bank, membuat solusi Payment Gateway menjadi tepat guna dan menjawab tantangan bisnis.

 

Dengan implementasi solusi Payment Gateway ini, proses pembayaran tagihan menjadi mudah dan proses pengawasan (monitoring) transaksi berjalan efektif.

Back To List
Metrodata logo

PT. Metrodata Electronics, Tbk.

APL Tower 37th Floor 
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Jakarta 11470

Contact Us:

P: (62-21) 2934 5888
F: (62-21) 2934 5899
E: info.metrodata@metrodata.co.id

social media